Comscore Tracker

5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020

Mereka berhasil membawa negaranya lolos ke babak gugur

Piala Eropa 2020 telah menyelesaikan fase grup. Sebanyak 16 negara telah berhasil lolos ke babak knockout. Penampilan apik para pemain tentu jadi salah satu alasan kelolosan seluruh tim tersebut. Itu termasuk para pemain muda yang berhasil menunjukkan performa bagus.

Ya, meski masih berusia muda, para pemain tersebut mendapat kepercayaan untuk tampil, dan mereka sukses membayar kepercayaan itu dengan penampilan apik sehingga membawa negaranya lolos. Inilah 5 pemain muda yang berhasil tampil apik di fase grup Piala Eropa 2020.

1. Matthijs de Ligt (Belanda)

5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020Matthijs de Ligt (sportmob.com)

Belanda adalah salah satu tim dengan penampilan terbaik di fase grup. Mereka sukses menyapu bersih 3 laga dengan kemenangan. Tim Oranye juga tampil tajam di lini depan dan kokoh di belakang. Salah satu pemain yang berjasa terhadap performa tersebut adalah bek tengah mereka, Matthijs de Ligt yang baru berusia 21 tahun.

Pada laga pertama melawan Ukraina, de Ligt tak bermain karena cedera otot, dan Belanda kebobolan 2 gol di laga tersebut. Namun di dua laga berikutnya de Ligt tampil full, dan Tim Oranye sukses mencatat clean sheet. Dengan penampilan kokoh tersebut, kemungkinan besar bek Juventus ini masih akan diandalkan Belanda di babak knockout nanti.

2. Declan Rice (Inggris)

5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020Declan Rice (skysports.com)

Sementara Timnas Inggris tampaknya belum panas di fase grup Piala Eropa 2020. Mereka memang lolos berkat dua kemenangan dan sekali imbang, namun anak asuh Gareth Southgate hanya bisa membuat 2 gol dalam 3 laga. Untunglah, pertahanan mereka cukup kuat sehingga tak kebobolan sekalipun di fase grup.

Gelandang West Ham United, Declan Rice, punya andil penting dalam kesuksesan tersebut. Berduet dengan Kalvin Phillips sebagai jangkar di lini tengah, Rice sukses membuat lawan kesulitan mencetak gol. Rice tampil 3 kali di fase grup, 2 di antaranya full 90 menit. Jika terus solid, bukan mustahil pemain 22 tahun ini bisa membawa Inggris jadi juara.

Baca Juga: Dua Rekor Gol Tercepat Lahir di Babak Penyisihan Piala Eropa 2020

3. Alexander Isak (Swedia)

5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020Alexander Isak (dailysabah.com)

Swedia juga punya pemain muda yang tampil apik di fase grup, yaitu Alexander Isak. Penyerang berusia 21 tahun ini sudah mengantongi 1 assist di babak grup, yang ia ciptakan di laga terakhir melawan Polandia. Namun kontribusi Isak tak sebatas itu. Kecepatan dan kelincahannya berkali-kali merepotkan lini belakang lawan-lawan Swedia.

Pada laga pertama melawan Spanyol, Isak bahkan mendapat penghargaan Star of the Match karena penampilan apiknya. Performa hebat Isak di Piala Eropa 2020 ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan, karena musim lalu ia juga tampil luar biasa bersama klubnya, Real Sociedad. Bisa jadi, Isak akan jadi rebutan klub-klub besar selepas Piala Eropa 2020.

4. Kai Havertz (Jerman)

5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020Kai Havertz (bavarianfootballworks.com)

Kai Havertz juga berhasil melanjutkan sukses di level klub pada musim lalu ke Piala Eropa 2020. Havertz dipercaya jadi starter di ketiga laga Jerman di fase grup, dan ia membayarnya dengan penampilan gemilang. Havertz jadi top skor sementara Jerman di Piala Eropa 2020 berkat 2 gol yang ia ciptakan ke gawang Portugal dan Hungaria.

Kilau Havertz terutama terlihat di laga melawan Portugal. Selain bikin 1 gol, ia juga punya andil dalam dua gol bunuh diri Portugal yang dibuat Raphael Guerreiro dan Ruben Dias. Jika terus konsisten, Havertz bisa saja melengkapi raihan Liga Champions bersama Chelsea musim lalu dengan trofi Piala Eropa 2020.

5. Pedri (Spanyol)

5 Pemain Muda yang Tampil Apik di Fase Grup Piala Eropa 2020Pedri (beinsports.com)

Terakhir, bahkan seorang pemain yang masih berusia remaja pun berhasil menampilkan permainan apik di fase grup Piala Eropa 2020. Ia adalah Pedri, gelandang Barcelona yang baru berusia 18 tahun tapi sudah dipercaya jadi pemain inti Spanyol. Pedri bahkan tampil full dalam 3 laga yang dijalani Spanyol di babak grup.

Pedri sejauh ini memang belum mencetak gol maupun assist, tapi bukan berarti ia tak punya kontribusi. Ditugaskan sebagai distributor bola di lini tengah Spanyol, Pedri sukses menjalankannya dengan sangat baik, terutama di laga melawan Slovakia. Akan menghadapi Kroasia di 16 besar, bisakah pemain remaja ini menunjukkan pesonanya lagi?

Itulah 5 pemain muda yang berhasil tampil apik di fase grup Piala Eropa 2020. Mereka membuktikan bahwa usia muda bukan penghalang untuk bisa berprestasi. Mungkinkah salah satu dari mereka terpilih jadi pemain muda terbaik di Piala Eropa 2020 ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tampil Mengecewakan di Fase Grup Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya