Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier League

Bukti nyata bahwa asal-muasal tak menentukan masa depan

Pemain sepak bola dari benua Afrika telah semakin mendapat tempat di kompetisi sepak bola Eropa dalam beberapa dekade terakhir. Khususnya pemain-pemain dari negara-negara kuat Afrika, seperti Nigeria, Kamerun, Pantai Gading, atau Senegal. Kamu pasti bisa menyebutkan beberapa pemain hebat dari negara-negara tersebut yang pernah bermain di Eropa.

Namun, rupanya tidak hanya negara-negara itu, beberapa negara kecil Afrika juga pernah melahirkan pemain berkualitas yang sanggup berkompetisi di Liga Primer Inggris, salah satu liga sepak bola terbaik di Eropa. Siapa saja pemain tersebut dan dari mana asal mereka? Ini dia ulasannya.

1. Kamu pasti kenal Aubameyang, bukan? Striker Arsenal ini merupakan pemain asal negara Gabon

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguesportsmole.co.uk

Pemain bernama lengkap Pierre-Emerick Aubameyang ini memang seolah menonjol sendirian di negaranya. Timnas Gabon belum pernah lolos ke Piala Dunia dan hanya pernah sampai perempat final di Piala Afrika. Sementara itu, Aubameyang telah mencetak hampir 300 gol di kompetisi Eropa, dua kali menjadi top skor liga, dan meraih 6 trofi sejauh ini. Jomplang!

Baca Juga: Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub Eropa

2. Nama Emmanuel Adebayor juga sudah mendunia, namun negaranya, Togo, jarang terdengar di kancah sepak bola internasional

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguemancity.com

Adebayor pernah membela 3 tim kuat Premier League, yaitu Arsenal, Manchester City, dan Tottenham Hotspur. Secara total ia mencetak 97 gol sehingga menjadikannya pemain Afrika dengan gol terbanyak kedua di sepanjang sejarah Liga Inggris. Sementara itu, Timnas Togo baru sekali lolos ke Piala Dunia dan sulit berprestasi di Piala Afrika.

3. Stephane Sessegnon adalah striker asal Benin, negara kecil yang belum pernah masuk turnamen Piala Dunia

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leagueskysports.com

Nama Sessegnon dikenal publik kala membela Sunderland selama 2 musim dan kemudian West Bromwich Albion selama 3 musim. Secara total, di kedua klub tersebut, ia bermain 189 kali di semua ajang serta mencetak 26 gol dan 26 assist, seperti dilansir Transfermarkt.

4. Bahkan Zimbabwe yang terkenal sebagai negara miskin pun pernah memiliki pemain di Premier League, yaitu Benjani Mwaruwari

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguesoccer24.co.zw

Benjani menghabiskan 6 musim di Premier League dengan membela 5 klub, termasuk Manchester City, Blackburn Rovers, dan Portsmouth. Bersama Portsmouth, pemain berposisi striker ini mencatat penampilan terbanyak, yaitu 93 laga dan mencetak 20 gol. Bersama City, Benjani bermain 31 kali dalam 2 musim dan mencetak 7 gol.

5. Chelsea pernah memiliki pemain asal negara kecil Afrika, yaitu Bertrand Traore yang berasal dari Burkina Faso

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leagueskysports.com

Bahkan, Traore adalah lulusan akademi Chelsea dan ia naik ke tim senior pada 2014. Namun, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain sehingga total hanya 16 kali bermain untuk Chelsea dengan sumbangan 4 gol. Kini Traore masih bermain di Premier League. Ia membela Aston Villa mulai musim ini dan sejauh ini sudah mencetak 6 gol dari 26 laga di semua ajang.

6. Naby Keita yang saat ini masih membela Liverpool pun berasal dari negara Afrika yang kurang berprestasi, yaitu Guinea

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguegoal.com

Keita membela Liverpool sejak 2018 dan sejauh ini ia sudah bermain 73 kali di semua ajang dengan sumbangan 7 gol. Bersama The Reds, pemain berposisi gelandang ini sudah meraih gelar Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub. Sementara itu, timnas negaranya justru belum pernah meraih gelar bergengsi sejauh ini.

7. Nama Manucho sempat menarik perhatian publik kala direkrut Manchester United pada 2008 

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguemanutd.com

Langkah MU itu terbilang mengejutkan karena Manucho hanya berasal dari Angola. Pada akhirnya ia hanya bertahan semusim di MU, itu pun sempat dipinjamkan ke dua klub. Ia hanya sempat bermain 3 kali untuk MU dengan sumbangan 1 assist.

8. Tahu Burundi? Nama negara ini jarang terdengar, namun salah satu pemainnya pernah bermain di Premier League

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leagueskysports.com

Ia adalah Saido Berahino yang terkenal saat membela West Bromwich Albion pada 2013 hingga 2017. Kariernya bersama WBA terbilang cukup sukses karena ia bermain 121 kali di semua ajang dan mencetak 36 gol. Selain WBA, Berahino juga pernah membela Stoke City selama dua musim.

9. Nama Victor Wanyama cukup dikenal publik sepak bola Inggris karena ia pernah membela Tottenham Hotspur dan Southampton

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguegoal.com

Namun, Wanyama sebenarnya hanya berasal dari Kenya, sebuah negara Afrika yang lebih dikenal dengan prestasi di lari marathon dibanding sepak bola. Pemain yang berposisi gelandang bertahan ini bermain 3 musim di Southampton lalu 4 musim di Tottenham. Ia mencatat masing-masing 97 laga bersama kedua klub tersebut di semua ajang.

10. Terakhir, ada George Weah, satu-satunya pemain Afrika yang pernah mendapat gelar Ballon d'Or

Hebat! 10 Pemain Negara Kecil Afrika Ini Pernah Main di Premier Leaguethetimes.co.uk

Meski namanya sangat mentereng, Weah sebenarnya hanya berasal dari Liberia, negara yang tak pernah lolos ke Piala Dunia dan baru 2 kali lolos ke Piala Afrika. Maka, nama Weah seolah menonjol sendirian di timnas negaranya. Di Premier League sendiri, Weah pernah membela Chelsea dan Manchester City tapi hanya untuk waktu yang singkat pada tahun 2000.

 

Meski hanya berasal dari negara kecil Afrika yang tak berprestasi di sepak bola, 10 pemain di atas ternyata pernah bermain di Premier League, salah satu liga terbaik di dunia. Mereka membuktikan bahwa masa depan yang cerah bisa diraih, tak peduli dari mana kita berasal. Benar-benar inspiratif!

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa AS Monaco, Ada George Weah!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya