5 Pemain Negara Semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023

Ada yang dipercaya menjadi kapten

Ada beberapa negara Afrika yang terkenal dengan prestasi mumpuni di dunia sepak bola. Contohnya adalah Nigeria, Kamerun, Maroko, dan Pantai Gading. Sejak dahulu, pemain dari negara-negara tersebut sukses di liga-liga top Eropa.

Meski begitu, negara-negara semenjana Afrika terkadang juga bisa menghasilkan pemain berkualitas. LaLiga Spanyol 2022/2023 ini menjadi salah satu pentas pembuktian beberapa pemain dari sana.

Inilah lima pemain negara semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023.

1. Djene Dakonam (Togo)

5 Pemain Negara Semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023Djene Dakonam (instagram.com/djenedakonam)

Togo adalah salah satu negara semenjana Afrika di dunia sepak bola. Namun, mereka saat ini memiliki pemain yang menjadi kapten klub LaLiga. Ia adalah Djene Dakonam, bek tengah berusia 31 tahun yang merupakan kapten Getafe.

Djene pantas menjabat sebagai kapten karena telah membela Getafe sejak 2017. Ia juga konsisten jadi andalan di lini belakang dengan total lebih dari 200 penampilan di semua ajang. Bersama Timnas Togo, Djene sendiri masuk sepuluh besar pemain dengan caps terbanyak.

2. Geoffrey Kondogbia (Republik Afrika Tengah)

5 Pemain Negara Semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023Geoffrey Kondogbia (instagram.com/kondogbia)

Geoffrey Kondogbia juga sudah bermain di LaLiga sejak 2017. Kondogbia berasal dari Republik Afrika tengah, negara yang belum pernah lolos ke Piala Dunia maupun Piala Afrika. Selama di Spanyol, ia pernah memperkuat Sevilla, Valencia, dan kini Atletico Madrid.

Kondogbia adalah salah satu pemain kunci saat Atletico Madrid menjuarai LaLiga 2020/2021. Pemain berposisi gelandang bertahan ini masih sering jadi andalan pada 2022/2023 ini. Kondogbia sudah tampil 88 kali bagi Atletico Madrid di semua ajang sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Klub Semenjana yang Pernah Menjadi Top Skor LaLiga Spanyol

3. Reinildo Mandava (Mozambik)

5 Pemain Negara Semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023Reinildo Mandava (instagram.com/reinildoo17official)

Selain Kondogbia, Atletico Madrid saat ini memiliki Reinildo Mandava. Ia adalah bek kiri yang berasal dari Mozambik. Timnas Mozambik baru empat kali tampil di Piala Afrika, tetapi belum pernah lolos ke Piala Dunia.

Mandava mulai bergabung dengan Atletico Madrid pada Januari 2022. Meski berasal dari negara semenjana, ia sering diandalkan di lini belakang Los Rojiblancos. Ia sudah tampil 49 kali, termasuk dalam 28 penampilan pada 2022/2023.

4. Bebe (Cape Verde)

5 Pemain Negara Semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023Bebe (instagram.com/tiagobebe23)

Berikutnya, ada Tiago Manuel Dias Correia alias Bebe. Ia adalah winger asal Cape Verde, sebuah negara kepulauan di sebelah barat Afrika. Bebe cukup populer karena pernah membela Manchester United, meski tak banyak bermain bersama Setan Merah.

Bebe saat ini berseragam Rayo Vallecano. Ia bermain di sana sejak 2018.

Bebe sering jadi andalan Rayo pada musim-musim sebelumnya, tetapi musim ini lebih banyak jadi pelapis. Bebe sendiri sudah mencatat total 166 penampilan dengan 20 gol dan 17 assist bersama Rayo Vallecano.

5. Tino Kadewere (Zimbabwe)

5 Pemain Negara Semenjana Afrika di LaLiga 2022/2023Tino Kadewere (instagram.com/tinokadewere)

Zimbabwe memiliki wakil di LaLiga Spanyol 2022/2023. Ia adalah Tino Kadewere, striker yang juga bisa menjadi winger. Kadewere sedang membela Real Mallorca sebagai pemain pinjaman dari klub Prancis, Olympique Lyon.

Sayangnya, peminjaman Kadewere di Mallorca sempat diganggu cedera pada awal musim. Ia baru sempat tampil 7 kali bersama Mallorca dengan sumbangan 1 gol. Meski terdapat opsi pembelian dalam kontraknya, peluang Kadewere untuk dipermanenkan Mallorca sepertinya tipis.

Meski berasal dari negara semenjana Afrika, lima pemain di atas terbukti cukup berkualitas untuk bermain di LaLiga Spanyol. Hal itu membuktikan bahwa pesepak bola bertalenta bisa muncul dari negara mana pun.

Baca Juga: 5 Pemain Negara Semenjana yang Mencapai 200 Laga Bersama Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya