4 Pemain Newcastle United Pernah Mencetak 20 Gol dalam Semusim EPL

Callum Wilson berpeluang menyusul musim ini

Callum Wilson tampil luar biasa di English Premier League (EPL) 2022/2023. Striker Newcastle United itu sudah mencetak 18 gol dalam 30 penampilan di EPL musim ini. Wilson punya peran besar dalam keberhasilan Newcastle United finis di empat besar klasemen.

Hanya kurang dua gol lagi, Wilson bakal menembus 20 gol di EPL musim ini. Jika berhasil, ia bakal jadi pemain Newcastle United kelima yang membuat 20 gol dalam semusim EPL. Inilah empat pemain Newcastle United yang lebih dulu melakukannya.

1. Andy Cole

4 Pemain Newcastle United Pernah Mencetak 20 Gol dalam Semusim EPLAndy Cole (nufc.co.uk)

Pemain Newcastle United pertama yang menembus 20 gol di EPL adalah Andy Cole. Ia melakukannya pada musim 1993/1994. Cole mencetak 34 gol, rekor gol terbanyak dalam semusim EPL saat itu. Namun, rekor itu akhirnya dipecahkan Erling Haaland pada musim 2022/2023 ini.

Ketajaman Cole membawa Newcastle United finis di peringkat ketiga EPL 1993/1994. Padahal, saat itu mereka berkompetisi di EPL sebagai tim promosi. Cole sendiri akhirnya membela Newcastle di EPL hanya selama 1,5 musim sebelum pindah ke Manchester United.

2. Peter Beardsley

4 Pemain Newcastle United Pernah Mencetak 20 Gol dalam Semusim EPLPeter Beardsley (nufc.co.uk)

Selain Andy Cole, Peter Beardsley juga tampil tajam bersama Newcastle United di EPL 1993/1994. Saat itu, Beardsley mencetak 21 gol di EPL. Artinya, kombinasi Cole-Beardsley di lini depan Newcastle pada musim tersebut sukses menghasilkan 55 gol di liga.

Beardsley sendiri adalah striker legendaris Newcastle United asal Inggris. Ia berseragam Newcastle selama total 8 musim dan mengoleksi 121 gol dalam 326 penampilan di semua ajang. Sayangnya, karier Beardsley bersama Newcastle United tak pernah dihiasi trofi.

Baca Juga: 5 Faktor Keberhasilan Newcastle United Gebrak Premier League 2022/2023

3. Les Ferdinand

4 Pemain Newcastle United Pernah Mencetak 20 Gol dalam Semusim EPLLes Ferdinand (nufc.co.uk)

Berikutnya, ada Les Ferdinand, salah satu striker Inggris tertajam dalam sejarah EPL. Ferdinand pernah bermain di EPL bersama enam klub. Salah satunya Newcastle United, tetapi hanya 2 musim saja pada 1995–1997.

Meski hanya 2 musim, Ferdinand tampil memukau bersama Newcastle United. Ia mencetak 25 gol di EPL pada 1995/1996, lalu 16 gol pada musim berikutnya. Secara total, koleksi Ferdinand bersama Newcastle United mencapai 50 gol di semua ajang.

4. Alan Shearer

4 Pemain Newcastle United Pernah Mencetak 20 Gol dalam Semusim EPLAlan Shearer (nufc.co.uk)

Alan Shearer adalah pemain tertajam sepanjang sejarah EPL. Striker asal Inggris itu mencetak total 260 gol di EPL, rekor yang belum terkejar siapa pun hingga kini. Bagi Shearer, mencetak 20 gol dalam semusim EPL adalah hal yang biasa.

Shearer pernah tujuh kali membuat minimal 20 gol dalam semusim EPL. Empat di antaranya terjadi saat ia berseragam Newcastle United. Yang pertama adalah pada musim 1996/1997. Saat itu, Shearer membuat 25 gol di EPL hingga sukses merebut gelar top skor.

Shearer bahkan masih menjadi pemain Newcastle United terakhir yang mencetak 20 gol di EPL, yaitu pada 2003/2004. Secara keseluruhan, Shearer menorehkan 148 gol bagi The Magpies di EPL. Sayangnya, ia pun tak berhasil membawa Newcastle United meraih gelar juara.

5. Callum Wilson butuh dua gol untuk susul empat pemain di atas

4 Pemain Newcastle United Pernah Mencetak 20 Gol dalam Semusim EPLCallum Wilson (nufc.co.uk)

Callum Wilson berpeluang menyamai capain empat striker top Newcastle United di atas. Syaratnya, Wilson harus mencetak minimal dua gol pada laga terakhir The Magpies di EPL 2022/2023. Newcastle United akan bertandang ke markas Chelsea pada Minggu (28/5/2023) malam WIB.

Meski harus bermain di kandang lawan, kans Wilson mencetak dua gol cukup besar. Performa Chelsea masih jeblok dan belum ada tanda-tanda perbaikan. Sementara itu, Newcastle United sedang pede karena sudah memastikan diri lolos ke Liga Champions musim depan.

 

Hanya kurang dua gol lagi, Callum Wilson bakal genap mencetak 20 gol di EPL 2022/2023. Wilson punya peluang berdiri sejajar dengan para striker top yang pernah membela Newcastle United. Bisakah ia melakukannya?

Baca Juga: 5 Klub Premier League Paling Sering Keok Melawan Newcastle United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya