Comscore Tracker

5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier League

Bahkan ada yang sukses mencetak quat-trick!

Nigeria adalah salah satu negara Afrika terkuat di dunia sepak bola. Sejak dulu, para pemain asal Nigeria sudah dipercaya bermain di liga-liga top Eropa, termasuk Premier League Inggris. Tak sekadar bermain, beberapa juga berhasil mencatat prestasi, misalnya dalam hal mencetak gol.

Nigeria ternyata adalah salah satu negara asing yang pemainnya sering mencetak hat-trick di Premier League. Tepatnya, ada 8 hat-trick yang pernah dicetak pemain Nigeria, dan jumlah tersebut dibuat oleh 5 pemain. Mau tahu siapa saja? Inilah kelima pemain tersebut.

1. Efan Ekoku

5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier LeagueEfan Ekoku (premierleague.com)

Nama pertama adalah Efan Ekoku, yang namanya sebenarnya cukup jarang terdengar. Pasalnya, Ekoku hanya pernah membela dua klub semenjana Premier League, yaitu Norwich City dan Wimbledon. Namun di musim 1993/94, Ekoku yang sedang membela Norwich mencetak sejarah dengan membukukan 4 gol alias quat-trick ke gawang Everton.

Dengan demikian, Ekoku jadi pemain pertama yang mencetak quat-trick di Premier League. Selain itu, ia juga adalah pemain non-Eropa pertama yang mencetak hat-trick di Premier League. Ekoku sendiri bermain di Premier League selama 8 musim, dan ia mencetak total 53 gol dalam 159 laga.

2. Nwankwo Kanu

5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier LeagueNwankwo Kanu (90min.com)

Berikutnya ada Nwankwo Kanu, striker asal Nigeria yang terutama populer saat membela Arsenal pada 1999 hingga 2004. Pada musim pertamanya membela The Gunners, Kanu langsung membuat sensasi dengan mencetak hat-trick di Premier League. Hebatnya, hat-trick Kanu diciptakan ke gawang rival sekota Arsenal yaitu Chelsea.

Semakin istimewa lagi karena laga itu digelar di Stamford Bridge, dan trigol Kanu membuat Arsenal menang 3-2 setelah sempat tertinggal 0-2. Hat-trick Kanu itu pun masih dikenang sampai sekarang sebagai salah satu hat-trick paling sensasional di Premier League, khususnya bagi Arsenal.

3. Yakubu Aiyegbeni

5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier LeagueYakubu Aiyegbeni (premierleague.com)

Inilah pemain Nigeria tertajam yang pernah main di Premier League. Yakubu Aiyegbeni mencetak total 95 gol selama 10 musim bermain di Inggris. Padahal, Yakubu hanya pernah membela tim-tim semenjana di Premier League, yaitu Portsmouth, Middlesbrough, Everton, serta Blackburn Rovers.

Selain itu, Yakubu juga adalah pemain Nigeria dengan hat-trick terbanyak di Premier League, yaitu 4 hat-trick. Dua hat-trick ia ciptakan bersama Portsmouth, sedangkan dua sisanya saat membela Everton dan Blackburn. Hingga kini, pemain Afrika yang bisa menyamai jumlah hat-trick Yakubu di Premier League adalah Mohamed Salah.

4. Peter Odemwingie

5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier LeaguePeter Odemwingie (fourfourtwo.com)

Ada pula Peter Odemwingie, yang mencetak hat-trick ke gawang Wolverhampton Wanderers di Premier League 2011/12. Saat itu, Odemwingie sedang membela West Bromwich Albion, dan tiga golnya membuat Wolves keok 1-5 meski menjadi tuan rumah.

Odemwingie sendiri tak hanya pernah membela West Brom di Premier League, tapi juga Stoke City dan Cardiff City. Ia mencetak total 37 gol dalam 129 penampilan di Premier League. Odemwingie juga pernah bermain di Liga Indonesia, tepatnya membela Madura United di musim 2017/18 sebelum akhirnya pensiun.

5. Kelechi Iheanacho

5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier LeagueKelechi Iheanacho (90min.com)

Satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif bermain hingga sekarang. Kelechi Iheanacho adalah striker berusia 25 tahun yang merupakan lulusan akademi Manchester City. Ia sempat tampil menjanjikan bersama City selama dua musim, namun akhirnya hengkang dan membela Leicester City pada 2017 hingga sekarang.

Pada musim lalu, Iheanacho menjadi pemain Nigeria kelima yang mencetak hat-trick di Premier League. Ia melakukannya pada laga melawan Sheffield United yang dimenangi Leicester 5-0. Sejauh ini, Iheanacho sudah mencetak total 34 gol di Premier League, dengan 22 gol di antaranya bersama Leicester.


Pemain asal Nigeria ternyata sudah menunjukkan tajinya di Premier League sejak dulu hingga sekarang, salah satunya dengan mencetak hat-trick. Siapa lagi yang bisa menyusul jejak mereka di masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain Nigeria di Premier League yang Dipanggil Timnas Nigeria

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya