Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022

Mereka masuk nominasi berkat performa individualnya

Ballon d'Or adalah penghargaan individual pemain terbaik di dunia setiap tahun. Umumnya, para pemain yang menjadi kandidat pemenang adalah mereka yang berhasil meraih trofi bersama klub atau negaranya. Pasalnya, performa individu seorang pemain memang biasanya berbanding lurus dengan prestasi timnya.

Namun, hal itu tak selalu berlaku. Terkadang, seorang pemain bisa masuk nominasi Ballon d'Or meski gagal membawa timnya meraih gelar juara. Contohnya adalah enam pemain berikut ini, yang masuk nominasi Ballon d'Or 2022 meski tak meraih trofi bersama klubnya sepanjang 2021/2022.

1. Cristiano Ronaldo

Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo berhasil masuk nominasi Ballon d'Or 2022 alias kali ke-18 sepanjang kariernya. Dengan demikian, ia makin menegaskan diri sebagai pemain yang paling sering masuk nominasi Ballon d'Or. Di bawah Ronaldo, ada Lionel Messi yang lima belas kali masuk nominasi, tetapi absen pada edisi 2022.

Padahal, Ronaldo gagal meraih trofi apa pun sepanjang 2022. Malah, klub yang ia bela, yaitu Manchester United, tampil amburadul sepanjang 2021/2022, bahkan menorehkan sejumlah rekor buruk. Namun, Ronaldo tetap masuk nominasi karena secara individu ia tetap tampil apik.

Ronaldo menjadi top skor United pada 2021/2022 dengan 24 gol dalam 39 penampilan. Catatan itu amat impresif untuk pemain berusia 37 tahun yang bermain di salah satu liga terbaik Eropa. Karena itu, Ronaldo tetap layak masuk nominasi Ballon d'Or 2022 meski peluangnya jadi pemenang terbilang tipis.

2. Son Heung Min

Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022Son Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Son Heung Min juga gagal meraih trofi pada 2021/2022 bersama klubnya, Tottenham Hotspur. Namun, penyerang asal Korea Selatan ini memang layak masuk nominasi Ballon d'Or 2022. Pasalnya, Son sukses meraih gelar top skor Premier League dengan torehan 23 gol tanpa satu pun gol dari titik penalti.

Son pun menjadi pemain Asia pertama yang sukses menjadi top skor di liga top Eropa. Meski Tottenham gagal meraih trofi, ketajaman Son tetap berhasil membawa Spurs meraih prestasi. Mereka berhasil lolos ke Liga Champions setelah absen dalam dua musim terakhir.

3. Harry Kane

Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Rekan Son Heung Min di lini depan Tottenham, Harry Kane, juga masuk nominasi Ballon d'Or 2022. Kane sebenarnya sempat tumpul pada awal 2021/2022. Namun, ia sukses kembali ke ketajamannya pada paruh kedua musim, bahkan akhirnya jadi top skor Tottenham dengan 27 gol di semua ajang.

Kane pun masuk nominasi Ballon d'Or 2022. Itu adalah keempat kalinya Kane masuk nominasi Ballon d'Or sepanjang kariernya. Sejauh ini, prestasi terbaiknya di pemilihan Ballon d'Or adalah peringkat ke-10 pada tahun 2017 dan 2018. Bisakah ia finis di posisi lebih baik pada pemilihan tahun ini?

Baca Juga: 6 Pemain Uruguay yang Pernah Masuk Nominasi Ballon d'Or, Nunez Terbaru

4. Erling Haaland

Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Erling Haaland adalah salah satu pemain muda terbaik di dunia saat ini. Striker Norwegia ini sukses masuk nominasi Ballon d'Or 2022 alias kali kedua secara beruntun. Pada 2021 lalu, ia masuk nominasi setelah berhasil tampil tajam dan membawa Borussia Dortmund memenangi DFB-Pokal 2020/2021.

Haaland kembali masuk nominasi tahun ini meski gagal meraih trofi bersama Dortmund pada 2021/2022. Catatan gol Haaland pun menurun dibanding musim sebelumnya karena ia sempat cedera. Namun, torehan 29 gol dalam 30 laga tetap adalah prestasi gemilang yang layak diganjar nominasi Ballon d'Or.

5. Dusan Vlahovic

Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022Dusan Vlahovic (instagram.com/vlahovicdusan)

Ada pula dua striker muda yang masuk nominasi Ballon d'Or untuk pertama kali meski gagal meraih trofi bersama klub. Salah satunya adalah Dusan Vlahovic, striker 22 tahun asal Serbia. Vlahovic menghabiskan separuh musim 2021/2022 bersama Fiorentina sebelum pindah ke Juve pada jendela transfer musim dingin.

Secara total, Vlahovic mencetak 29 gol sepanjang 2021/2022, sebagian besar bersama Fiorentina. Vlahovic pada akhirnya gagal meraih trofi bersama Juventus. Namun, prestasi Bianconeri cukup mumpuni dengan finis di empat besar Serie A serta masuk final Coppa Italia dan Piala Super Italia.

6. Darwin Nunez

Meski Gagal Raih Trofi, 6 Pemain Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022Darwin Nunez (instagram.com/darwin_n9)

Satu lagi pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or 2022 tanpa memenangi trofi adalah Darwin Nunez. Striker 23 tahun asal Uruguay ini meraih prestasi pribadi pada 2021/2022 bersama Benfica. Ia menjadi top skor Primeira Liga Portugal dengan 26 gol, plus 8 gol di ajang lain.

Selain jadi top skor, Nunez juga terpilih sebagai pemain terbaik Primeira Liga 2021/2022. Sayangnya, performa hebat Nunez tak cukup membawa Benfica meraih trofi. Meski demikian, ia tetap dinilai layak masuk nominasi Ballon d'Or untuk pertama kalinya.

 

Enam pemain di atas membuktikan bahwa Ballon d'Or tak melulu soal meraih trofi bersama tim. Meski klubnya tak memenangi apa pun, mereka tetap dianggap layak masuk nominasi karena performa individualnya. Mungkinkah salah satu dari mereka jadi pemenang Ballon d'Or 2022?

Baca Juga: 5 Bintang yang Paling Sering Masuk Nominasi Ballon d’Or, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya