5 Pemain Non-Britania dengan Gol Terbanyak bagi Tottenham Hotspur

Son Heung Min memimpin

Sejarah panjang Tottenham Hotspur diwarnai banyak pemain legendaris asal Inggris. Salah satunya adalah Jimmy Greaves, top skor sepanjang masa Tottenham sekaligus divisi utama Liga Inggris. Ada pula Harry Kane, pemain yang tidak lama lagi bakal menyaingi jumlah gol Greaves bersama The Lilywhites.

Ada pula banyak pemain lain asal Britania Raya yang mencetak lebih dari seratus gol bagi Tottenham. Namun, nama-nama dari luar Britania pun mulai menyeruak di daftar top skor Tottenham, khususnya sejak era Premier League. Inilah lima pemain non-Britania tertajam yang pernah membela Tottenham Hotspur.

1. Son Heung Min (134 gol)

5 Pemain Non-Britania dengan Gol Terbanyak bagi Tottenham HotspurSon Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Daftar ini dipimpin oleh pemain Asia yang saat ini masih membela Tottenham, yaitu Son Heung Min. Penyerang asal Korea Selatan ini telah setia membela Tottenham sejak 2015 setelah diboyong dari Bayer Leverkusen. Sejak itu, Son menjelma pemain Asia tertajam yang pernah bermain di Inggris.

Hingga delapan pekan English Premier League (EPL) 2022/2023 berjalan, Son sudah mengoleksi 134 gol dalam 335 laga bersama Tottenham. Jumlah itu membuatnya duduk di posisi kedelapan top skor sepanjang masa Spurs. Karena masih aktif, Son berpeluang memanjat naik di daftar tersebut lebih tinggi lagi.

Pada musim 2021/2022 lalu, Son bahkan menorehkan sejarah sebagai pemain Asia pertama yang jadi top skor EPL. Meski belum pernah meraih trofi bareng Spurs, penghargaan itu jadi bukti kualitas Son serta betapa berharga dirinya bagi Spurs saat ini.

2. Robbie Keane (122 gol)

5 Pemain Non-Britania dengan Gol Terbanyak bagi Tottenham HotspurRobbie Keane (tottenhamhotspur.com)

Sebelum kehadiran Son, pemain non-Britania dengan koleksi gol terbanyak bagi Tottenham adalah Robbie Keane. Eks striker asal Republik Irlandia itu membela Tottenham dalam dua periode berbeda. Awalnya pada 2002–2008, Keane sempat hengkang ke Liverpool, lalu kembali membela Tottenham pada 2009–2011.

Secara total, Keane tampil 306 kali bagi Tottenham dan membuat 122 gol. Satu trofi juga sempat diraih Keane bersama Spurs, yaitu Piala Liga 2007/2008. Selain itu, Keane adalah satu-satunya nama yang pernah menjadi pemain terbaik Tottenham tiga kali.

Baca Juga: 5 Transfer yang Pernah Terjadi antara Arsenal dan Tottenham Hotspur

3. Christian Eriksen (69 gol)

5 Pemain Non-Britania dengan Gol Terbanyak bagi Tottenham HotspurChristian Eriksen (instagram.com/chriseriksen8)

Ada pula pemain berposisi gelandang yang mencetak banyak gol selama membela Tottenham. Salah satunya adalah Christian Eriksen, gelandang asal Denmark yang piawai menjalankan peran sebagai playmaker. Karena itu, Eriksen tak hanya tajam mencetak gol, tetapi juga sering membuat assist.

Eriksen membela Tottenham selama total 6,5 musim pada 2013–2020. Sebanyak 305 pertandingan ia mainkan dengan catatan 69 gol dan 90 assists. Sayangnya, Eriksen juga tak sempat membawa Tottenham meraih trofi. Kini, Eriksen masih bermain di EPL bersama Manchester United.

4. Steffen Iversen (47 gol)

5 Pemain Non-Britania dengan Gol Terbanyak bagi Tottenham HotspurSteffen Iversen (tottenhamhotspur.com)

Berikutnya, ada Steffen Iversen, mantan striker asal Norwegia yang membela Tottenham pada 1996–2003. Iversen diboyong Tottenham dari Rosenborg saat masih berusia 20 tahun. Meski masih muda, Iversen sukses menunjukkan ketajaman bersama Tottenham dengan total 47 gol dalam 177 penampilan.

Iversen juga mengangkat satu trofi bareng Tottenham, yaitu Piala Liga 1998/1999. Lepas membela Tottenham, Iversen sempat membela Wolverhampton selama semusim sebelum kembali ke Norwegia. Saat ini Iversen masih tercatat sebagai salah satu pemain Norwegia dengan gol terbanyak di EPL.

5. Dimitar Berbatov (46 gol)

5 Pemain Non-Britania dengan Gol Terbanyak bagi Tottenham HotspurDimitar Berbatov (tottenhamhotspur.com)

Terakhir ada Dimitar Berbatov, mantan striker top asal Bulgaria. Pesona Berbatov mulai terlihat saat ia membela Bayer Leverkusen. Tottenham pun kepincut dan mendatangkannya pada 2006. Berduet dengan Robbie Keane di lini depan, Berbatov mencetak total 46 gol dalam 102 partai bareng Tottenham.

Berbatov juga turut meraih trofi Piala Liga 2007/2008 bersama Spurs. Sayangnya, Berbatov hanya bertahan dua musim di Tottenham. Ia digaet Manchester United pada 2008 dan meraih lebih banyak trofi bareng Setan Merah hingga 2012.

 

Dari lima pemain di atas, hanya Son Heung Min yang masih aktif membela Tottenham Hotspur. Son pun berpeluang terus mempertajam rekornya sebagai pemain non-Britania tertajam bagi Spurs. Berapa total gol yang akan ia ciptakan hingga meninggalkan Tottenham nantinya?

Baca Juga: Minim Trofi, 5 Pemain Ini Tetap Loyal Berseragam Tottenham Hotspur

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya