Comscore Tracker

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Haaland

Erling Haaland menyusul?

Erling Haaland adalah salah satu pemain muda paling bersinar yang menjadi buruan utama banyak klub besar Eropa saat ini. Tak terkecuali klub-klub Premier League yang disebut-sebut ingin mendatangkannya, seperti Manchester City, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United. Bisa jadi cepat atau lambat Haaland akan merapat juga ke salah satu klub tersebut.

Jika terwujud, Haaland akan tergabung ke dalam deretan pesepak bola asal Norwegia yang pernah bermain di Premier League. Inilah 5 nama di antaranya yang cukup populer. Seberapa sukses mereka selama bermain di Premier League?

1. Ole Gunnar Solskjaer 

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Haalanddreamteamfc.com

Pertama tentu ada Ole Gunnar Solskjaer, pelatih Manchester United yang kebetulan pernah menangani Erling Haaland semasa di Molde. Solskjaer adalah salah satu pemain Norwegia tersukses yang pernah bermain di Premier League. Ia membela Manchester United selama 11 musim sejak 1996 hingga 2007.

Solskjaer memang lebih sering menjadi pelapis di MU, namun ia hampir selalu bisa membuktikan diri setiap masuk sebagai pengganti. Secara total, Solskjaer bermain 365 kali bagi MU di semua ajang dan mencetak 126 gol dengan 92 di antaranya di Premier League. Solskjaer juga sukses meraih 14 trofi di MU, termasuk 6 Premier League dan 1 Liga Champions.

2. Henning Berg 

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Haalandmanchestereveningnews.co.uk

Selain Solskjaer, pemain Norwegia lain yang pernah membela MU adalah Henning Berg. Pemain berposisi bek ini pernah bermain untuk dua klub Inggris, yaitu Blackburn Rovers selama 7 musim dan MU selama 3 musim. Ia terbilang cukup sukses karena berhasil meraih trofi bersama kedua klub tersebut.

Bersama MU, Berg meraih 6 trofi, termasuk 3 Premier League dan 1 Liga Champions. Bersama Blackburn pun ia berhasil meraih trofi Premier League plus 2 trofi lain. Secara total, Berg bermain 274 kali di Premier League dengan sumbangan 9 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester United, Siapa Saja?

3. John Arne Riise  

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Haalandthisisanfield.com

Rival abadi MU, yaitu Liverpool, pun pernah memiliki pemain legendaris asal Norwegia, yaitu John Arne Riise. Riise adalah bek kiri yang terkenal suka membantu serangan dan memiliki tendangan keras. Tak heran jika ia bisa mengoleksi 31 gol dan 31 assist di semua ajang selama 7 musim membela Liverpool sejak 2001 hingga 2008.

Selain Liverpool, Riise juga pernah membela Fulham selama 3 musim. Dengan demikian, Riise total bermain di Premier League selama 10 musim dengan statistik 21 gol dan 33 assist dari 321 laga. Riise memang gagal membawa The Reds menjuarai Premier League, tapi ia pernah mengangkat 8 trofi, termasuk Liga Champions 2004/2005 yang legendaris.

4. John Carew 

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Haalandbirminghammail.co.uk

Berikutnya ada John Carew, striker jangkung Norwegia yang pernah membela Valencia, AS Roma, dan Lyon. Empat musim terakhir kariernya dihabiskan di Premier League dengan membela Aston Villa dengan setengah musim di antaranya dipinjamkan ke Stoke City.

Carew total bermain 123 kali di Premier League dengan 38 gol dan 10 assist. Ia memang tak meraih trofi selama di Inggris, tapi ia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik negaranya saat membela Aston Villa. Klub terakhir yang ia bela adalah West Ham United yang saat itu sedang bermain di divisi Championship.

5. Alf-Inge Haaland 

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Haalandstatcity.co.uk

Satu lagi pemain Norwegia yang cukup populer saat bermain di Premier League adalah ayah dari Erling Haaland, yaitu Alf-Inge Haaland. Alf-Inge pernah 10 musim bermain di Premier League, namun yang paling ikonik darinya saat bermain di Inggris justru adalah insidennya dengan Roy Keane, kapten Manchester United, pada 2001.

Kala itu Haaland yang membela Manchester City dilanggar secara brutal oleh Roy Keane hingga cedera dan harus ditarik keluar. Konon, tindakan Keane itu adalah "pembalasan" karena Haaland pernah membuat Keane cedera parah sekitar tiga tahun sebelumnya. Belakangan, Haaland sampai membuat pernyataan bahwa dirinya sangat tidak menyukai MU.

Secara statistik, Haaland total bermain 181 di Premier League dan mencetak 18 gol dan 1 assist, sebuah catatan yang cukup bagus untuk ukuran pemain bertahan. Namun, sayangnya ia tidak berhasil meraih trofi apa pun. Menarik ditunggu apakah Erling Haaland akan meneruskan perjuangan ayahnya untuk berkarier dan meraih trofi di Inggris.

 

Itulah 5 pemain Norwegia yang pernah bermain di Premier League. Jika Erling Haaland suatu saat hijrah ke Premier League, klub mana yang menurutmu paling cocok jadi tujuannya?

Baca Juga: Berat Beli Haaland, MU Mulai Lirik Striker Buangan AC Milan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya