5 Pemain Norwegia yang Sukses Bersama Klub Premier League

Akankah Erling Haaland jadi nama berikutnya?

Erling Haaland baru saja bergabung dengan Manchester City pada bursa transfer musim panas 2022. Striker 22 tahun asal Norwegia ini pun diprediksi bisa meraih sukses bersama City. Pasalnya, Haaland selama ini sudah menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang kelas dunia.

Terlebih lagi, Manchester City saat ini memiliki banyak pemain top serta dinahkodai oleh sosok pelatih hebat dalam diri Pep Guardiola. Jika nantinya meraih trofi bersama City, Haaland bakal menyusul capaian lima pemain Norwegia lain yang terlebih dahulu merasakan indahnya kesuksesan di Premier League.

Berikut ini adalah kelima pemain Norwegia yang pernah membela klub Premier League Inggris dan memenangi trofi bersama klub masing-masing.

1. Ole Gunnar Solskjaer

5 Pemain Norwegia yang Sukses Bersama Klub Premier LeagueOle Gunnar Solskjaer (twitter.com/manutd)

Dari sekian banyak pemain Norwegia yang pernah bermain di Inggris, hanya tiga nama yang berhasil meraih trofi Premier League. Ole Gunnar Solskjaer adalah yang tersukses. Striker legendaris Norwegia ini membela Manchester United sejak 1996 hingga pensiun pada 2007.

Selama periode tersebut, Solskjaer turut membawa United meraih 12 trofi, termasuk 6 Premier League dan 1 Liga Champions. Meski lebih sering jadi cadangan, Solskjaer turut berandil besar dalam sukses tersebut. Ia mencatat total 366 penampilan dengan 126 gol di semua ajang.

2. Henning Berg

5 Pemain Norwegia yang Sukses Bersama Klub Premier LeagueHenning Berg mengangkat trofi Premier League bersama Blackburn Rovers. (twitter.com/Rovers)

Berikutnya, ada Henning Berg, mantan bek asal Norwegia yang juga pernah membela Manchester United. Berg berseragam United pada 1997–2000 dan sukses meraih dua trofi Premier League. Hebatnya, Berg juga pernah menjuarai Premier League bersama klub lain.

Sebelum membela United, Berg lebih dulu berseragam Blackburn Rovers medio 1992–1997. Ia pun turut mengangkat trofi Premier League 1994/1995 yang dimenangi Blackburn. Selepas membela United, Berg sempat kembali ke Blackburn dan berhasil meraih trofi Piala Liga 2001/2002.

Baca Juga: Erling Haaland Gabung ManCity, Solskjaer: Itu Manchester yang Salah 

3. Ronny Johnsen

5 Pemain Norwegia yang Sukses Bersama Klub Premier LeagueRonny Johnsen (twitter.com/ManUtd)

Satu lagi pemain Norwegia yang sukses meraih trofi English Premier League adalah Ronny Johnsen. Johnsen merupakan mantan pemain yang berposisi bek atau gelandang bertahan. Ia menjuarai Premier League juga bersama Manchester United, tepatnya sebanyak tiga kali.

Selain itu, Johnsen juga sukses meraih 1 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 2 Community Shield bersama United. Setelah membela United, Johnsen juga sempat membela Aston Villa dan Newcastle United. Namun, ia tidak berhasil meraih trofi bersama kedua klub tersebut.

4. John Arne Riise

5 Pemain Norwegia yang Sukses Bersama Klub Premier LeagueJohn Arne Riise (liverpoolfc.com)

John Arne Riise juga adalah mantan pemain legendaris Norwegia. Bahkan, Riise adalah pengoleksi caps terbanyak bersama Timnas Norwegia. Semasa berkarier, Riise pernah membela beberapa klub. Namun, namanya paling mentereng saat membela Liverpool medio 2001–2008.

Selama periode tersebut, pemain berposisi bek kiri ini bermain 348 kali di semua ajang bagi Liverpool. Ia juga turut membawa The Reds meraih tujuh trofi, termasuk Liga Champions 2004/2005. Riise juga sempat membela Fulham selama tiga musim meski tidak memenangi trofi satupun.

5. Tore Andre Flo

5 Pemain Norwegia yang Sukses Bersama Klub Premier LeagueTore Andre Flo (chelseafc.com)

Tore Andre Flo juga pernah meraih trofi bersama klub Inggris. Flo adalah mantan striker yang merupakan salah satu pemain dengan gol terbanyak bagi Timnas Norwegia. Flo pernah membela banyak klub sepanjang kariernya, termasuk Chelsea medio 1997–2000.

Bersama Chelsea, Flo tampil sebanyak 162 kali di semua ajang. Flo sukses mencetak 50 gol bagi The Blues. Ia juga sukses meraih 5 trofi, termasuk 2 trofi Eropa berupa Piala Winners dan Piala Super UEFA.

Sederet nama pemain Norwegia tersebut telah terbukti bisa sukses bersama klub Premier League Inggris. Mampukah Erling Haaland melampaui kesuksesan mereka?

Baca Juga: 5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya