5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga Spanyol

Di antaranya ada yang sukses raih trofi LaLiga

Pantai Gading adalah salah satu negara Afrika yang cukup disegani di kancah sepak bola. Urusan talenta, Pantai Gading juga pernah memiliki sejumlah pemain hebat pada masa lalu maupun saat ini. Banyak dari antara mereka yang sukses berkarier di liga-liga top Eropa, tak terkecuali LaLiga Spanyol.

Sepanjang sejarah, ada lebih dari dua puluh pemain Pantai Gading yang pernah bermain di LaLiga. Berikut kelima pemain di antaranya dengan profil paling mentereng, termasuk Franck Kessie yang baru merapat ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Yaya Toure

5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga SpanyolYaya Toure (twitter.com/barcacentre)

Sejauh ini, baru ada satu pemain Pantai Gading yang pernah mengangkat trofi LaLiga. Ia adalah Yaya Toure, gelandang yang membela Barcelona medio 2007–2010.

Kualitas Toure memang tak perlu diragukan lagi. Namanya pernah empat kali terpilih sebagai pemain terbaik Afrika.

Toure memenangi LaLiga bersama Barca pada musim 2008/2009 dan 2009/2010. Dalam periode membanggakan tersebut, Toure juga meraih lima trofi lain. Hingga kini Toure masih menjadi pemain Pantai Gading tersukses yang pernah berkarier di Spanyol.

2. Romaric

5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga SpanyolRomaric (skysports.com)

Gelandang bernama lengkap Koffi Christian Romaric N'Dri ini pernah membela tiga klub LaLiga berbeda, yaitu Sevilla, Espanyol, dan Real Zaragoza. Paling lama ia bermain untuk Sevilla sekaligus sempat memenangi Copa del Rey bersama mereka.

Secara total, Romaric bermain 120 kali di LaLiga bersama tiga klub dengan catatan 6 gol. Selain di LaLiga, Romaric hanya sempat bermain di Liga Prancis bersama klub-klub semenjana. Karier Romaric sebagai pemain sendiri telah berakhir sejak 2016 silam.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor 19 Barcelona sebelum Franck Kessie

3. Eric Bailly

5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga SpanyolEric Bailly (villarrealcf.es)

Berikutnya, ada Eric Bailly, bek Pantai Gading yang saat ini membela Manchester United. Sebelum dibeli United pada 2016, Bailly lebih dulu berkarier di Spanyol. Ia lulus dari akademi Espanyol, sebelum akhirnya diboyong oleh Villarreal.

Bersama Villarreal, karier Bailly mulai menanjak. Ia mencatatkan 47 penampilan di semua ajang serta sempat membawa Villarreal finis di empat besar LaLiga 2015/2016. Meski tak meraih trofi bersama klub, Bailly sempat memenangi Piala Afrika 2015 bersama negaranya saat tengah berkarier di Spanyol.

4. Serge Aurier

5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga SpanyolSerge Aurier (instagram.com/sergeaurier)

Pada musim 2021/2022, Villarreal kembali menggunakan jasa bek asal Pantai Gading, Serge Aurier. Aurier diboyong Villareal dengan gratis setelah kontraknya habis bersama Tottenham Hotspur.

Sayangnya, Aurier kesulitan merebut tempat di tim utama Villarreal. Ia pun akhirnya hanya bertahan semusim saja dengan catatan 23 penampilan, sebagian besar sebagai pemain pengganti. Saat ini, pemain yang juga pernah membela PSG tersebut masih berstatus tanpa klub setelah kontraknya bersama Villarreal habis.

5. Franck Kessie

5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga SpanyolFranck Kessie (instagram.com/fcbarcelona)

Kontraknya bersama AC Milan habis, Franck Kessie memutuskan untuk merapat ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022. Selama membela AC Milan, Kessia sempat diplot sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah, hingga gelandang serang.

Fleksibilitas peran Kessie diprediksi bakal sangat berguna bagi Barcelona di bawah nahkoda Xavi Hernandez. Kessie pun digadang-gadang punya kans besar mengikuti jejak Yaya Toure yang sukses besar bersama Barcelona.

Sejauh ini Yaya Toure masih menjadi pemain asal Pantai Gading satu-satunya yang pernah menjuarai LaLiga. Mampukah Franck Kessie menjadi pemain kedua yang sukses melakukannya?

Baca Juga: Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya