5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas

Hampir semuanya pernah meraih trofi bersama timnas

Paris Saint-Germain memiliki begitu banyak pemain bintang di dalam skuadnya. Beberapa di antaranya masih berusia muda, seperti Gianluigi Donnarumma, Achraf Hakimi, hingga Kylian Mbappe. Namun, PSG juga tak lupa mengombinasikan mereka dengan para bintang yang lebih senior.

Kualitas para pemain senior tersebut tak perlu dipertanyakan lagi. Mereka tak hanya pernah berprestasi di level klub, tetapi juga di level timnas. Berikut ini merupakan kelima pemain PSG musim 2022/2023 yang memiliki caps terbanyak bersama timnas sejauh ini.

1. Sergio Ramos (180 caps)

5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasSergio Ramos (marca.com)

Pertama, ada Sergio Ramos, bek senior asal Spanyol. Ramos saat ini tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak sepanjang sejarah Timnas Spanyol. Sejak debut pada 2005, Ramos sudah tampil 180 kali bersama timnas. Sebagai bek yang terkenal produktif, ia juga sudah menyumbang 23 gol.

Ramos juga adalah pemain kunci ketika Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010, serta Piala Eropa 2008 dan 2012. Ramos juga sempat cukup lama menjadi kapten timnas. Ia memimpin rekan-rekannya di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 meski hasilnya kurang memuaskan.

Saat ini, Ramos belum pensiun dari timnas. Namun, ia sudah tidak dipanggil ke timnas sejak Maret 2021. Kemungkinan besar, Ramos pun tak akan ikut ke Piala Dunia 2022. Bisa jadi, perjalanan panjang Ramos bersama Timnas Spanyol sudah mulai berakhir.

2. Lionel Messi (164 caps)

5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi adalah pemain PSG dengan caps terbanyak kedua bersama timnas. Sang mega bintang asal Argentina sudah bemain 164 kali dan menorehkan 90 gol. Jumlah itu membuat Messi menjadi pemain dengan caps sekaligus gol terbanyak bagi Timnas Argentina.

Meski sudah berusia 35 tahun, Messi masih terus diandalkan timnas. Malah, perannya kini makin krusial. Bahkan, prestasinya pun meningkat seiring bertambahnya usia. Dalam dua tahun terakhir, Messi sukses membawa Argentina menjuarai Copa America 2021 serta meraih trofi Finalissima 2022.

Satu trofi pamungkas yang kini jadi incaran Messi bersama timnas tentu adalah Piala Dunia 2022. Messi sendiri sudah mengumumkan bahwa Piala Dunia 2022 bakal jadi edisi terakhir baginya. Bisa dipastikan bahwa Messi akan tampil habis-habisan di Qatar demi trofi yang sudah lama ia dambakan tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Dipinjamkan Paris Saint-Germain pada Musim 2022/2023

3. Neymar (121 caps)

5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasNeymar (instagram.com/neymarjr)

Ada pula Neymar, pemain termahal dalam sejarah PSG sekaligus di jagad sepak bola dunia. Performa Neymar bersama PSG memang pasang-surut, terutama akibat masalah cedera. Namun, bersama Timnas Brasil, Neymar senantiasa tampil apik. Tak heran jika ia terus jadi andalan sejak debutnya pada 2010.

Sejauh ini, Neymar sudah bermain 121 kali bersama timnas. Ia juga sudah membuat 75 gol dan 55 assists, alias sudah berkontribusi langsung dalam 130 gol bagi negaranya. Jumlah 75 gol sendiri membuat Neymar kini makin dekat dengan rekor 77 gol milik Pele sebagai top skor sepanjang masa Brasil.

Namun, sejauh ini Neymar belum berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia. Neymar butuh trofi tersebut supaya bisa disejajarkan dengan para legenda Brasil yang pernah memenanginya, termasuk Pele. Akankah tercapai di Piala Dunia 2022 mendatang?

4. Keylor Navas (107 caps)

5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasKeylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Masih ada lagi pemain PSG yang sudah bermain lebih dari seratus kali bagi timnas. Ia adalah Keylor Navas, kiper asal Kosta Rika yang membela PSG sejak 2019. Navas sempat diandalkan oleh PSG, tetapi belakangan mulai tergeser oleh Gianluigi Donnarumma di posisi kiper utama.

Namun, bersama Timnas Kosta Rika, Navas belum tergantikan. Sejak debut pada 2008, Navas masih jadi andalan hingga kini. Ia sudah mencatat 107 caps, bahkan beberapa kali dipercaya jadi kapten timnas. Meski belum meraih trofi bersama timnas, Navas pernah dua kali terpilih jadi pemain terbaik zona CONCACAF.

5. Marquinhos (71 caps)

5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama TimnasMarquinhos (instagram.com/marquinhosm5)

Pemain kelima adalah Marcos Aoas Correa alias Marquinhos, bek asal Brasil yang menjabat kapten PSG. Marquinhos telah setia membela PSG sejak 2013 dan selalu jadi andalan di lini belakang. Bersama Timnas Brasil pun Marquinhos sukses merebut tempat utama dalam beberapa tahun terakhir.

Sebanyak 71 penampilan telah ia mainkan bersama timnas sejauh ini. Satu trofi Copa America juga turut ia menangi pada 2019. Marquinhos sempat masuk skuad Brasil di Piala Dunia 2018, tetapi hanya bermain semenit saja. Piala Dunia 2022 akan jadi kesempatan baginya untuk benar-benar membuktikan diri.

Selain kelima nama pemain di atas, masih ada sejumlah pemain PSG yang sudah mencatat banyak caps bersama timnas. Akankah sederet bintang PSG moncer di ajang Piala Dunia 2022 bersama timnas masing-masing?

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Terakhir Paris Saint-Germain, Sukses Bersinar?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya