Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Bela Manchester United dan Ajax, Ada Ibrahimovic!

Kebanyakan merupakan pemain asal Belanda

Manchester United dan Ajax Amsterdam adalah dua klub Eropa yang punya prestasi mumpuni di liganya masing-masing. MU masih jadi pengoleksi trofi domestik terbanyak di Inggris, begitu pula Ajax yang belum tertandingi di Belanda. Semua kesukesan itu tentu tak lepas dari jasa para pemain hebat yang pernah membela masing-masing klub.

Nah, tahukah kamu bahwa beberapa pemain top ternyata pernah membela kedua klub sepanjang karier mereka? Bahkan, ada yang saat ini masih aktif bermain, lho. Ini dia 5 pemain yang pernah bermain untuk MU dan Ajax di era modern.

1. Edwin van Der Sar 

5 Pemain yang Pernah Bela Manchester United dan Ajax, Ada Ibrahimovic!Edwin van der Sar (goal.com)

Mulai dari penjaga gawang, ada Edwin van der Sar, salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Belanda. Van der Sar mengawali karier profesionalnya bersama Ajax pada 1990 dan selama 9 musim berikutnya ia membela klub tersebut. Lebih dari 300 laga ia mainkan dan tak kurang dari 14 trofi ia raih bersama Ajax, termasuk 1 Liga Champions.

Setelah itu, van der Sar sempat bermain untuk Juventus dan Fulham, lalu akhirnya bergabung dengan Manchester United pada 2005. Ia membela Setan Merah hingga 2011 dan menikmati kesukesan yang mirip dengan yang ia nikmati di Ajax. Total 266 kali ia membela MU dan ia pensiun di MU setelah mengoleksi 12 trofi.

2. Jaap Stam 

5 Pemain yang Pernah Bela Manchester United dan Ajax, Ada Ibrahimovic!Jaap Stam saat membela MU (premierleague.com)

Jaap Stam lebih dulu membela MU pada perjalanan kariernya, baru menutup karier di Ajax Amsterdam. Bek tangguh berkepala plontos ini bermain untuk MU sejak 1998 hingga 2001. Stam sebenarnya tampil sangat baik bersama MU, namun kemudian ia dijual secara kontroversial ke Lazio. Rumornya adalah karena sempat berselisih dengan pelatih Sir Alex Ferguson.

Namun, sebelum hengkang, Stam sempat menikmati sukses bersama MU berupa 6 trofi, termasuk 3 Premier League dan 1 Liga Champions. Stam baru membela Ajax di pengujung kariernya pada musim 2006/2007. Ia mencatat 52 penampilan di semua ajang dan meraih 3 trofi sebelum pensiun pada akhir musim tersebut.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Ajax Amsterdam yang Main di Premier League Musim Ini

3. Daley Blind 

5 Pemain yang Pernah Bela Manchester United dan Ajax, Ada Ibrahimovic!Daley Blind (twitter.com/TransferPosts)

Berikutnya ada Daley Blind, pemain yang bisa berposisi bek ataupun sayap kiri. Blind adalah produk asli akademi Ajax dan ia juga mengawali karier profesionalnya bersama Ajax pada 2008. Selama 6 musim berikutnya Blind membela Ajax dan ia sukses meraih 5 trofi, termasuk 4 trofi Eredivisie.

Penampilan solid Blind membuat MU mendatangkannya pada 2014. Ia membela MU hingga 2018 dan mencatat 141 penampilan serta merebut 4 trofi, termasuk Piala FA dan Europa League. Pada 2018 Blind hengkang dari MU dan kembali ke Ajax hingga saat ini. Sejauh ini, Blind sudah bermain 268 kali bagi Ajax di semua ajang dan mencetak 11 gol dan 16 assist.

4. Zlatan Ibrahimovic  

5 Pemain yang Pernah Bela Manchester United dan Ajax, Ada Ibrahimovic!Zlatan Ibrahimovic saat membela MU (manutd.com)

Zlatan Ibrahimovic adalah pemain yang hobi berpindah-pindah klub sejak dulu. Tak kurang dari 9 klub sudah pernah ia bela sepanjang kariernya dan itu termasuk Ajax dan MU. Ajax adalah klub kedua yang ia bela, tepatnya sejak 2001 hingga 2004. Selama periode tersebut, Ibra muda sukses tampil bagus dan mencetak 48 gol dalam 110 laga untuk Ajax.

Setelah itu, Ibra bertualang ke 5 klub di 3 negara berbeda sebelum akhirnya berlabuh di MU pada 2016 hingga 2018. Meski sudah berusia 35 tahun ketika itu, Ibra masih bisa tampil tajam dan sukses mencetak 29 gol dalam 53 laga di semua ajang. Secara total, Ibra meraih 4 trofi bersama Ajax dan 3 trofi bersama MU.

5. Donny van de Beek 

5 Pemain yang Pernah Bela Manchester United dan Ajax, Ada Ibrahimovic!Donny van de Beek saat membela Ajax (transfermarkt.com)

Terakhir, ada Donny van de Beek, gelandang anyar MU yang baru didatangkan dari Ajax pada awal musim ini. Van de Beek adalah lulusan akademi Ajax dan ia membela Ajax selama 5 musim sejak 2015 hingga 2020. Selama itu, ia sukses tampil hebat dengan bermain 175 kali di semua ajang, mencetak 41 gol, dan membuat 34 assist.

Tiga buah trofi juga sukses ia raih bersama Ajax plus keberhasilan menjadi finalis Europa League dan semifinalis Liga Champions. Namun sayang, sejauh ini van de Beek masih sulit dapat kesempatan bermain di MU. Hingga 17 Mei 2021, ia bermain 34 kali di semua ajang bagi MU, namun hanya 6 kali tampil 90 menit. Akankah karier van de Beek di MU membaik musim depan?

 

Itulah 5 pemain yang pernah bermain untuk Manchester United dan Ajax Amsterdam. Adakah yang jadi pemain favoritmu di antara mereka?

Baca Juga: Dibanderol Rp1,1 Triliun, Manchester United Siap Lepas Paul Pogba

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya