Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Kalahkan Lewandowski Jadi Top Skor Bundesliga

Lewandowski mendominasi perebutan gelar top skor Bundesliga

Robert Lewandowski adalah pemain tertajam kedua sepanjang sejarah Bundesliga. Striker asal Polandia ini sudah mencetak 312 gol di Bundesliga, hanya kalah dari Gerd Muller yang membuat 365 gol. Lewandowski bahkan berdiri sejajar dengan Muller sebagai pemain yang paling sering jadi top skor Liga Jerman, yaitu tujuh kali.

Artinya, sejak main di Bundesliga pada musim 2010/2011, Lewandowski hanya pernah lima kali gagal menjadi top skor Bundesliga. Inilah lima pemain yang jadi top skor dalam lima musim tersebut, sekaligus mengalahkan torehan Lewandowski.

1. Mario Gomez (2010/2011)

5 Pemain yang Pernah Kalahkan Lewandowski Jadi Top Skor Bundesligapotret Mario Gomez berseragam Bayern Munich (skysports.com)

Musim 2010/2011 adalah musim pertama Robert Lewandowski bermain di Bundesliga. Masih muda dan dalam tahap adaptasi, Lewandowski akhirnya hanya mencetak delapan gol bagi Borussia Dortmund. Gelar top skor Bundesliga musim tersebut pun dimenangi Mario Gomez, striker Bayern Munchen.

Gomez mencetak 28 gol di liga pada musim tersebut. Namun, striker asal Jerman ini gagal membawa Bayern merebut trofi Bundesliga yang jatuh ke tangan Dortmund. Gomez sendiri membela Bayern Munchen selama empat musim dan mencetak total 113 gol di semua ajang.

2. Klaas-Jan Huntelaar (2011/2012)

5 Pemain yang Pernah Kalahkan Lewandowski Jadi Top Skor Bundesligapotret Klaas-Jan Huntelaar berseragam Schalke 04 (skysports.com)

Berikutnya, ada Klaas-Jan Huntelaar, striker asal Belanda yang namanya mulai melejit saat membela Ajax Amsterdam. Huntelaar pernah bermain di Bundesliga bersama Schalke 04 pada 2010 hingga 2017. Ia berhasil tampil tajam dengan menorehkan 128 gol dalam 249 laga bagi Schalke.

Ketajaman Huntelaar sempat berbuah gelar top skor Bundesliga pada musim 2011/2012 dengan 29 gol. Jumlah itu mengalahkan koleksi Lewandowski yang mencetak 22 gol pada musim tersebut. Huntelaar sendiri baru saja pensiun pada akhir musim 2020/2021 lalu pada usia 38 tahun.

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Jadi Tujuan Baru Robert Lewandowski, Pilih Mana?

3. Stefan Kiessling (2012/2013)

5 Pemain yang Pernah Kalahkan Lewandowski Jadi Top Skor Bundesligapotret Stefan Kiessling berseragam Bayer Leverkusen (skysports.com)

Musim berikutnya alias musim 2012/2013, gelar top skor Bundesliga direbut oleh Stefan Kiessling. Kiessling merupakan striker asal Jerman yang saat itu membela Bayer Leverkusen. Ia mencetak 25 gol pada musim tersebut, sekaligus mengantarkan Leverkusen duduk di posisi ketiga.

Sementara, Lewandowski saat itu mencetak 24 gol di Bundesliga, sehingga kalah tipis dari Kiessling dalam perebutan gelar top skor. Kiessling sendiri membela Leverkusen selama 12 musim dan mencetak total 162 gol di semua ajang. Sayangnya, ia tak meraih gelar apa pun selama berseragam Leverkusen.

4. Alexander Meier (2014/2015)

5 Pemain yang Pernah Kalahkan Lewandowski Jadi Top Skor Bundesligapotret Alexander Meier berseragam Eintracht Frankfurt (bundesliga.com)

Pada musim 2012/2013, untuk pertama kalinya Lewandowski menjadi top skor Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Lalu, ia mulai membela Bayern Munchen pada musim 2014/2015. Musim pertama Lewandowski di Bayern langsung berbuah tujuh belas gol di liga. Namun, jumlah itu masih kalah dari koleksi Alexander Meier.

Meier membuat sembilan belas gol di Bundesliga 2014/2015 sehingga merebut gelar top skor. Alexander Meier sendiri adalah striker asal Jerman yang baru bergabung dengan Eintracht Frankfurt pada musim tersebut. Secara keseluruhan, Meier membela Frankfurt hingga 2018 dan mencetak 119 gol di liga.

5. Pierre-Emerick Aubameyang (2016/2017)

5 Pemain yang Pernah Kalahkan Lewandowski Jadi Top Skor Bundesligapotret Pierre-Emerick Aubameyang berseragam Borussia Dortmund (skysports.com)

Sejak musim 2015/2016 hingga 2021/2022, gelar top skor Bundesliga selalu direbut Robert Lewandowski. Hanya ada satu pemain yang sanggup menyela dominasi Lewandowski, yaitu Pierre-Emerick Aubameyang. Auba membuat 31 gol bagi Borussia Dortmund di Bundesliga 2016/2017.

Jumlah itu membuat Aubameyang unggul tipis atas Lewandowski yang saat itu mencetak 30 gol di liga. Selain di Bundesliga, Auba juga pernah menjadi top skor English Premier League bersama Arsenal. Kini Auba tengah membela Barcelona, dan bukan mustahil suatu saat ia juga akan merebut gelar top skor LaLiga Spanyol.

 

Robert Lewandowski berhasil menjadi top skor Bundesliga sebanyak tujuh kali. Namun, ia santer dikabarkan ingin hengkang dari Bayern pada musim panas ini. Jika Lewandowski benar-benar pergi, siapa pemain yang bakal jadi top skor Bundesliga musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Gantikan Robert Lewandowski di Bayern Munich

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya