5 Pemain Top yang Pernah Membela OGC Nice, Ada Pemenang Piala Dunia

Kamu pasti kenal nama-nama hebat ini

OGC Nice adalah klub Prancis yang tidak sepopuler klub-klub besar seperti Paris Saint-Germain, Olympique Lyon, atau Marseille. Mereka memang pernah berjaya di masa lalu dengan 4 kali menjuarai Liga Prancis selama era 1950-an. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, Nice sulit meraih prestasi dan lebih sering menjadi klub papan tengah.

Nice sebenarnya sempat dibela beberapa pemain top di era modern. Sayangnya hal itu tetap tak berhasil membuat mereka jadi klub besar yang disegani. Inilah 5 pemain top yang pernah membela Nice dalam dua dekade terakhir.

1. Patrice Evra

5 Pemain Top yang Pernah Membela OGC Nice, Ada Pemenang Piala DuniaPatrice Evra (sportmob.com)

Patrice Evra adalah bek kiri asal Prancis yang pernah membela AS Monaco, Manchester United, serta Juventus dalam kariernya. Namun, sebelum itu Evra lebih dulu membela Nice sejak 2000 hingga 2002. Namun, saat itu Nice masih bermain di Ligue 2 alias divisi kedua Liga Prancis.

Evra sempat beberapa kali berganti posisi selama membela Nice, mulai dari gelandang, sayap kiri, bahkan penyerang. Ia baru ditempatkan di pos bek kiri di musim keduanya dan ternyata ia sukses menjalani peran tersebut hingga seterusnya. Selama membela Nice, Evra bermain 42 kali di semua ajang dengan sumbangan 1 gol.

2. Hugo Lloris

5 Pemain Top yang Pernah Membela OGC Nice, Ada Pemenang Piala DuniaHugo Lloris (ligue1.fr)

Ada pula Hugo Lloris, kiper top Prancis yang memenangi Piala Dunia 2018 bersama negaranya. Lloris ternyata merupakan produk asli akademi Nice. Ia mulai membela tim senior Nice pada 2005 dan selama 3 musim berikutnya ia dipercaya jadi penjaga gawang utama.

Lloris mencatat total 78 laga bagi Nice di semua ajang. Statistiknya cukup bagus, yaitu kebobolan 72 kali dan mencatat 30 clean sheet. Performa bagusnya membuat Lloris direkrut Olympique Lyon, dan kemudian Tottenham Hotspur hingga sekarang.

Baca Juga: Hugo Lloris dan Son Heung-min Bersitegang, Mourinho: Itu Wajar

3. David Ospina

5 Pemain Top yang Pernah Membela OGC Nice, Ada Pemenang Piala DuniaDavid Ospina (goal.com)

Kiper top lain yang pernah membela Nice adalah David Ospina. Ospina didatangkan Nice pada 2008 setelah Lloris hengkang ke Lyon. Kiper asal Kolombia ini kemudian menetap selama 6 musim hingga 2014 dan mencatat 199 penampilan di semua ajang dengan 65 clean sheet.

Penampilan hebat bersama Nice membuat Ospina jadi incaran banyak klub top, terutama setelah ia juga tampil gemilang di Piala Dunia 2014. Akhirnya, Ospina pindah ke Arsenal dan namanya semakin terangkat. Kini, Ospina tengah membela Napoli sejak 2019 dan ia diplot sebagai kiper utama I Partenopei.

4. Wesley Sneijder

5 Pemain Top yang Pernah Membela OGC Nice, Ada Pemenang Piala DuniaWesley Sneijder (bleacherreport.net)

Tak banyak yang tahu bahwa Wesley Sneijder pun ternyata pernah bermain untuk Nice. Gelandang top Belanda ini pernah membela Ajax Amsterdam, Real Madrid, Inter Milan, dan Galatasaray. Menjelang pengujung kariernya, Sneijder mencoba menjajal Ligue 1 dan bergabung dengan Nice di tahun 2017 saat usianya sudah menginjak 33 tahun.

Sneijder akhirnya hanya bertahan semusim di Nice, dan hanya bermain 8 kali di semua ajang dengan catatan 1 assist. Setelah itu ia bergabung dengan Al-Gharafa di Liga Qatar selama semusim sebelum akhirnya pensiun pada 2019. Dari 5 klub yang pernah dibela Sneijder sepanjang kariernya, Nice adalah satu-satunya klub tempat ia tak meraih trofi.

5. Mario Balotelli

5 Pemain Top yang Pernah Membela OGC Nice, Ada Pemenang Piala DuniaMario Balotelli (skysports.com)

Terakhir, ada Mario Balotelli, striker asal Italia yang terkenal memiliki bakat luar biasa, namun bengal. Balotellii membela Nice pada 2016 hingga 2019 dan sempat main bareng Sneijder. Nice menjadi klub tujuan baginya setelah ia gagal bersinar bersama Liverpool, termasuk saat dipinjamkan ke AC Milan.

Bersama Nice, Balotelli sukses menunjukkan ketajamannya lagi. Ia bermain 76 kali di semua ajang dan mencetak 43 gol serta 3 assist. Setelah itu ia sempat membela Marseille selama setengah musim dan ketajamannya masih terjaga. Namun, setelah meninggalkan Prancis, nama Balotelli makin tenggelam dan saat ini ia bermain di Liga Turki.

 

Para pemain top di atas ternyata pernah membela OGC Nice dalam dua dekade terakhir. Sayangnya mereka gagal membawa Nice meraih trofi. Adakah di antara mereka yang merupakan pemain favoritmu?

Baca Juga: Balotelli Berulah Lagi, Kini Pukul Rekan Satu Tim

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya