5 Pemain yang Pernah Pergi, lalu Kembali ke MU, Ronaldo Terbaru

Bisakah Ronaldo mengulang sukses bersama MU?

Dunia sepak bola kembali diguncang kabar transfer yang mengejutkan. Setelah Lionel Messi, kini giliran Cristiano Ronaldo yang pindah klub di bursa transfer musim panas ini. CR7 hengkang dari Juventus setelah 3 musim dan klub yang ditujunya ternyata sama sekali tidak asing baginya, yaitu Manchester united.

Ya, Ronaldo kembali pulang ke Old Trafford. Selain menghebohkan, kepindahan Ronaldo tentu mengingatkan para pencinta sepak bola kepada beberapa pemain yang pernah pergi dari MU lalu kembali lagi. Termasuk Ronaldo, inilah 5 pemain yang pernah melakukannya.

1. Mark Hughes

5 Pemain yang Pernah Pergi, lalu Kembali ke MU, Ronaldo TerbaruMark Hughes (thesefootballtimes.co)

Pertama ada Mark Hughes, mantan pemain asal Wales yang kini menjadi pelatih. Hughes memulai karier sebagai pemain bersama MU karena ia merupakan lulusan akademi Setan Merah. Ia membela MU pada 1980 hingga 1986, lalu hijrah dan berseragam Barcelona selama 2 musim, termasuk semusim di Bayern Munchen sebagai pinjaman.

Setelah itu, Hughes kembali ke MU pada 1988. Periode keduanya bersama Setan Merah berlangsung lebih lama dan lebih sukses sehingga ia pun dikenal sebagai legenda MU hingga sekarang. Secara total, Hughes berseragam MU selama 13 musim dengan catatan 467 laga, 163 gol, serta meraih 11 trofi.

2. Mark Bosnich

5 Pemain yang Pernah Pergi, lalu Kembali ke MU, Ronaldo TerbaruMark Bosnich (bbc.co.uk)

Mark Bosnich adalah kiper asal Australia yang pernah membela 3 klub Premier League, yaitu MU, Chelsea, dan Aston Villa. Klub pertamanya adalah MU yang ia bela selama 2 musim sejak 1989 hingga 1991. Setelah itu Bosnich sempat main di negara asalnya dan kembali ke Inggris dan membela Aston Villa selama 7 musim.

Pada 1999, MU memulangkan Bosnich ke Old Trafford. Ia menjadi kiper utama di musim 1999/00 yang berbuah trofi Premier League. Sayangnya, Bosnich kembali jadi cadangan di musim berikutnya sehingga ia pun hengkang pada 2001. Secara total, Bosnich membela MU selama 4 musim saja dengan catatan 35 penampilan dan 14 clean sheet.

Baca Juga: [BREAKING] CLBK! Cristiano Ronaldo Kembali ke Pelukan Manchester United

3. Paul Pogba

5 Pemain yang Pernah Pergi, lalu Kembali ke MU, Ronaldo TerbaruPaul Pogba (manchestereveningnews.co.uk)

Berikutnya tentu Paul Pogba, gelandang asal Prancis yang sempat hengkang dari MU karena sulit mendapat kesempatan tampil. Itu terjadi di musim 2011/12 saat ia hanya diturunkan 7 kali di semua ajang oleh pelatih Sir Alex Ferguson kala itu. Pogba pun hijrah ke Juventus, dan ternyata ia sukses tampil luar biasa di Italia.

Selama 4 musim berseragam Juve, Pogba mencatat 178 penampilan dengan 34 gol, 40 assist, serta turut mengangkat 8 trofi. MU pun kepincut dan memulangkannya dengan mahar 105 juta euro alias Rp1,7 triliun, rekor transfer termahal dunia saat itu.

Periode kedua Pogba bersama MU jelas lebih sukses. Sejauh ini ia sudah tampil lebih dari 200 kali bagi MU dan mencatat 38 gol serta 47 assist. Pogba juga sudah meraih trofi Europa League dan Piala Liga bersama MU. Meski kontraknya saat ini tinggal tersisa setahun, Pogba kemungkinan besar masih akan bertahan di MU musim ini.

4. Tom Heaton

5 Pemain yang Pernah Pergi, lalu Kembali ke MU, Ronaldo TerbaruTom Heaton (mirror.co.uk)

Pada bursa transfer musim panas ini, ada pula mantan pemain MU yang kembali pulang ke Old Trafford. Tom Heaton adalah salah satunya. Kiper asal Inggris ini pernah berseragam MU pada 2005 hingga 2010 lalu. Sayangnya, saat itu Heaton sama sekali tak dapat kesempatan tampil karena selalu dipinjamkan ke klub-klub lain.

Heaton kemudian hijrah dan membela beberapa klub, termasuk Aston Villa pada musim lalu. Kini ia diboyong kembali oleh MU dan diplot sebagai kiper ketiga. Sejauh ini Heaton masih belum mencatat penampilan di ajang resmi bagi MU, tapi tentu tak menutup kemungkinan ia akan diturunkan saat MU berlaga di Piala FA atau Piala Liga.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain yang Pernah Pergi, lalu Kembali ke MU, Ronaldo TerbaruCristiano Ronaldo saat membela MU dulu (football365.com)

Inilah pemain terbaru yang pulang ke Manchester United setelah sempat hengkang. Ronaldo membela MU pada 2003 hingga 2009 dan bahkan bersama MU-lah nama serta karier Ronaldo meningkat drastis. Selama 6 musim, Ronaldo mencatat 292 laga di semua ajang dengan torehan 118 gol, 69 assist, serta 9 trofi.

Setelah itu, Ronaldo sempat meraih sukses luar biasa bersama Real Madrid dan Juventus. Kini, ia sudah kembali ke Old Trafford dan siap mengulang kesuksesan bersama Setan Merah. Meski sudah 36 tahun, Ronaldo punya jiwa kepemimpinan serta mental juara yang bisa sangat membantu MU meraih suskses musim ini.

 

Mark Hughes, Mark Bosnich, serta Paul Pogba berhasil meraih sukses lebih besar di periode keduanya membela Manchester United. Bisakah Tom Heaton dan Cristiano Ronaldo meraih pencapaian yang sama musim ini? Patut ditunggu!

Baca Juga: 5 Alasan Cristiano Ronaldo Jadi Transfer Terbaik MU, Auto Juara?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya