5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu Terbaru

Pindah ke rival sekota bukan hal baru

Hakan Calhanoglu membuat keputusan mengejutkan dengan pindah dari AC Milan ke rival sekotanya, Inter Milan. Gelandang yang baru saja selesai membela Turki di Piala Eropa 2020 itu sudah dipastikan menjadi pemain Inter, dilansir ESPN. Inter pun mendapat amunisi baru, sedangkan Milan harus kehilangan salah satu pemain top mereka.

Langkah Calhanoglu terbilang mengejutkan, tapi sebenarnya bukan baru pertama kali terjadi. Sepanjang sejarah, ada cukup banyak pemain yang pernah membela kedua klub kota Milan tersebut. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang mengalami kepindahan langsung dari Milan ke Inter. Siapa saja? Ini dia 5 nama di antaranya.

1. Antonio Cassano

5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu TerbaruAntonio Cassano saat membela Inter (sempreinter.com)

Nama Antonio Cassano memang paling terkenal kala ia membela AS Roma selama 5 musim dari 2001 hingga 2006. Namun, striker bengal ini sebenarnya juga pernah membela klub duo Milan. Ia lebih dulu membela AC Milan pada musim 2011/12. Cassano bermain 40 kali di semua ajang pada musim tersebut dan mencetak 8 gol plus 17 assists.

Musim berikutnya, Cassano pindah ke Inter Milan karena jadi bagian kesepakatan Milan untuk mendatangkan Giampaolo Pazzini. Ia lalu bermain sebanyak 39 kali di Inter, mencetak 9 gol dan 15 assists. Dengan demikian, Cassano terbilang cukup sukses bersama Milan dan Inter meski hanya sebentar membela keduanya.

2. Francesco Coco

5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu TerbaruFrancesco Coco saat membela Inter (planetfootball.com)

Sementara Francesco Coco adalah bek kiri yang sepanjang kariernya hanya pernah membela AC Milan dan Inter Milan, namun pernah juga dipinjamkan ke beberapa klub lain. Coco lebih dulu membela Milan, mulai dari awal kariernya pada 1995 hingga 2002. Selama itu, Coco bermain 79 kali bagi Milan dan mencetak 5 gol serta 6 assists.

Setelah itu, Coco dilego ke Inter sebagai bagian dari kesepakatan Milan untuk mendapatkan Clarence Seedorf. Ia bermain di Inter hingga 2007, namun sempat dipinjamkan ke Livorno dan Torino. Total, Coco bermain 41 kali bagi Inter dan menyumbang 1 assist. Pada 2007, Coco pensiun dari dunia sepa kbola di usia yang masih muda yaitu 30 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Hakan Calhanoglu di AC Milan

3. Thomas Helveg 

5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu TerbaruThomas Helveg saat membela AC Milan (clubdoria46.it)

Berikutnya ada Thomas Helveg, bek kanan asal Denmark yang cukup lama membela AC Milan. Tepatnya, Helveg berseragam Rossoneri dari 1998 hingga 2003. Ia bermain sebanyak 147 kali di semua ajang dan mencetak 2 gol serta 6 assists bagi Milan selama periode tersebut.

Namun waktu bermain Helveg di Milan mulai berkurang, hingga akhirnya ia memutuskan untuk hijrah ke Inter Milan dengan nilai transfer yang dirahasiakan. Helveg bermain 32 kali bagi Inter, tapi ia hanya bertahan semusim dan akhirnya pindah ke Norwich City. Helveg sempat meraih 3 trofi bersama Milan, termasuk Liga Champions, tapi tak meraih trofi di Inter.

4. Andres Guglielminpietro

5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu TerbaruAndres Guglielminpietro saat membela Inter (sempreinter.com)

Ada pula Andres Guglielminpietro, gelandang asal Argentina yang punya panggilan akrab Guly semasa bermain. Guly membela Milan dan Inter selama masing-masing 3 musim. Awalnya ia membela Milan dari 1998 hingga 2001, lalu hijrah ke Inter dan bermain hingga 2004.

Guly menikmati karier yang lebih sukses bersama Milan. Ia mencetak 11 gol dan 11 assists dalam 78 laga bagi Milan. Sedangkan bersama Inter, ia hanya membuat 1 gol dan 2 assists dalam 48 penampilan. Ia juga meraih Scudetto bersama Milan pada musim 1998/99, sedangkan bersama Inter ia tak meraih trofi.

5. Hakan Calhanoglu

5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu TerbaruDulu rival, kini Calhanoglu menjadi pemain Inter (world.in-24.com)

Inilah nama terbaru pemain yang hijrah langsung dari AC Milan ke Inter Milan. Calhanoglu membela Milan sejak tahun 2017. Kala itu, ia didatangkan dari Bayer Leverkusen dengan mahar sekitar 24 juta euro atau sekitar Rp361 miliar. Selama 4 musim membela Milan, Calhanoglu bermain total 172 kali di semua ajang dan mencetak 32 gol serta 48 assists.

Namun, kini pengabdian Calhanoglu kepada Milan sudah berakhir. Inter sendiri tak perlu membayar uang transfer kepada Milan karena Calhanoglu pindah dengan status bebas transfer. Calhanoglu dikabarkan menandatangani kontrak 3 tahun bersama Inter, dengan opsi perpanjangan untuk tahun keempat.

 

Itulah 5 pemain yang pernah pindah langsung dari AC Milan ke Inter Milan sepanjang sejarah, termasuk Hakan Calhanoglu. Kalau menurutmu, apakah Calhanoglu akan meraih sukses bersama Inter?

Baca Juga: Saat Liga Italia Kembali Didominasi Inter Milan dan AC Milan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya