Comscore Tracker

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023

Apakah layak dihargai mahal?

Demi memperkuat tim, sebuah klub sepak bola tak hanya bisa membeli pemain dari klub lain. Mereka juga memiliki opsi untuk meminjam pemain selama jangka waku tertentu. Biasanya, peminjaman pemain tentu tidak disertai biaya, selain kewajiban untuk menanggung gaji pemain tersebut.

Namun, hal itu tak selalu berlaku. Ada kalanya sebuah klub tetap harus membayar harga tertentu demi bisa meminjam seorang pemain. Enam nama berikut ini adalah para pemain yang dipinjam klub-klub Eropa pada musim 2022/2023 yang disertai biaya peminjaman termahal.

1. Romelu Lukaku (8 juta euro)

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023Romelu Lukaku (sempreinter.com)

Romelu Lukaku menjadi pemain yang dipinjam dengan biaya termahal pada 2022/2023. Striker Belgia itu dipinjamkan Chelsea ke klub lamanya, Inter Milan, dengan biaya 8 juta euro atau Rp117 miliar. Padahal, Lukaku baru dibeli Chelsea dari Inter pada musim panas 2021.

Sayangnya, performa Lukaku bersama The Blues tak impresif sepanjang musim lalu. Meski demikian, Inter rela meminjamnya kembali dengan harga mahal. Hal itu wajar karena Lukaku sudah pernah membuktikan kualitasnya bersama Nerazzurri pada 2019–2021.

Ketajaman Lukaku pun langsung tampak pada laga pembuka Serie A 2022/2023. Ia mencetak satu gol yang turut membawa Inter mengalahkan Lecce. Sayangnya, setelah tiga kali bermain, Lukaku sudah harus menepi karena cedera otot. Namun, ia diperkirakan sudah akan pulih pada akhir September 2022.

2. Giacomo Raspadori (5 juta euro)

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023Giacomo Raspadori (instagram.com/giacomo.raspadori)

Tak hanya Inter, Napoli pun berani meminjam pemain dengan harga mahal untuk musim 2022/2023. Pemain tersebut adalah Giacomo Raspadori, striker muda Italia berusia 22 tahun. Raspadori dipinjam Napoli dari Sassuolo dengan harga 5 juta euro atau Rp73 miliar.

Harga mahal itu tampaknya tak akan sia-sia bagi Napoli. Meski lebih sering jadi pelapis, Raspadori sudah mencetak 2 gol dalam 8 penampilan bersama Napoli pada awal musim ini. Kontrak peminjaman Raspadori sendiri disertai kewajiban membeli sehingga ia dipastikan akan jadi milik Napoli musim depan.

3. Renan Lodi (5 juta euro)

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023Renan Lodi (nottinghamforest.co.uk)

Biaya 5 juta euro juga dikeluarkan oleh Nottingham Forest untuk meminjam Renan Lodi dari Atletico Madrid. Lodi adalah bek kiri asal Brasil yang sudah jadi andalan Atletico sejak 2019. Namun, ia hanya jadi cadangan di Atletico pada awal 2022/2023 sehingga akhirnya dipinjamkan ke Forest.

Bersama Forest, Lodi diberi peran baru, yaitu bermain di pos gelandang kiri. Ia sudah tampil tiga kali sejauh ini, tetapi sayangnya selalu gagal mencegah Forest menderita kekalahan. Forest pun untuk sementara terpuruk di peringkat ke-19 English Premier League (EPL) setelah tujuh pekan.

Baca Juga: 5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022

4. Arthur Melo (4,5 juta euro)

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023Arthur Melo (instagram.com/arthurhmelo)

Klub EPL lain yang meminjam pemain dengan harga cukup mahal adalah Liverpool. The Reds awalnya sempat bersikeras tak akan mendatangkan gelandang baru pada musim panas 2022. Namun, rencana berubah gara-gara mereka mengawali musim 2022/2023 dengan buruk.

Liverpool pun meminjam Arthur Melo dari Juventus pada pengujung bursa transfer dengan harga 4,5 juta euro atau Rp66 miliar. Peminjaman tersebut bisa dibilang sebagai langkah panik dari Liverpool. Pasalnya, Arthur kerap bermasalah dengan kebugarannya selama membela Juventus.

Arthur sudah melakoni debut bersama Liverpool di Liga Champions, tetapi hanya 13 menit. Demi menambah kebugarannya, ia juga sempat tampil dua kali bersama tim junior Liverpool. Jika nanti sudah cukup fit, Arthur berpeluang membuktikan kelayakannya dipinjam oleh klub sekelas Liverpool.

5. Kristjan Asllani (4 juta euro)

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023Kristjan Asllani (instagram.com/kristjanasllani)

Inter Milan tak hanya harus mengeluarkan biaya untuk meminjam Romelu Lukaku. Mereka juga meminjam Kristjan Asllani dengan harga 4 juta euro atau Rp58 miliar. Asllani sendiri adalah gelandang bertahan Albania berusia 20 tahun yang membela Empoli sejak musim lalu.

Meski masih muda, Asllani memang sudah menarik perhatian pada 2021/2022. Ia tampil 27 kali bersama Empoli dan sempat menyumbang 1 gol. Peminjaman Asllani sendiri disertai kewajiban Inter untuk membelinya sehingga ia dipastikan akan resmi jadi pemain Inter musim depan.

6. Lucas Ocampos (4 juta euro)

6 Pemain yang Dipinjam dengan Biaya Termahal pada Musim 2022/2023Lucas Ocampos (instagram.com/lucasocampos11)

Lucas Ocampos juga dipinjam dengan biaya 4 juta euro oleh Ajax Amsterdam. Ia dipinjam dari Sevilla, klub Spanyol yang ia bela sejak 2019. Ocampos sendiri adalah winger asal Argentina yang berusia 28 tahun. Ia menjadi andalan Sevilla serta turut membawa Sevilla menjuarai Europa League 2019/2020.

Sebagai winger, Ocampos bisa bermain di sayap kanan ataupun kiri. Ia digadang-gadang bisa jadi pengganti Antony yang dilepas Ajax ke Manchester United. Namun, sejauh ini Ocampos belum pernah jadi starter dalam empat laga yang ia mainkan bersama Ajax.

 

Meski hanya dipinjam, enam pemain di atas membuat klub peminjam mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Performa mereka pada 2022/2023 akan jadi pembuktian, apakah mereka memang layak dipinjam dengan harga mahal tersebut?

Baca Juga: 12 Potret Lucas Ocampos, Winger Argentina Andalan Sevilla

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya