Comscore Tracker

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!

Selain Cristiano Ronaldo, ada siapa lagi?

LaLiga Spanyol adalah salah satu liga sepak bola terbaik di Eropa. Bahkan, jika meninjau kekuatan dan prestasi tim-tim pesertanya di Eropa, saat ini LaLiga memang yang terbaik. Maka, pasti menjadi kebanggan bagi seorang pemain jika bisa merumput dan bahkan menjadi andalan di liga yang luar biasa ini.

Salah satu negara asing yang para pemainnya kerap bermain di LaLiga adalah Portugal. Tak hanya faktor kedekatan geografis, Portugal memang negara penghasil pemain top kelas dunia. Di era sepakbola modern, ada begitu banyak pemain Portugal yang pernah bermain di LaLiga dan 7 pemain berikut ini pantas disebut yang terbaik. Check them out.

1. Luis Figo 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!planetfootball.com

Pencinta sepak bola pasti mengenal nama yang satu ini. Luis Figo adalah salah satu tokoh yang paling mewarnai LaLiga. Bukan hanya karena kehebatannya di lapangan, melainkan juga kontroversi yang pernah ia buat. Figo pernah membuat kehebohan karena pada tahun 2000 ia hijrah dari Barcelona ke Real Madrid yang notabene seteru abadi.

Meski sempat dihujat dan dicap pengkhianat, Figo membuktikan bisa tetap tampil bagus bagi Madrid sebagaimana bagi Barca. Figo menghabiskan 5 musim di Barca dan 5 musim di Madrid sehingga secara total ia bermain 10 musim di LaLiga. Statistiknya di LaLiga adalah 336 penampilan dengan sumbangan 66 gol dan 89 assist.

Trofi yang ia raih selama merumput di Spanyol adalah 7 trofi bersama Madrid dan 8 dengan Barca. Itu termasuk masing-masing 2 trofi LaLiga di kedua klub. Ia juga meraih Ballon d'Or pada tahun 2000, tahun kepindahannya dari Barca ke Madrid. Maka, Luis Figo pantas disebut salah satu pemain Portugal tersukses dalam sejarah LaLiga.

2. Deco 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!90min.com

Nama berikutnya adalah Deco, gelandang Portugal kelahiran Brasil. Sinar Deco mulai mencuat ke permukaan kala ia membawa FC Porto juara Liga Champions 2003/2004. Barcelona pun langsung bergerak cepat dan merekrutnya ke Camp Nou. Terbukti, performa Deco ternyata tetap gemilang di tanah Spanyol.

Deco membela Barca selama 4 musim hingga 2008. Khusus di ajang LaLiga, Deco bermain 113 kali dan mencetak 11 gol serta 36 assist. Ia juga turut membantu Barca meraih 2 trofi LaLiga, 3 Piala Super Spanyol, dan tentu saja 1 Liga Champions sehingga menambah koleksi trofi Liga Champions yang pernah ia raih menjadi 2 trofi.

3. Pepe 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!worldsoccertalk.com

Bek asal Portugal pun ada yang pernah meraih suskes luar biasa di LaLiga. Salah satunya adalah Pepe. Seperti Deco, Pepe adalah pemain kelahiran Brasil yang memilih membela Portugal di ajang internasional. Ia mulai bermain di La Liga sejak 2007 dan selama 10 musim berikutnya ia dengan setia mengabdi kepada Real Madrid.

Terkenal sebagai bek tengah yang keras, bahkan cenderung kasar, Pepe memang kerap menuai kontroversi selama membela Madrid. Namun, di samping itu semua, ia tetap dikenal sebagai bek tangguh yang sangat sukes di Madrid. Itu terbukti dari trofi yang ia raih yang mencakup 3 LaLiga, 2 Copa del Rey, serta 3 trofi Liga Champions.

Baca Juga: 6 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Besiktas, Pepe hingga Negredo!

4. Ricardo Carvalho 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!foottheball.com

Nama yang satu ini juga merupakan bek asal Portugal yang pernah membela Real Madrid. Carvalho memang hanya menghabiskan waktu yang relatif singkat di LaLiga, tepatnya 3 musim sejak 2010 hingga 2013. Namun, ia tetap membuat pengaruh cukup signifikan dengan membawa ketenangan di lini belakang Real Madrid, menyeimbangkan Pepe yang lebih impulsif.

Selama 3 musim, Carvalho memainkan 50 partai LaLiga dan secara total bermain 77 kali bagi Madrid di semua ajang, seperti dilansir Transfermarkt. Ia juga turut membawa Madrid memenangi LaLiga 2011/2012 serta Copa del Rey musim sebelumnya.

5. Tiago Mendes 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!atleticodemadrid.com

Tak hanya Real Madrid dan Barcelona, Atletico Madrid juga pernah memiliki pemain asal Portugal yang sukses di LaLiga. Ia adalah Tiago Mendes atau biasa disebut sebagai Tiago saja. Tiago membela Atletico selama 7 musim sejak 2010 hingga 2017. Awalnya sebagai pinjaman selama semusim, kemudian dipermanenkan di musim keduanya.

Selama membela Atletico, pemain berposisi gelandang bertahan ini menjadi pemain kunci. Ia bermain sebanyak 228 kali di semua ajang dan mencetak 19 gol. Tiago turut membawa Atletico menjuarai La Liga 2013/2014, trofi LaLiga pertama mereka sejak 1995/1996. Trofi Copa del Rey, Piala Super Spanyol, serta Europa League pun sukses diraih Tiago selama bermain di Spanyol.

6. Simao Sabrosa 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!goal.com

Simao Sabrosa pun paling terkenal ketika membela Atletico Madrid, namun ia sebelumnya juga pernah membela Barcelona. Simao bermain di Barca pada 1999 hingga 2001 dan bermain 46 kali di LaLiga. Pemain berposisi sayap ini kemudian pulang ke Portugal dan membela Benfica selama 6 musim, lalu kembali ke Spanyol dan membela Atletico pada 2007 hingga 2010.

Simao memang gagal membantu Atletico menguasai LaLiga kala itu, tapi ia sukses memenangi Europa League dan Piala Super Eropa. Menjelang akhir kariernya, Simao sempat membela satu klub LaLiga lain, yaitu Espanyol. Secara total, Simao bermain sebanyak 219 kali di LaLiga dan mencetak 26 gol serta 33 assist, sesuai catatan Transfermarkt.

7. Cristiano Ronaldo 

7 Pemain Portugal Terbaik di La Liga pada Era Modern, Legenda!cnn.com

Inilah pemain yang tak diragukan lagi adalah pemain Portugal terbaik yang pernah bermain di LaLiga pada era modern, bahkan mungkin sepanjang masa. Ronaldo bermain di LaLiga bersama Real Madrid selama 9 musim sejak 2009 hingga 2018 dan selama itu ia membuat begitu banyak pencapaian luar biasa.

Ronaldo total mencetak 450 gol bagi Real Madrid dari 438 laga di semua ajang. Khusus di LaLiga, statistiknya adalah 311 gol dari 292 laga. Ia juga 3 kali keluar sebagai top skor LaLiga dan sekali menjadi pemain terbaik. Trofi domestiknya di Spanyol mencakup masing-masing 2 trofi LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Sementara itu, trofi internasional yang ia raih kala membela Real Madrid adalah 4 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Dunia Antraklub. Ronaldo juga meraih 4 dari 5 trofi Ballon d'Or miliknya saat bermain di Real Madrid. Kala membawa Portugal juara Piala Eropa 2016 pun ia berstatus pemain Real Madrid. Benar-benar lengkap!

 

Itulah 7 pemain Portugal terbaik yang pernah bermain di LaLiga pada era modern. Prestasi mereka sangat luar biasa! Di antara mereka semua, siapa yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid Tersubur di Bawah Kepemimpinan Zidane

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya