Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih Scudetto

Ada yang meraih Scudetto hingga 4 kali!

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terbaik dan tersukses sepanjang masa. Ronaldo pernah bermain di tiga liga top Eropa, yaitu Premier League, LaLiga, serta Serie A dan ia sukses menaklukkan ketiganya. Trofi liga teranyar yang dimenangi Ronaldo adalah Scudetto musim lalu yang sekaligus merupakan Scudetto keduanya sejak bergabung dengan Juventus.

Namun, Ronaldo sebenarnya bukan satu-satunya pemain Portugal yang pernah menaklukkan Serie A. Sepanjang sejarah memang cukup banyak pemain Portugal yang pernah bermain di Serie A dan beberapa di antaranya juga sukses menjadi juara. Siapa saja mereka? Ini dia 7 pemain top Portugal selain Ronaldo yang sudah pernah berhasil meraih Scudetto.

1. Luis Figo

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoLuis Figo (sempreinter.com)

Selain Ronaldo, pemain Portugal yang namanya melegenda di era modern tentu adalah Luis Figo. Figo terkenal kala membela Barcelona dan Real Madrid, tapi jangan lupa bahwa ia juga pernah bermain di Serie A. Peraih Ballon d'Or tahun 2000 ini membela Inter Milan selama 4 musim sejak 2005 hingga 2009.

Hebatnya, keempat musim tersebut berhasil diakhiri Figo dengan membawa Inter meraih Scudetto. Satu trofi Coppa Italia dan 3 Piala Super Italia pun melengkapi koleksi Figo menjadi 8 trofi selama di Inter. Figo pensiun pada 2009 dan kini ia dikenal sebagai salah satu legenda Inter.

2. Sergio Conceicao 

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoSergio Conceicao (radiosei.it)

Sergio Conceicao juga adalah mantan pemain asal Portugal yang pernah membela Inter, namun ia meraih Scudetto bukan bersama Inter, melainkan Lazio. Conceicao bermain sebagai winger dan ia berkarier di Serie A selama 6 musim dengan membela 3 klub, yaitu Lazio, Inter Milan, dan Parma.

Bersama Inter dan Parma, Conceicao tidak meraih trofi. Namun, bersama Lazio, ia berhasil meraih 6 trofi, termasuk Scudetto 1999/2000. Selama di Serie A, Conceicao bermain total 137 kali dan mencetak 13 gol serta 8 assist.

3. Fernando Couto 

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoFernando Couto (lazionews.eu)

Fernando Couto juga turut meraih Scudetto 1999/2000 bersama Lazio. Couto adalah pemain berposisi bek tengah yang membela Lazio pada 1998 hingga 2005 dan ia pun pernah membela Parma seperti Sergio Conceicao.

Selain itu, Couto juga pernah bermain untuk Barcelona di LaLiga. Couto berkarier selama 12 musim di Serie A dan bermain sebanyak 247 kali.

Baca Juga: Hanya 5 Klub Ini yang Pernah Menjuarai Liga NOS Portugal, Dominan

4. Manuel Rui Costa

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoRui Costa (90min.com)

Ada pula Rui Costa, playmaker elegan yang pernah membela Fiorentina selama 7 musim dan AC Milan selama 5 musim. Rui Costa terkenal sebagai salah satu gelandang terbaik pada masanya, seperti terlihat dari statistiknya selama membela kedua klub tersebut. Khusus di Serie A, ia bermain total 339 kali dan mencetak 42 gol serta 39 assist.

Rui Costa meraih 3 trofi bersama Fiorentina, tapi tidak termasuk Scudetto. Ia baru berhasil meraih Scudetto bersama AC Milan. Selain itu, Rui Costa juga sukses meraih 4 trofi lain, termasuk Liga Champions 2002/2003.

5. Ricardo Quaresma

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoRui Costa (goal.com)

Ricardo Quaresma hanya sempat bermain dua musim di Serie A, yaitu pada 2008 hingga 2010 bersama Inter Milan. Musim pertamanya berakhir nirgelar, namun di musim keduanya ia langsung sukses meraih treble winners alias tiga gelar bersama Nerazzurri, yakni Scudetto, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Quaresma sebenarnya tak terlalu sering tampil bersama Inter. Pemain berposisi winger ini hanya bermain 32 kali di semua ajang dalam dua musim dengan sumbangan 1 gol dan 2 assist. Kala dipinjamkan ke Chelsea selama setengah musim, Quaresma sendiri mengaku tidak bahagia di Inter.

6. Nuno Maniche 

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoNuno Maniche (contra-ataque.it)

Nuno Maniche juga adalah pemain yang hanya membela Inter untuk waktu singkat, namun turut meraih Scudetto. Pada 2008, Maniche dipinjamkan oleh Atletico Madrid ke Inter selama setengah musim. Ia hanya bermain 11 kali di semua ajang kala itu, 8 di antaranya di Serie A.

Namun, Maniche tetap berhak meraih medali juara Serie A yang diraih Inter di akhir musim karena Serie A memang tidak memiliki batas minimal jumlah penampilan untuk meraih medali. Scudetto musim 2007/2008 itu adalah satu-satunya trofi yang diraih Maniche selama di Italia.

7. Joao Cancelo 

Selain Ronaldo, Ini 7 Pemain Portugal yang Pernah Meraih ScudettoJoao Cancelo (goal.com)

Satu lagi pemain Portugal yang pernah meraih Scudetto adalah Joao Cancelo. Cancelo baru saja meraihnya pada musim 2018/2019 lalu bersama Juventus. Satu tim dengan Cristiano Ronaldo, Cancelo tampil solid di posisi fullback hingga dipercaya tampil 34 kali di semua ajang bagi Juve, 25 di antaranya di Serie A.

Semusim sebelum bersama Juve, Cancelo lebih dulu membela Inter sebagai pinjaman dari Valencia selama semusim. Namun, ia tidak meraih trofi bersama Inter. Kini, Cancelo membela Manchester City sejak 2019 dan ia adalah salah satu kunci sukses City menjuarai Premier League 2020/2021.

 

Itulah 7 pemain Portugal selain Cristiano Ronaldo yang sudah pernah meraih Scudetto. Siapa di antara mereka yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Pernah Membela Valencia, Ada Joao Cancelo!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya