Comscore Tracker

5 Pemain Prancis yang Paling Sering Raih Trofi Serie A Italia

Meraih scudetto bukan hal yang mudah!

Para pesepak bola asal Prancis terkenal bisa meraih sukses di berbagai liga di Eropa. Kebanyakan pemain Prancis bahkan lebih populer ketika ia bermain di luar negaranya sendiri. Serie A Italia adalah salah satu liga top Eropa yang sering jadi tujuan pemain Prancis untuk berkarier.

Tak sekadar numpang lewat, banyak pemain Prancis yang sukses mengangkat trofi ketika bermain di Serie A. Lima nama berikut ini adalah yang paling sering melakukannya, termasuk satu pemain yang saat ini masih bermain di Serie A.

1. Patrick Vieira (5 Scudetto)

5 Pemain Prancis yang Paling Sering Raih Trofi Serie A ItaliaPatrick Vieira (skysports.com)

Pemain Prancis dengan trofi Serie A terbanyak sejauh ini adalah Patrick Vieira. Ia adalah eks gelandang yang terkenal keras tetapi juga penuh talenta. Meski paling populer ketika membela Arsenal, Vieira sebenarnya lebih dulu bermain di Serie A dan meraih Scudetto bersama AC Milan pada 1995/1996.

Vieira kemudian menghabiskan sembilan musim bersama Arsenal, baru kembali ke Serie A. Ia meraih tambahan empat Scudetto saat membela Inter Milan pada 2006–2010. Secara total, Vieira mencatat tepat seratus penampilan di Serie A dengan torehan 11 gol dan 14 assists.

2. Paul Pogba (4 Scudetto)

5 Pemain Prancis yang Paling Sering Raih Trofi Serie A ItaliaPaul Pogba (juventus.com)

Paul Pogba adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih bermain di Serie A. Bisa dibilang, Serie A menjadi liga ternyaman bagi Pogba karena kariernya mulai menanjak saat ia bermain di Italia pada 2012–2016.

Selama empat musim, Pogba yang saat itu berstatus pemain buangan Manchester United sukses jadi andalan Juventus. Empat musim yang dihabiskan Pogba bersama Juve bahkan selalu berbuah trofi Serie A.

Kini, Pogba sudah kembali ke Juventus setelah 'pulang' membela Manchester United dalam enam musim terakhir. Dikontrak hingga 2026, pemain berusia 29 tahun ini punya peluang menambah koleki trofi Serie A yang ia miliki.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gabung Juventus Bareng Paul Pogba Tahun 2012

3. Didier Deschamps (3 Scudetto)

5 Pemain Prancis yang Paling Sering Raih Trofi Serie A ItaliaDidier Deschamps (juventus.com)

Berikutnya, ada tiga pemain Prancis yang sama-sama punya koleksi tiga gelar Serie A. Yang pertama adalah Didier Deschamps, eks gelandang bertahan yang kini jadi pelatih Timnas Prancis.

Deschamps bermain di Serie A pada tahun 1994–1999 bersama Juventus, dan meraih total sembilan trofi. Itu termasuk 3 trofi Serie A dan 1 trofi Liga Champions.

Setelah jadi pelatih, Deschamps juga sempat menangani Juventus pada musim 2006/2007. Namun, saat itu Juventus sedang bermain di Serie B, dan Deschamps membawa mantan klubnya tersebut menjadi juara sekaligus promosi kembali ke Serie A.

4. Blaise Matuidi (3 Scudetto)

5 Pemain Prancis yang Paling Sering Raih Trofi Serie A ItaliaBlaise Matuidi (juventus.com)

Nama kedua adalah Blaise Matuidi. Ia juga berhasil mengangkat tiga trofi Serie A bersama Juventus. Ketiga gelar juara tersebut ia raih dalam tiga musim membela Juve, yaitu pada 2017–2020. Matuidi sukses jadi andalan Juventus ketika itu, dengan catatan 133 penampilan di semua ajang.

Sayangnya, setelah itu Matuidi memutus kontraknya bersama Juventus dan hijrah ke MLS Amerika Serikat. Kini, Matuidi yang sudah berusia 35 tahun masih berstatus pemain Inter Miami. Namun, ia tidak termasuk skuad Miami yang berlaga di MLS musim 2022.

5. Olivier Dacourt (3 Scudetto)

5 Pemain Prancis yang Paling Sering Raih Trofi Serie A ItaliaOlivier Dacourt (skysports.com)

Satu lagi pemain Prancis yang mengangkat tiga trofi juara Serie A adalah Olivier Dacourt. Dacourt adalah eks gelandang yang pernah bermain di Italia bersama AS Roma dan Inter Milan. Ia cukup diandalkan saat membela Roma, tetapi lebih banyak jadi pelapis saat berseragam Inter.

Namun, Dacourt justru meraih tiga Scudetto saat membela Inter pada 2006–2009. Padahal, ia hanya bermain total 34 kali bersama Nerazzurri di Serie A. Selain tiga Scudetto, Dacourt juga mengangkat dua trofi Piala Super Italia bareng Inter.

 

Dari kelima pemain di atas, hanya Paul Pogba yang masih berpeluang untuk menambah koleksi gelar Serie A. Namun, performa Juventus di Serie A sedang menurun dalam beberapa musim terakhir. Masih bisakah Pogba meraih Scudetto lagi bersama Juve?

Baca Juga: 5 Klub Serie A dengan Pemain Asing Terbanyak pada Musim 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya