5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala Dunia

Zinedine Zidane pegang rekor

Sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia, Timnas Prancis pernah tiga kali berlaga pada babak final. Hasilnya, Les Blues lebih sering berjaya, yaitu 2 kali menang berbanding 1 kali kalah.

Kesuksesan di partai final tentu buah andil seluruh pemain, terutama para pencetak gol, yang biasanya jadi sorotan menyusul kemenangan tim. Berikut ini adalah para pemain Prancis yang pernah mencetak gol di final Piala Dunia.

1. Zinedine Zidane (Piala Dunia 1998 dan 2006)

5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala DuniaZinedine Zidane merayakan gol di final Piala Dunia 2006 bersama Franck Ribery. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pertama kali Prancis berlaga di final Piala Dunia adalah pada 1998. Saat itu, Prancis yang bertindak sebagai tuan rumah berhadapan dengan juara bertahan Brasil pada babak final. Hasilnya, Les Blues meraih gelar juara lewat kemenangan meyakinkan 3-0.

Zinedine Zidane jadi pahlawan Prancis di laga tersebut. Ia mencetak dua gol pada babak pertama yang menjadi awal kemenangan Prancis. Karena performa hebatnya, Zidane pun terpilih jadi salah satu gelandang terbaik turnamen.

Zidane bahkan kembali mencetak gol saat Prancis berlaga di final Piala Dunia 2006 Jerman. Berhadapan dengan Italia, gol penaltinya sempat membuat Prancis unggul. Sayangnya, laga berakhir imbang 1-1, lalu Prancis gagal juara karena kalah adu penalti.

Meski demikian, Zidane tetap tercatat sebagai pemain tertajam di final Piala Dunia. Dengan torehan tiga gol, ia menyamai rekor tiga pemain lain. Mereka adalah Geoff Hurst (Inggris), Pele (Brasil), dan Vava (Brasil).

2. Emmanuel Petit (Piala Dunia 1998)

5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala DuniaEmmanuel Petit (fifa.com)

Gol ketiga Prancis di final Piala Dunia 1998 dicetak Emmanuel Petit. Golnya tercipta pada menit 93 dan menyempurnakan kemenangan Prancis. Padahal, saat itu Les Blues sudah bermain dengan sepuluh orang sejak menit 68 karena Marcel Desailly dapat kartu merah.

Kontribusi Petit bagi Prancis bukan hanya gol. Ia juga menciptakan assist melalui sepak pojok bagi gol pertama Zidane. Sebelumnya, Petit sempat membuat gol kemenangan Prancis atas Denmark pada fase grup.

Baca Juga: Kylian Mbappe Ultimatum Lionel Messi Jelang Final Piala Dunia 2022

3. Antoine Griezmann (Piala Dunia 2018)

5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala DuniaAntoine Griezmann merayakan gol di final Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Setelah gagal pada 2006, Prancis kembali tampil di final Piala Dunia 2018. Kali itu, mereka sukses meraih gelar kedua berkat kemenangan 4-2 atas Kroasia. Gol pertama Prancis adalah hasil bunuh diri Mario Mandzukic yang salah mengantisipasi tendangan bebas Antoine Griezmann.

Gol kedua Prancis pun tercipta berkat aksi Griezmann. Ia menjadi eksekutor tendangan penalti Prancis dan sukses menjalankan tugas dengan baik. Berkat Griezmann, Prancis menutup babak pertama final Piala Dunia 2018 dengan keunggulan 2-1.

4. Paul Pogba (Piala Dunia 2018)

5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala DuniaPaul Pogba (fifa.com)

Setelah turun minum, Kroasia memulai babak kedua laga final melawan Prancis dengan agresif. Namun, mereka malah kebobolan dua gol tambahan dalam 20 menit awal. Paul Pogba jadi pencetak gol ketiga Prancis di laga tersebut melalui sepakan kaki kiri pada menit 59.

Gol Pogba membuat Prancis memperlebar keunggulan jadi 3-1 sehingga makin menyulitkan Kroasia. Tak hanya menyumbang gol, aksi Pogba di laga final tersebut memang ciamik. Ia aktif membantu pertahanan timnya, bahkan menjadi pemain Prancis dengan tekel serta intersep terbanyak.

5. Kylian Mbappe (Piala Dunia 2018)

5 Pemain Prancis yang Pernah Mencetak Gol di Final Piala DuniaKylian Mbappe (fifa.com)

Terakhir, ada Kylian Mbappe, pencetak gol keempat Prancis di final Piala Dunia 2018. Gol Mbappe tercipta melalui sepakan keras dari luar kotak penalti. Kiper Kroasia, Danijel Subasic, bahkan hanya melongo melihat aksi Mbappe membobol gawangnya.

Saat itu, Mbappe baru berusia 19 tahun. Alhasil, ia pun tercatat sebagai pemain remaja kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia. Pemain pertama adalah legenda Brasil, Pele, di final Piala Dunia 1958 Swedia. Pada akhir turnamen, Mbappe pun terpilih jadi pemain muda terbaik Piala Dunia 2018.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Prancis sukses mencapai babak final dan akan menghadapi Argentina. Seperti pada 2018, tahun ini pun Griezmann dan Mbappe kembali jadi tumpuan Les Blues untuk menjebol gawang lawan.

Selain mereka, Prancis juga punya beberapa pemain yang berpotensi mencetak gol di final. Misalnya, Olivier Giroud dan Ousmane Dembele. Menarik dinantikan siapakah pemain Prancis yang bakal mencetak gol di final Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Setelah Messi, Es Krim Mitra Piala Dunia 2022 Kolaborasi dengan Mbappe

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya