5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1

Kylian Mbappe masih menjadi pembelian tersukses mereka

Sejak diakuisisi oleh Qatar Sports Investments, kita semua sama-sama tahu jika Paris Saint-Germain menjelma jadi klub yang bisa mendatangkan deretan nama pemain bintang sesuka mereka. Sejauh ini, mayoritas pemain bintang yang mereka boyong berasal dari klub-klub di luar Ligue 1 Prancis.

Fakta ini seakan menyatakan tak banyak pemain Ligue 1 yang mampu menarik minat klub sekelas PSG. Bahkan, dalam tujuh tahun terakhir, hanya ada lima nama pemain yang didatangkan PSG dari sesama klub Ligue 1 Prancis.

Siapa saja mereka dan bagaimana kontribusi mereka setelah bergabung dengan PSG?

1. Layvin Kurzawa

5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1Layvin Kurzawa (instagram.com/kurzawa)

Pada bursa transfer musim panas 2015, PSG mendatangkan dua pemain dari sesama klub Ligue 1. Salah satunya masih bertahan di PSG hingga sekarang, yaitu Layvin Kurzawa. Kurzawa diboyong dari AS Monaco dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp380 miliar.

Sejauh ini, Kurzawa sudah bermain 152 kali bersama PSG di semua ajang. Bek kiri asal Prancis ini juga berkontribusi mencetak 14 gol dan 22 assists, serta turut memenangi 17 trofi. Namun, Kurzawa sepertinya bakal segera dilepas PSG lantaran ia semakin jarang diandalkan Les Parisiens, khususnya pada musim 2021/2022 lalu.

2. Serge Aurier

5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1Serge Aurier (skysports.com)

Serge Aurier juga diboyong PSG pada 2015. Bek kanan asal Pantai Gading ini bergabung usai didatangkan dari sesama klub Ligue 1, Toulouse. Aurier sendiri sebenarnya sudah membela PSG sejak musim 2014/2015, namun, saat itu ia hanya berstatus pinjaman dari Toulouse.

Aurier kemudian berseragam PSG hingga 2017 dengan mencatatkan 81 penampilan di semua ajang. Total, sebelas trofi berhasil ia raih bersama PSG sebelum hijrah ke Tottenham Hotspur. Saat ini, Aurier tengah berstatus tanpa klub setelah kontrak satu musimnya bersama Villarreal berrakhir.

Baca Juga: 5 Fakta Christophe Galtier, Pelatih Baru Paris Saint-Germain

3. Hatem Ben Arfa

5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1Hatem Ben Arfa (marca.com)

PSG kembali mendatangkan pemain dari sesama klub Prancis pada 2016. Kali ini, mereka memboyong Hatem Ben Arfa, winger kreatif asal Prancis yang didatangkan dari OGC Nice. Ia dipinang PSG setelah melakoni musim 2015/2016 yang sukses bersama OGC Nice lewat catatan 18 gol dalam 37 laga.

Sayangnya, Ben Arfa malah melempem bersama PSG. Ben Arfa gagal membuat satu pun gol di Ligue 1 dalam 23 penampilan pada musim 2016/2017. Alhasil, ia tak bermain sama sekali sepanjang 2017/2018 hingga dilepas PSG setelah kontraknya habis.

4. Kylian Mbappe

5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1Kylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Kylian Mbappe bisa dibilang sebagai pembelian tersukses PSG dari sesama klub Prancis. Mbappe dibeli PSG dari AS Monaco pada 2018 dengan harga 180 juta euro alias Rp2,75 triliun. Sebelum itu, Mbappe sendiri sebenarnya sudah membela PSG sejak 2017 sebagai pemain pinjaman.

Harga fantastis yang dibayarkan PSG untuk memboyong Mbappe terbukti tidak sia-sia. Sejak bergabung, Mbappe sukses tampil konsisten mencetak banyak gol setiap musimnya. Bahkan, ia selalu jadi top skor Ligue 1 dalam empat musim terakhir sekaligus tiga kali jadi pemain terbaik Ligue 1 dalam kurun waktu tersebut.

Secara total, Mbappe kini sudah mencetak 170 gol dalam 216 laga di semua ajang. Catatan ini membuatnya makin mendekati rekor Edinson Cavani sebagai top skor sepanjang masa PSG. Baru memperpanjang kontrak hingga 2025, peluang Mbappe sangat besar untuk merebut rekor tersebut dari tangan Cavani.

5. Hugo Ekitike

5 Pemain Terakhir Direkrut PSG dari Sesama Klub Ligue 1Hugo Ekitike (instagram.com/hekitike)

Pada musim panas 2022, PSG ternyata tak terlalu aktif bergerak mendatangkan pemain baru. Sejauh ini, Les Parisiens baru merekrut tiga pemain, salah satunya Hugo Ekitike, striker muda Prancis yang didatangkan dari sesama klub Ligue 1, Stade de Reims.

Ekitike sendiri tidak dibeli, melainkan dipinjam oleh PSG. Namun, bukan mustahil jika statusnya bakal dipermanenkan ketika ia mampu tampilkan performa impresif. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun ini, ia sudah bermain bersama Reims sebanyak 28 kali di semua ajang dan mencetak 11 gol sejak debut pada tahun 2020.

Fakta dimana hanya segelintir pemain yang diboyong PSG dari sesama klub Ligue 1 dalam tujuh tahun terakhir cukup membuktikan kualitas tak setara di kasta tertinggi sepak bola Prancis tersebut. Tak heran jika dominasi PSG belum bakal terhentikan dalam waktu dekat. 

Baca Juga: Kylian Mbappe Jadi Bulan-Bulanan Usai Hina Amerika Selatan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya