5 Pemain Senegal yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League Inggris

Kalidou Koulibaly bisa menyusul mereka

Chelsea baru saja mendatangkan pemain belakang anyar pada bursa transfer musim panas 2022. The Blues memboyong Kalidou Koulibaly, bek tangguh asal Senegal dari Napoli. Melihat kualitasnya, Koulibaly kemungkinan bisa menjadi salah satu pilihan utama di lini belakang Chelsea.

Bahkan, Koulibaly bisa turut membawa Chelsea jadi kandidat juara. Koulibaly pantas bergembira karena ia juga berpeluang sukses bareng Chelsea. Jika berhasil meraih trofi, Koulibaly bakal menyusul lima pemain Senegal berikut yang pernah meraih trofi bersama klub Premier League Inggris.

1. Sadio Mane

5 Pemain Senegal yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisSadio Mane (instagram.com/sadiomaneofficiel)

Sadio Mane pantas disebut sebagai pemain Senegal tersukses yang pernah main di Premier League. Sinar Mane di Premier League bahkan sudah terlihat saat ia masih membela Southampton. Setelah hijrah ke Liverpool, Mane makin menggila dan berhasil meraih enam trofi bareng The Reds.

Mane punya andil besar dalam sukses Liverpool. Ia mencetak 120 gol dan 38 assists dalam 269 penampilannya bagi mereka. Plus, Mane juga tercatat sebagai pemain Senegal pertama yang mencetak 100 gol di Premier League. Setelah 6 tahun yang sukses bersama The Reds, Mane kini sudah hijrah ke Bayern Munich.

2. El Hadji Diouf

5 Pemain Senegal yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisEl Hadji Diouf (skysports.com)

Sebelum Mane, sebenarnya Liverpool sudah pernah dibela pemain asal Senegal. Salah satunya adalah El Hadji Diouf, pemain berposisi penyerang yang juga bisa menjadi winger. Diouf diboyong Liverpool pada 2002 setelah ia tampil apik bersama Timnas Senegal di Piala Dunia.

Ketajaman Diouf sebenarnya terbilang buruk bersama Liverpool. Dalam 80 laga di semua ajang, ia hanya mencetak 6 gol. Diouf bahkan tak mencetak satu gol pun pada musim keduanya sehingga ia dipinjamkan ke klub lain pada musim ketiga. Namun, Diouf turut meraih satu trofi Piala Liga 2002/2003 bersama The Reds.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Senegal dengan Harga Termahal, Sadio Mane Teratas!

3. Mame Biram Diouf

5 Pemain Senegal yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisMame Biram Diouf (manutd.com)

Pemain Senegal yang satu ini juga memiliki nama belakang Diouf. Mame Biram Diouf adalah penyerang yang sempat membela Manchester United pada 2009–2012. Sayangnya, Diouf hanya mencatat total 9 penampilan bersama United di semua ajang dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist.

Meski demikian, Diouf sempat turut memenangi trofi Piala Liga 2009/2010 bersama Setan Merah. Setelah meninggalkan United, Diouf masih sempat bermain di Premier League bersama Stoke City pada 2014–2018. Saat ini, Diouf masih belum pensiun, tetapi sedang berstatus tanpa klub.

4. Edouard Mendy

5 Pemain Senegal yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisEdouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Berikutnya, ada Edouard Mendy, kiper asal Senegal yang kini membela Chelsea. Sejak diboyong The Blues pada 2020, Mendy sukses membuktikan diri sebagai kiper jempolan. Bahkan, musim pertamanya bareng Chelsea langsung berbuah trofi Liga Champions 2020/2021.

Setelah itu, trofi Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub menyusul ke koleksi Mendy. Ditambah gelar Piala Afrika 2021 bersama Timnas Senegal, Mendy pun menjadi salah satu nominasi pemain terbaik Afrika 2022. Meski tidak menang, Mendy kini sudah pantas dinilai sebagai salah satu kiper elite dunia.

5. Nampalys Mendy

5 Pemain Senegal yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisNampalys Mendy (instagram.com/papy.mendy)

Satu lagi pemain Senegal yang sukses meraih trofi bersama klub Premier League Inggris adalah Nampalys Mendy. Nampalys Mendy adalah gelandang bertahan kelahiran Prancis. Namun, ia memilih membela Timnas Senegal karena tak dapat panggilan dari Timnas Prancis.

Mendy saat ini membela Leicester City sejak 2016. Ia memang tidak ikut meraih trofi Premier League 2015/2016 yang diraih Leicester. Namun, Mendy juga sudah mengangkat trofi bareng The Foxes, yaitu Piala FA 2020/2021. Mendy sendiri sejauh ini sudah tampil hampir seratus kali bareng Leicester di semua ajang.

 

Lima pemain Senegal di atas pernah turut mengangkat trofi bersama klub Premier League Inggris. Kalidou Koulibaly berpeluang menyamai raihan mereka jika bisa memenangi trofi bersama Chelsea. Fans Chelsea, optimis Koulibaly bisa bersinar bareng The Blues?

Baca Juga: Sebelum Mane, 5 Striker Senegal yang Pernah Membela Klub Bundesliga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya