Comscore Tracker

5 Pemain Top Senior yang Akhirnya Lakoni Debut di Piala Eropa 2020

Mereka tampil di Piala Eropa untuk pertama kalinya

Piala Eropa adalah turnamen antarnegara paling prestisius di Eropa. Setiap tim nasional negara di Eropa pasti ingin memenanginya dan setiap pemain pasti ingin tampil di dalamnya. Skill mumpuni tidak serta-merta menjamin seorang pemain bisa bermain di Piala Eropa. Ia juga harus fit dan berada dalam performa bagus pada saat turnamen berlangsung.

Tidak mengherankan jika sejumlah pemain top akhirnya baru merasakan tampil di Piala Eropa pada edisi tahun ini. Padahal, usia mereka sudah cukup senior, namun baru kali ini mereka berkesempatan melakoni debut di Piala Eropa. Inilah 5 pemain yang akhirnya menjalani debut Piala Eropa pada edisi Piala Eropa 2020.

1. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Top Senior yang Akhirnya Lakoni Debut di Piala Eropa 2020Wijnaldum merayakan gol ke gawang Ukraina (standard.co.uk)

Yang pertama ada Georginio Wijnaldum, gelandang yang menjadi kapten Timnas Belanda di Piala Eropa 2020. Mantan pemain Liverpool yang baru saja pindah ke Paris Saint-Germain ini akhirnya menjalani debut Piala Eropa di laga perdana grup C melawan Ukraina. Sebelumnya, pria berusia 30 tahun ini tak bermain di Piala Eropa 2012 dan 2016.

Wijnaldum tidak masuk skuad Belanda di Piala Eropa 2012, sedangkan di Piala Eropa 2016 Tim Oranye malah gagal lolos ke putaran final. Debut Wijnaldum kemarin berjalan cukup mulus. Ia mencetak satu gol yang turut membawa negaranya menang 3-2. Menarik ditunggu seberapa tinggi Wijnaldum bisa mengangkat Belanda di turnamen kali ini.

2. Kasper Schmeichel

5 Pemain Top Senior yang Akhirnya Lakoni Debut di Piala Eropa 2020Kasper Schmeichel tampil melawan Finlandia (football-italia.net)

Di Grup B, Kasper Schmeichel akhirnya berkesempatan tampil di Piala Eropa saat dipercaya mengawal gawang Denmark di laga melawan Finlandia. Kiper Leicester City berusia 34 tahun ini masuk ke dalam skuad Denmark di Piala Eropa 2012, namun ia tak tampil sama sekali karena hanya jadi cadangan bagi kiper Stephan Andersen.

Di Piala Eropa 2016, Denmark malah gagal lolos ke putaran final sehingga Schmeichel pun lagi-lagi harus menunda debutnya. Akhirnya debut Piala Eropa itu pun terjadi saat melawan Finlandia meski Denmark harus kalah dengan diwarnai insiden kolapsnya Christian Erikssen. Schmeichel dkk. mesti meraih hasil maksimal di dua laga sisa untuk bisa melaju ke 16 besar.

Baca Juga: Kepemimpinan Kapten Denmark Simon Kjaer dalam Insiden Eriksen

3. Jorginho

5 Pemain Top Senior yang Akhirnya Lakoni Debut di Piala Eropa 2020Jorginho di laga Italia vs Turki (caughtoffside.com)

Piala Eropa 2020 juga jadi kesempatan pertama bagi Jorginho untuk merasakan tampil di turnamen empat tahunan ini. Gelandang Chelsea ini tampil full di laga melawan Turki yang dimenangkan Italia 3-0. Laga itu pun menjadi debut baginya di Piala Eropa setelah ia tak masuk skuad Italia di Piala Eropa 2016.

Bahkan, laga melawan Turki juga adalah debut Jorginho di turnamen mayor karena ia pun belum pernah tampil di Piala Dunia. Setelah debut di timnas pada tahun 2016, akhirnya Jorginho mulai dipercaya untuk jadi jenderal lini tengah Tim Azzurri. Sebabnya tentu karena pemain berusia 29 tahun ini mampu tampil apik bersama Chelsea sepanjang musim lalu.

4. Ante Rebic

5 Pemain Top Senior yang Akhirnya Lakoni Debut di Piala Eropa 2020Ante Rebic berebut bola di laga melawan Inggris (birminghammail.co.uk)

Performa hebat di level klub sepanjang musim lalu juga jadi alasan Ante Rebic akhirnya dipercaya melakoni debut di Piala Eropa 2020. Penyerang berusia 27 tahun ini memang tampil trengginas bersama AC Milan musim lalu dengan mencetak 11 gol dan 9 assist dalam 33 pertandingan. Alhasil, satu pos di skuad Kroasia pada Piala Eropa 2020 menjadi miliknya.

Laga Kroasia melawan Inggris di grup D pun menjadi debut Rebic di Piala Eropa. Sebelumnya, ia tak tampil di Piala Eropa 2016 karena tak masuk skuad. Sayangnya, debut Rebic tersebut harus berakhir dengan kekalahan 0-1. Namun, tim berjuluk Vatreni itu masih punya peluang besar untuk lolos ke 16 besar jika tampil maksimal di dua laga sisa.

5. Ilkay Gundogan 

5 Pemain Top Senior yang Akhirnya Lakoni Debut di Piala Eropa 2020Ilkay Gundogan mencoba merebut bola dari Paul Pogba (telegraph.co.uk)

Terakhir, ada Ilkay Gundogan yang akhirnya bermain di Piala Eropa pada laga melawan perdana Timnas Jerman melawan Prancis di grup F. Gundogan sebenarnya sudah membela Timnas Jerman sejak 2011. Namun, di Piala Eropa 2012 ia hanya jadi cadangan di sepanjang turnamen. Sementara itu, di Piala Eropa 2016 ia gagal masuk skuad karena cedera.

Sekarang, akhirnya Gundogan bisa merasakan tampil di Piala Eropa untuk pertama kalinya. Ia bermain full di laga Jerman melawan Prancis meski gagal membawa timnya meraih hasil positif. Kemungkinan besar Gundogan akan terus menjadi andalan di pertandingan-pertandingan Jerman berikutnya di Piala Eropa 2020.

 

Itulah 5 pemain top senior yang akhirnya merasakan debut di Piala Eropa pada edisi Piala Eropa 2020. Di antara mereka, siapa yang debutnya paling luar biasa menurutmu?

Baca Juga: 9 Potret Keren Ilkay Gundogan, Gelandang Top Milik Manchester City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya