5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic Terbaru

Bisakah Matic sukses bersama Roma?

AS Roma telah mendapatkan amunisi baru di lini tengah mereka untuk mengarungi musim 2022/2023. Nemanja Matic resmi merapat ke klub ibukota Italia tersebut secara gratis. Matic memang berstatus free agent setelah kontraknya bersama Manchester United habis pada akhir 2021/2022.

Matic pun bakal kembali bereuni dengan mantan pelatihnya di Chelsea dan Manchester United, Jose Mourinho. Bagi AS Roma, Matic bukanlah pemain Serbia pertama yang pernah bergabung. Termasuk Matic, inilah lima pemain asal Serbia yang pernah berseragam AS Roma.

1. Sinisa Mihajlovic

5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic TerbaruSinisa Mihajlovic berseragam AS Roma (asroma.com)

Sinisa Mihajlovic adalah salah satu bek paling top yang pernah dimiliki Serbia. Meski berposisi bek, Mihajlovic tergolong produktif dalam mencetak gol, terutama melalui tendangan bebas. Mihajlovic menghabiskan sebagian besar kariernya di Serie A dan ia pernah membela empat klub Italia.

Klub Serie A pertama yang dibela Mihajlovic adalah AS Roma. Ia berkostum Roma pada 1992–1994 dan mencatat 69 laga di semua ajang. Sayangnya, Mihajlovic gagal meraih trofi bersama Roma. Uniknya, Mihajlovic belakangan membela Lazio yang adalah rival sekota Roma dan berhasil merengkuh tujuh trofi bersama mereka.

2. Adem Ljajic

5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic TerbaruAdem Ljajic berseragam AS Roma (skysports.com)

Berikutnya, ada Adem Ljajic, gelandang serang asal Serbia yang kini masih aktif bermain. Ljajic pernah cukup lama menghabiskan kariernya di Serie A, salah satunya bersama AS Roma. Ia menjadi pemain Roma pada 2013–2016, tetapi sempat pula dipinjamkan Roma ke Inter Milan selama semusim.

Bersama Roma, Ljajic bermain sebanyak 74 kali di semua ajang dan mencetak 15 gol serta 8 assists. Selama dibela Ljajic, Roma sempat bersaing memperebutkan gelar juara Serie A. Sayangnya, mereka tak bisa menandingi dominasi Juventus sehingga tidak meraih trofi.

Baca Juga: 11 Pemain Kunci AS Roma Saat Juara Serie A 2000/2001, Para Legenda!

3. Nemanja Radonjic

5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic TerbaruNemanja Radonjic berseragam Timnas Serbia (instagram.com/n.radonjic7)

Nemanja Radonjic terbilang bernasib buruk semasa membela AS Roma. Radonjic adalah winger asal Serbia yang merupakan lulusan akademi Roma. Ia lulus ke tim senior pada 2014 saat berusia 18 tahun. Namun, kesempatan bermain bareng tim senior tak juga didapatkan Radonjic.

Ia sama sekali tak bermain dalam dua musim pertamanya, lalu dipinjamkan ke klub lain pada musim ketiga. Setelah itu, akhirnya Radonjic hengkang ke Red Star Belgrade pada 2017. Saat ini, Radonjic berstatus pemain Olympique Marseille, tetapi ia pun kerap dipinjamkan Marseille ke klub lain.

4. Aleksandar Kolarov

5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic TerbaruAleksandar Kolarov berseragam AS Roma (asroma.com)

Aleksandar Kolarov adalah bek asal Serbia yang populer saat membela Manchester City. Namun, sebelumnya ia lebih dulu bermain di Serie A bersama Lazio. Setelah meninggalkan City, Kolarov kembali ke Italia dan membela AS Roma yang merupakan rival sekota Lazio.

Bersama Roma, Kolarov sukses jadi andalan. Ia berseragam Roma pada 2017–2020 dan mencatat 132 penampilan di semua ajang dengan torehan 19 gol dan 21 assists. Sayangnya, ia gagal meraih trofi bersama Roma. Setelah Roma, Kolarov sempat membela Inter Milan, tetapi sekarang pun sudah hengkang karena kontraknya habis.

5. Nemanja Matic

5 Pemain Serbia yang Pernah Membela AS Roma, Nemanja Matic TerbaruNemanja Matic berseragam Manchester United (instagram.com/nemanjamatic)

Nemanja Matic menjadi pemain Serbia teranyar yang bergabung dengan AS Roma. Bermodalkan pengalaman di Premier League Inggris selama 8 tahun terakhir, Matic bisa jadi aset berharga bagi Roma. Apalagi, ia sudah sering bekerja sama dengan Jose Mourinho sehingga tentu sudah paham keinginan sang pelatih.

Matic mendapat kontrak setahun di Roma. Jika ia tampil apik, bukan mustahil kontraknya bakal kembali diperpanjang. Meski sudah tidak muda lagi, Matic diperkirakan tidak akan kesulitan beradaptasi dengan gaya sepak bola Serie A yang memang tak terlalu mengandalkan fisik.

 

Para pemain Serbia yang bergabung dengan AS Roma sebelum Nemanja Matic mengalami karier yang beragam. Ada yang sukses jadi andalan dan meraih trofi, ada pula yang kesulitan masuk tim inti. Apakah Nemanja Matic bakal termasuk ke barisan pemain yang sukses bersama Roma?

Baca Juga: 6 Pemain yang Direkrut AS Roma dari Klub Inggris Sebelum Nemanja Matic

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya