5 Pemain Spanyol yang Cetak Gol saat Lakoni Debut Internasional

Ada yang langsung membuat hat-trick

Timnas Spanyol menang 3-0 atas Norwegia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2024, Minggu (26/3/2023) dini hari WIB. Salah satu striker Spanyol, Joselu, melakoni debut internasional pada laga tersebut. Hebatnya, Joselu langsung menghiasi debutnya itu dengan torehan dua gol.

Joselu pun menyamai capaian sejumlah pemain Spanyol yang membuat gol pada debutnya bersama timnas. Beberapa di antaranya masih aktif bermain hingga kini. Termasuk Joselu, inilah lima pemain Spanyol yang mencetak gol pada debut internasional mereka.

1. Alfredo Di Stefano

5 Pemain Spanyol yang Cetak Gol saat Lakoni Debut InternasionalAlfredo Di Stefano (realmadrid.com)

Alfredo Di Stefano adalah salah satu legenda sepak bola terbesar di dunia. Di Stefano khususnya terkenal di level klub sebagai legenda Real Madrid. Sementara itu, di kancah internasional, karier Di Stefano dimulai bersama timnas negara kelahirannya, Argentina.

Di Stefano melakoni debut bersama Timnas Argentina di Copa America 1947. Ia sukses mencetak gol pada debutnya itu. Bahkan, Argentina akhirnya juara berkat torehan enam gol Di Stefano. Sayangnya, karier Di Stefano di Tim Tango tak bertahan lama.

Di Stefano dan banyak rekannya mengundurkan diri dari timnas pada 1949 karena konflik dengan Federasi Sepak Bola Argentina. Pada 1957, Di Stefano beralih membela Timnas Spanyol. Saat itu, ia sudah menjadi pemain Real Madrid dan memiliki kewarganegaraan Spanyol.

Debut Di Stefano untuk Timnas Spanyol terjadi pada Januari 1957 dalam laga persahabatan melawan Belanda. Hebatnya, ia langsung mencetak hat-trick yang membawa Spanyol menang 5-1. Di Stefano membela Timnas Spanyol hingga 1961 dengan catatan total 31 caps dan 23 gol.

2. Fernando Morientes

5 Pemain Spanyol yang Cetak Gol saat Lakoni Debut InternasionalFernando Morientes (fifa.com)

Fernando Morientes sukses mencetak dua gol pada debutnya bersama Timnas Spanyol. Itu terjadi pada laga persahabatan melawan Swedia jelang Piala Dunia 1998. Hebatnya, dua gol Morientes tercipta hanya dalam tempo 6 menit setelah laga dimulai.

Dua gol itu mengawali total 27 gol yang diciptakan Morientes dalam 47 caps internasional. Morientes pun menjadi salah satu pemain tertajam dalam sejarah Timnas Spanyol. Sayangnya, ia tak pernah mengangkat trofi bersama negaranya.

Baca Juga: 5 Gelandang U-25 Terbaik Musim Ini, Dani Olmo hingga Frenkie de Jong

3. Dani Olmo

5 Pemain Spanyol yang Cetak Gol saat Lakoni Debut InternasionalDani Olmo (instagram.com/daniolmo7)

Pada era yang lebih modern, beberapa pemain Timnas Spanyol juga sukses menghiasi debutnya dengan gol. Salah satunya Dani Olmo. Gelandang RB Leipzig ini pertama kali membela timnas pada laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Malta.

Tanpa kesulitan berarti, Spanyol memenangi laga tersebut dengan skor 7-0. Olmo sendiri tampil sebagai pemain pengganti dan sukses mencetak gol kelima timnya. Olmo masih aktif membela Timnas Spanyol hingga kini. Sejauh ini, statistiknya adalah 30 caps dengan 6 gol.

4. Brahim Diaz

5 Pemain Spanyol yang Cetak Gol saat Lakoni Debut InternasionalBrahim Diaz (twitter.com/Brahim)

Ada pula Brahim Diaz, gelandang 23 tahun yang tengah membela AC Milan. Brahim sukses jadi andalan Milan sehingga ia menerima panggilan membela timnas pada 2021. Debut internasional Brahim terjadi pada partai persahabatan melawan Lithuania.

Tampil 90 menit, Brahim mencetak satu gol yang turut membawa Spanyol menang 4-0. Namun, debut yang manis memang tak menjamin karier yang mulus. Meski membuat gol pada debutnya, Brahim belum pernah tampil lagi bersama Timnas Spanyol hingga kini.

5. Joselu

5 Pemain Spanyol yang Cetak Gol saat Lakoni Debut InternasionalJoselu (instagram.com/joselumato)

Joselu menjadi pemain terbaru yang mencetak gol pada debut bersama Timnas Spanyol. Dua golnya ke gawang Norwegia membawa Spanyol mengawali kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan tiga poin. Hebatnya, brace Joselu tercipta meski ia hanya tampil sekitar 9 menit.

Ya, Joselu saat itu tampil sebagai pengganti Alvaro Morata pada menit 81. Tanpa disangka, Joselu sukses mencetak dua gol beruntun pada menit 84 dan 85. Striker Espanyol itu pun menikmati debut impian sebagai pahlawan kemenangan negaranya.

Mencetak gol pada laga debut bersama timnas adalah capaian yang spesial. Namun, itu bukan berarti sang pemain pasti akan jadi bintang negaranya. Setelah mencetak gol pada debutnya, bagaimana kelanjutan karier Joselu bersama Timnas Spanyol?

Baca Juga: Menilik Kiprah Italia Menjuarai Piala Eropa 2020, Tak Terkalahkan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya