Comscore Tracker

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Masuk Nominasi Ballon d'Or

Tahun 2022 ini tidak ada yang masuk nominasi

Daftar pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or 2022 memuat nama-nama dari berbagai negara. Prancis dan Portugal jadi negara yang mengirimkan paling banyak wakil, yaitu masing-masing empat pemain. Sebaliknya, ada pula beberapa negara top yang malah tidak diwakili satu pemain pun tahun ini.

Salah satunya adalah Spanyol. Seperti tahun 2019, Ballon d'Or 2022 dipastikan tak akan jadi milik pemain Spanyol karena tak ada satu pun yang masuk nominasi. Lima nama berikut ini adalah para pemain Spanyol terakhir yang berhasil masuk nominasi Ballon d'Or.

1. Sergio Ramos

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Masuk Nominasi Ballon d'OrSergio Ramos (realmadrid.com)

Pada tahun 2018, ada dua pemain Spanyol yang masuk nominasi Ballon d'Or. Keduanya merupakan pemain Real Madrid, karena Madrid sukses menjuarai Liga Champions 2017/2018. Sergio Ramos adalah salah satunya. Sayangnya, saat itu ia hanya menduduki peringkat ke-19 saat pemilihan.

Ramos sendiri adalah salah satu pemain Spanyol yang sering masuk nominasi Ballon d'Or. Ia lima kali masuk nominasi, semuanya saat membela Real Madrid. Peringkat terbaik yang ia raih adalah peringkat keenam pada 2017, karena berjasa membawa Los Blancos memenangi lima trofi sekaligus.

2. Isco

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Masuk Nominasi Ballon d'OrIsco (realmadrid.com)

Seperti Ramos, Isco juga masuk nominasi Ballon d'Or pada 2017 dan 2018. Pada 2017, pemain berposisi gelandang ini finis di peringkat ke-12 saat pemilihan. Isco tampil apik sepanjang musim 2016/2017, dengan torehan 11 gol dan 9 assists dalam 42 laga. Musim itu pun jadi musim tertajam Isco sepanjang kariernya.

Pada 2018, Isco kembali masuk nominasi Ballon d'Or. Namun, saat itu peringkatnya menurun ke peringkat 29.

Setelah itu, performa Isco bersama Real Madrid pun terus menurun dalam beberapa musim terakhir. Kini, ia sudah dilepas Real Madrid dan bergabung dengan Sevilla pada musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Pemenang Ballon d'Or yang Gagal Masuk Nominasi pada Tahun Berikutnya

3. Pedri

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Masuk Nominasi Ballon d'OrPedri terpilih sebagai Golden Boy 2021. (instagram.com/pedri)

Pada 2019, tak ada pemain Spanyol yang masuk nominasi Ballon d'Or. Pemain Spanyol baru masuk nominasi lagi pada 2021, tepatnya tiga pemain sekaligus. Salah satunya adalah Pedri, gelandang Barcelona yang saat itu baru berusia 19 tahun.

Dalam pemilihan Ballon d'Or, Pedri akhirnya hanya menempati peringkat ke-24 dengan perolehan 3 suara. Namun, ia sukses memenangi penghargaan lain yang juga diadakan France Football pada tahun tersebut, yaitu Kopa Trophy.

Kopa Trophy sendiri adalah penghargaan bagi pemain berusia di bawah 21 tahun terbaik. Pedri jadi pemenang Kopa Trophy 2021 setelah mengungguli Jude Bellingham dan Jamal Musiala. Ia pun jadi pemenang ketiga penghargaan tersebut, setelah Kylian Mbappe (2018) dan Matthijs de Ligt (2019).

4. Gerard Moreno

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Masuk Nominasi Ballon d'OrGerard Moreno (instagram.com/gerard_moreno)

Gerard Moreno juga berhasil masuk nominasi Ballon d'Or 2021. Itu adalah kali pertama bagi Moreno yang saat itu berusia 29 tahun. Moreno pantas masuk nominasi karena tampil tajam bersama Villarreal sepanjang 2020/2021 dengan torehan 30 gol dalam 33 penampilan di semua ajang.

Itu termasuk 7 gol dalam 12 penampilannya di Europa League 2020/2021 yang berujung gelar juara bagi Villarreal. Ia pun menjadi top skor serta terpilih jadi pemain terbaik ajang tersebut. Sayangnya, Moreno hanya duduk di peringkat ke-26 pemilihan Ballon d'Or 2021.

5. Cesar Azpilicueta

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Masuk Nominasi Ballon d'OrCesar Azpilicueta (instagram.com/cesarazpi)

Satu lagi pemain Spanyol yang masuk nominasi Ballon d'Or 2021 adalah Cesar Azpilicueta. Bek kanan Chelsea tersebut sukses mengapteni The Blues meraih gelar juara Liga Champions 2020/2021. Setelah itu, trofi Piala Super UEFA 2021 pun berhasil disabet Chelsea.

Sayangnya, peringkat Azpilicueta pada pemilihan Ballon d'Or 2021 justru lebih rendah dibanding Pedri dan Gerard Moreno. Ia tak mendapat satu suara pun hingga berakhir di peringkat 29.

 

Meski masih memiliki banyak pemain top, Spanyol tidak memiliki wakil di daftar nominasi Ballon d'Or 2022, sama seperti tahun 2019. Apakah tahun depan akan ada lagi pemain Spanyol yang masuk nominasi Ballon d'Or?

Baca Juga: 5 Bintang yang Paling Sering Masuk Nominasi Ballon d’Or, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya