Comscore Tracker

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC Milan

Berjaya sejak era 1960-an!

Pesepak bola asal Spanyol sudah melanglang buana ke berbagai liga di Eropa sejak dulu. Pemain Spanyol memang dikenal dengan kemampuan beradaptasi yang hebat. Mereka bisa sukses di berbagai negara, tak terkecuali di Italia.

Sepanjang sejarah, sudah banyak pemain asal Spanyol yang pernah bermain di Serie A Italia. Tak sekadar berkarier, beberapa dari mereka bahkan sukses membawa klubnya meraih gelar Scudetto. Inilah enam pemain Spanyol yang berhasil melakukannya.

1. Luis Suarez Miramontes

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC MilanLuis Suarez berseragam Inter Milan (inter.it)

Saat ini nama Luis Suarez lebih identik dengan striker asal Uruguay yang pernah membela Liverpool dan Barcelona. Namun, pada masa lalu ada pula pemain bernama Luis Suarez yang tak kalah sukses. Bernama asli Luis Suarez Miramontes, ia adalah gelandang asal Spanyol yang berkarier pada 1953–1973.

Suarez pernah membela lima klub selama menjadi pemain. Yang paling lama adalah Inter Milan, tepatnya pada 1961–1970. Suarez bahkan menjadi salah satu legenda Inter karena sukses membawa Nerrazzuri meraih 3 Scudetto, 2 Liga Champions, dan 2 Piala Interkontinental.

Selama membela Inter, Suarez mencatat 328 penampilan di semua ajang dan mencetak 54 gol. Di level timnas pun Suarez menikmati karier yang sukses. Ia merupakan bagian Timnas Spanyol yang menjuarai Piala Eropa 1964.

2. Luis del Sol

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC MilanLuis del Sol berseragam Juventus (juventus.com)

Pada era 1960-an, hanya ada segelintir pemain Spanyol yang bermain di Serie A selain Luis Suarez. Salah satunya adalah Luis del Sol. Del Sol adalah pemain Spanyol pertama yang membela Juventus.

Ia berseragam Bianconeri pada 1962–1970 dan berhasil mencatat 294 laga di semua ajang, dengan sumbangan 29 gol. Dua trofi berhasil diraih Del Sol bersama Juventus, yaitu Coppa Italia 1964/1965 dan Scudetto 1966/1967.

Selain Juve, pemain berposisi gelandang ini juga sempat membela AS Roma selama dua musim. Seperti Luis Suarez, Del Sol juga merupakan bagian skuad juara Timnas Spanyol di Piala Eropa 1964.

Baca Juga: Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas Spanyol

3. Fernando Llorente

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC MilanFernando Llorente mengangkat trofi Serie A 2014/2015. (instagram.com/llorente_fer)

Selain Luis Del Sol, ada dua lagi pemain Spanyol yang pernah meraih Scudetto bersama Juventus. Namun, mereka bermain di era yang jauh lebih modern.

Yang pertama adalah Fernando Llorente. Pemain berposisi striker ini meraih tiga Scudetto bersama Juve secara beruntung pada 2013/2014 hingga 2015/2016. Selain Scudetto, Llorente juga sukses meraih Coppa Italia dan Piala Super Italia.

Sayangnya, ia gagal membawa Juve menjuarai Liga Champions, meski sempat mencapai final pada 2014/2015. Saat ini, Llorente sudah berusia 37 tahun tetapi masih aktif membela Eibar yang bermain di divisi kedua Liga Spanyol.

4. Alvaro Morata

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC MilanAlvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Sementara, Alvaro Morata sukses meraih dua Scudetto bersama Juventus pada 2014/2015 dan 2015/2016. Setelah itu, Morata sempat meninggalkan Juventus dan membela Real Madrid, Chelsea, serta Atletico Madrid. Namun, ia kembali berseragam Juve pada 2020–2022 meski hanya sebagai pinjaman dari Atletico.

Sayangnya, periode kedua Morata berseragam Juve tak berbuah Scudetto. Selama membela Juventus, statistik Morata adalah 185 penampilan dengan 59 gol dan 39 assists.

Setelah ini, Morata bakal kembali ke Atletico Madrid. Namun, ia kabarnya juga diincar beberapa klub, salah satunya Arsenal.

5. Brahim Diaz

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC MilanBrahim Diaz (instagram.com/brahim)

Pada musim 2021/2022, klub yang berhasil meraih Scudetto adalah AC Milan. Kebetulan, ada dua pemain Spanyol dalam skuad juara Rossoneri. Salah satunya adalah Brahim Diaz. Meski hanya berstatus pinjaman dari Real Madrid, gelandang 22 tahun ini sukses tampil apik dan jadi salah satu kunci kesuksesan Milan.

Sepanjang 2021/2022, Diaz mencatat 40 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 4 gol dan 4 assists. Kontrak peminjaman Diaz sendiri masih berlangsung hingga Juni 2023. Artinya, musim depan ia masih bisa membantu Milan dalam mencoba mempertahankan gelar Serie A.

6. Samu Castillejo

6 Pemain Spanyol yang Pernah Raih Scudetto, Ada Duo AC MilanSamu Castillejo mengangkat trofi Serie A 2021/2022. (instagram.com/samucastillejo)

Satu lagi pemain Spanyol yang membawa AC Milan juara Serie A 2021/2022 adalah Samu Castillejo. Castillejo adalah winger yang sudah berseragam Milan sejak 2018. Ia merupakan pemain inti Milan dalam tiga musim pertama. Namun, jumlah penampilan Castillejo menurun drastis pada musim 2021/2022.

Pasalnya, Castillejo sempat beberapa kali dihantam cedera. Saat fit pun, Castillejo tak selalu jadi andalan. Alhasil, Castillejo hanya bermain 5 kali di Serie A 2021/2022 dengan sumbangan 2 assists. Meski jarang bermain, Castillejo tetap berkonstribusi dalam keberhasilan Milan juara.

 

Para pemain asal Spanyol bisa sukses di berbagai liga top Eropa, termasuk Liga Italia. Enam pemain di atas telah membuktikannya dengan membawa klubnya meraih Scudetto. Adakah pemain Spanyol lain yang bisa menyamai prestasi mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Turut Raih Juara Liga Champions 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya