5 Pemain Spanyol Terakhir yang Menjadi LaLiga Player of the Month

Ada dua pemain Real Betis

LaLiga Spanyol selalu menggelar pemilihan LaLiga Player of the Month sejak 2013. Penghargaan diberikan kepada pemain dengan performa terbaik di LaLiga pada tiap bulan. Sudah ada puluhan nama yang pernah jadi pemenang sejauh ini.

Uniknya, LaLiga Player of the Month lebih sering diberikan kepada pemain asing. Pemain Spanyol yang bermain di negeri sendiri kerap tersisih. Bahkan, dalam 3 tahun terakhir, hanya ada 5 pemain Spanyol yang menjadi LaLiga Player of the Month.

1. Ansu Fati (September 2020)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Menjadi LaLiga Player of the MonthAnsu Fati (fcbarcelona.com)

Gelar pemain terbaik LaLiga pada September 2020 jatuh kepada Ansu Fati. Padahal, ia hanya tampil sekali di LaLiga pada bulan tersebut. Namun, penampilannya memang luar biasa. Menghadapi Villarreal, Fati membuat 2 gol dan 1 assist yang membantu Barcelona menang 4-0.

Aksi Fati di laga tersebut istimewa karena saat itu ia belum genap berusia 18 tahun. Hingga kini, ia masih menjadi bintang muda Barcelona yang luar biasa. Ia sudah tampil 83 kali bagi Barca di semua ajang dengan menorehkan 24 gol.

2. Mikel Oyarzabal (Oktober 2020)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Menjadi LaLiga Player of the MonthMikel Oyarzabal (instagram.com/mikel10oyar)

Pemain Spanyol juga menjadi LaLiga Player of the Month pada bulan berikutnya (Oktober 2020). Ia adalah Mikel Oyarzabal, winger atau striker Real Sociedad. Oyarzabal saat itu tampil dalam 3 pertandingan LaLiga dengan mencetak 4 gol dan 2 assist.

Kerja keras Oyarzabal membuat Sociedad menyapu bersih ketiga partai itu dengan kemenangan. Sociedad sendiri menjadi satu-satunya klub yang pernah dibela Oyarzabal. Ia telah memperkuat Sociedad sejak 2015 dengan memainkan lebih dari 270 laga bersama mereka.

Baca Juga: 10 Pemain Asing Terbaik AS Roma Sepanjang Masa, Dominasi Pemain Brasil

3. Iago Aspas (Desember 2020)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Menjadi LaLiga Player of the MonthIago Aspas (instagram.com/i.aspas10)

Iago Aspas adalah pemain Spanyol yang paling sering menjadi LaLiga Player of the Month. Ia memenangi penghargaan tersebut empat kali. Aspas hanya kalah dari Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Karim Benzema.

Penghargaan teranyar Aspas didapat Desember 2020. Saat itu, ia membela Celta Vigo dalam 5 partai LaLiga dengan membuat 4 gol dan 4 assist. Sebelumnya, Aspas juga pernah menjadi LaLiga Player of the Month pada Oktober 2016, November 2017, dan April 2019.

4. Juanmi (Desember 2021)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Menjadi LaLiga Player of the MonthJuanmi (instagram.com/juanmi9395)

Setahun setelah Aspas, baru ada lagi pemain Spanyol yang memenangi LaLiga Player of the Month. Ia adalah Juanmi, winger Real Betis. Juanmi terpilih jadi pemain terbaik LaLiga Desember 2021.

Pada bulan tersebut, Juanmi tampil 3 kali di LaLiga dengan mencetak 3 gol. Salah satu golnya tercipta ke gawang Barcelona yang membawa Real Betis menang. Sepanjang 2021/2022, Juanmi mencetak total 20 gol di semua ajang. Ia membawa Betis menjuarai Copa del Rey.

5. Borja Iglesias (Agustus 2022)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Menjadi LaLiga Player of the MonthBorja Iglesias menjadi LaLiga Player of the Month Agustus 2022. (laliga.com)

Pemain Spanyol terbaru yang meraih penghargaan LaLiga Player of the Month juga merupakan penggawa Real Betis. Ia adalah Borja Iglesias, striker Betis berusia 30 tahun. Iglesias menjadi LaLiga Player of the Month untuk Agustus 2022, bulan pertama musim 2022/2023.

Iglesias mencetak 4 gol dalam 3 penampilan di LaLiga pada bulan tersebut. Musim ini, torehan gol Iglesias di LaLiga sudah mencapai 8 gol dalam 16 laga. Ia pun menjadi salah satu pemain Spanyol tertajam hingga pekan ke-18 LaLiga 2022/2023.

Meski bertajuk Liga Spanyol, para pemain Spanyol justru makin jarang jadi pemenang LaLiga Player of the Month. Akankah ada pemain Spanyol lagi yang menerima penghargaan tersebut?

Baca Juga: Daftar Pemain Muda Terbaik Piala Dunia Sejak 1958 hingga 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya