Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas Spanyol

Ada satu yang malah meraih trofi bersama negara lain

Spanyol senantiasa menghasilkan pemain sepak bola berkualitas sejak dulu. Banyak pemain Spanyol yang memiliki karier sukses di level klub. Sebagian juga mampu tampil hebat saat membela timnas, misalnya dengan mencetak banyak gol.

Namun, performa individual memang tak selalu berbanding lurus dengan trofi kolektif. Enam pemain Spanyol berikut ini sukses mencetak banyak gol bagi negaranya. Sayangnya, mereka tak pernah meraih trofi bersama timnas.

1. Raul Gonzalez (44 gol)

Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas SpanyolRaul Gonzalez (transfermarkt.com)

Raul Gonzalez adalah pemain Spanyol yang dijuluki sebagai Pangeran Madrid selama bermain. Raul memang sukses tampil cemerlang selama membela Real Madrid. Ia mencetak ratusan gol dan mempersembahkan belasan trofi bagi Los Blancos.

Ketajaman Raul pun menular ke tim nasional. Ia membela timnas pada 1996–2006 dan sukses mempersembahkan 44 gol. Catatan itu menjadikan Raul pemain tertajam kedua di Timnas Spanyol sepanjang masa.

Sayangnya, Raul tak pernah berhasil membawa Spanyol meraih trofi. Ia pernah tampil di
3 edisi Piala Dunia dan 2 edisi Piala Eropa, tetapi tak pernah juara. Ketika Timnas Spanyol juara Piala Eropa 2008, Raul sudah keburu pensiun dari timnas. Sayang sekali!

2. Fernando Hierro (29 gol)

Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas SpanyolFernando Hierro (transfermarkt.com)

Fernado Hierro juga dikenal sebagai legenda Real Madrid. Hierro sebenarnya berposisi bek atau gelandang bertahan semasa bermain. Namun, ia ternyata sanggup mencetak banyak gol. Tak hanya bersama Real Madrid, Hierro juga tajam bersama Timnas Spanyol dengan torehan 29 gol dalam 89 caps.

Dengan demikian, Hierro menempati urutan kelima daftar top scorer sepanjang masa Spanyol. Sayangnya, seperti Raul, Hierro juga tak pernah merasakan mengangkat trofi internasional. Ia membela timnas pada 1989–2002 dan prestasi terbaiknya adalah membawa Spanyol dua kali mencapai perempat final Piala Dunia.

3. Fernando Morientes (27 gol)

Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas SpanyolFernando Morientes (transfermarkt.com)

Pemain tertajam keenam sepanjang sejarah Timnas Spanyol sejauh ini adalah Fernando Morientes. Morientes adalah mantan striker yang pernah membela Real Madrid, Valencia, dan Liverpool. Morientes juga pernah berbaju timnas pada 1998–2007 dan ia menyumbang 27 gol hanya dalam 47 penampilan.

Penampilan terhebat Morientes bersama Timnas Spanyol adalah di Piala Dunia 2002. Ia tampil 5 kali dan mencetak total 3 gol dan 1 assist sepanjang turnamen. Sayangnya langkah Spanyol saat itu terhenti di perempat final saja.

Baca Juga: Belum 20 Tahun, 5 Pemain Ini Bakal Jadi Generasi Emas Spanyol

4. Alvaro Morata (26 gol)

Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas SpanyolAlvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Alvaro Morata adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif membela Timnas Spanyol. Morata yang kini berusia 29 tahun sudah dipanggil timnas sejak 2014. Ia adalah pemain aktif tertajam di Timnas Spanyol saat ini dengan torehan 26 gol dalam 56 penampilan.

Sejauh ini Morata belum berhasil meraih trofi bersama timnas. Namun, ia masih punya peluang melakukannya karena masih aktif bermain. Performa terbaik Morata di turnamen mayor adalah pada Piala Eropa 2020 saat ia mencetak tiga gol yang turut membawa Spanyol mencapai semifinal.

5. Emilio Butragueno (26 gol)

Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas SpanyolEmilio Butragueno (transfermarkt.com)

Berikutnya, ada Emilio Butragueno, striker yang berkarier sebagai pemain pada 1982–1998. Sebagian besar karier Butragueno dihabiskan membela Real Madrid dan ia pernah meraih 14 trofi mayor bareng Los Blancos. Selain itu, Butragueno pernah menempati posisi ketiga Ballon d'Or pada 1896 dan 1987.

Bersama Timnas Spanyol, Butragueno juga tampil tajam. Ia menyumbang 26 gol dalam 70 caps di semua ajang. Butragueno sebenarnya hampir meraih trofi bersama timnas setelah Spanyol sukses melangkah ke final Piala Eropa 1984. Sayangnya, mereka gagal juara karena kalah dari Prancis.

6. Alfredo Di Stefano (23 gol)

Meski Tajam, 6 Pemain Ini Tak Pernah Raih Trofi bareng Timnas SpanyolAlfredo Di Stefano (sportmob.com)

Terakhir ada Alfredo Di Stefano, striker legendaris Real Madrid yang bermain pada era 1940-an hingga 1960-an. Di Stefano adalah salah satu pemain terbaik Real Madrid sepanjang masa. Ia meraih belasan trofi bersama Real Madrid, termasuk 8 trofi LaLiga dan 5 Liga Champions.

Di Stefano bahkan pernah dua kali meraih Ballon d'Or, yaitu pada 1957 dan 1959. Deretan prestasi itu masih ditambah catatan golnya yang apik bersama Timnas Spanyol. Ia mencetak 23 gol hanya dalam 31 caps. Sayangnya, Di Stefano tak pernah meraih trofi bersama Spanyol.

Uniknya, Di Stefano justru pernah meraih trofi bersama Timnas Argentina, yaitu Copa America 1947. Di Stefano memang lahir di Argentina dan ia sempat mencatat enam caps bersama Timnas Argentina. Namun, ia ganti membela Timnas Spanyol pada 1957–1962.

 

Enam pemain di atas sukses mencetak banyak gol bagi Timnas Spanyol, tetapi gagal meraih trofi. Salah satunya adalah Alvaro Morata yang kini masih aktif bermain. Bisakah Morata meraih trofi bersama Spanyol sebelum pensiun dari timnas?

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya