Cetak Banyak Gol, 5 Pemain Ini Tak Pernah Jadi Top Skor Serie A Italia

Mereka tajam, tetapi tak pernah jadi yang tertajam

Meraih gelar top skor alias pencetak gol terbanyak tentu adalah pencapain yang membanggakan. Apalagi, menjadi top skor liga top Eropa, misalnya Serie A Italia. Sejumlah pemain bernama besar pernah merebut gelar top skor Serie A, misalnya Andriy Shevchenko, Zlatan Ibrahimovic, hingga Cristiano Ronaldo.

Namun, ada pula beberapa pemain hebat Serie A yang tak pernah jadi top skor. Padahal, mereka sukses mencetak banyak gol selama bermain di Serie A. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Roberto Baggio

Cetak Banyak Gol, 5 Pemain Ini Tak Pernah Jadi Top Skor Serie A ItaliaRoberto Baggio (juventus.com)

Pertama, ada Roberto Baggio, striker legendaris Italia yang memiliki penampilan khas berupa rambut kuncir kuda. Baggio bermain di Serie A Italia hampir sepanjang kariernya pada 1985–2004. Ia membela total enam klub di Serie A, termasuk tiga klub terbesar, yaitu Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Secara total, Baggio membuat 205 gol di Serie A dalam 452 penampilan. Ia juga berhasil meraih Scudetto bersama Juventus dan Milan. Sayangnya, tak sekali pun Baggio menjadi top skor Serie A. Torehan terbaiknya adalah 22 gol pada 1997/1998, tetapi masih kalah dari jumlah gol Oliver Bierhoff dan Ronaldo.

2. Vincenzo Montella

Cetak Banyak Gol, 5 Pemain Ini Tak Pernah Jadi Top Skor Serie A ItaliaVincenzo Montella (asroma.com)

Vincenzo Montella juga adalah mantan stiker Italia yang ternama. Selain ketajamannya, Montella juga dikenal dengan selebrasi khasnya yang seperti menirukan pesawat terbang. Montella menghabiskan hampir seluruh kariernya di Serie A Italia. Ia paling tajam saat membela Sampdoria dan AS Roma.

Torehan terbaik Montella dalam semusim di Serie A adalah 22 gol pada 1996/1997 saat membela Sampdoria. Ia juga sempat membuat 21 gol pada musim 2004/2005 bersama Roma. Sayangnya, Montella gagal menjadi top skor Serie A pada kedua musim tersebut ataupun musim-musim lain sepanjang kariernya.

Baca Juga: 8 Foto Ini Buktiin Jika Vicenzo Montella adalah Pelatih yang Fashionable

3. Alberto Gilardino

Cetak Banyak Gol, 5 Pemain Ini Tak Pernah Jadi Top Skor Serie A ItaliaAlberto Gilardino (acffiorentina.com)

Ada pula Alberto Gilardino, eks striker tajam yang juga berasal dari Italia. Gilardino pun menghabiskan hampir seluruh kariernya di Serie A Italia. Ia pernah membela banyak klub, termasuk Parma, AC Milan, Fiorentina, dan Genoa.

Hebatnya, Gilardino hampir selalu tampil tajam meski sering gonta-ganti klub. Secara keseluruhan, ia membuat 188 gol dalam 514 penampilan di Serie A. Sayangnya, Gilardino tak pernah menjadi top skor Serie A meski pernah dua kali mencetak 23 gol dalam semusim saat membela Parma.

4. Diego Milito

Cetak Banyak Gol, 5 Pemain Ini Tak Pernah Jadi Top Skor Serie A ItaliaDiego Milito (inter.it)

Tak hanya para pemain lokal, penyerang asing pun ada yang tak pernah menjadi top skor meski tampil tajam di Serie A. Salah satunya adalah Diego Milito. Milito adalah striker asal Argentina yang pernah mencetak banyak gol di Serie A bersama Genoa dan Inter Milan.

Padahal, Milito pernah dua kali membuat 24 gol dalam semusim di Serie A, masing-masing saat membela Genoa dan Inter Milan. Sialnya, dalam kedua musim tersebut koleksinya selalu kalah dari Zlatan Ibrahimovic. Meski demikian, karier Milito di Italia tetap dihiasi enam trofi yang diraih bersama Inter.

5. Dries Mertens

Cetak Banyak Gol, 5 Pemain Ini Tak Pernah Jadi Top Skor Serie A ItaliaDries Mertens (instagram.com/driesmertens)

Satu lagi penyerang tajam yang tak pernah merebut gelar Capocannoniere alias top skor Serie A adalah Dries Mertens. Mertens merupakan striker asal Belgia yang membela Napoli pada 2013–2022. Ia mencetak total 148 gol di semua ajang yang membuatnya menjadi pemain tertajam sepanjang sejarah Napoli.

Itu termasuk 113 gol yang ia buat di Serie A, tetapi tak pernah berbuah gelar pemain tertajam. Bahkan, saat mencetak 28 gol pada musim 2016/2017 ia tetap gagal jadi top skor karena kalah dari Edin Dzeko. Kini, Mertens telah meninggalkan Napoli dan melanjutkan karier bersama Galatasaray di Liga Turki.

 

Lima pemain di atas tak pernah berhasil merebut gelar top skor Serie A Italia. Namun, ketajaman mereka tetap tak perlu diragukan. Mereka pantas dikenal sebagai barisan penyerang legendaris yang pernah menghiasi Serie A dengan gol-golnya.

Baca Juga: Dries Mertens Berpeluang Merapat ke Bali United Tahun Depan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya