5 Pemain Tanpa Trofi Premier League Bareng Chelsea meski Lama Mengabdi

Mereka teangah dipinjamkan ke klub lain kala Chelsea juara

Chelsea adalah salah satu klub tersukses di Liga Inggris sejak era Premier League. The Blues menjuarai Premier League sebanyak lima kali, hanya kalah dari koleksi Manchester United dan Manchester City. Dua kesuksesan teranyar Chelsea di Premier League juga terjadi dalam sedekade terakhir.

Meski demikian, tak semua pemain yang pernah membela Chelsea sempat mengangkat trofi Premier League. Bahkan, fakta pilu ini juga dirasakan sederet pemain yang cukup lama berseragam Chelsea.

Lima pemain berikut ini membela Chelsea selama lima tahun atau lebih, tetapi tak pernah sempat merasakan trofi Premier League. Siapa saja mereka?

1. Andreas Christensen

5 Pemain Tanpa Trofi Premier League Bareng Chelsea meski Lama MengabdiAndreas Christensen (instagram.com/andreaschristensen3)

Andreas Christensen baru saja hijrah dari Chelsea ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022. Bek asal Denmark itu pun mengakhiri pengabdiannya kepada Chelsea yang dimulai sejak 2014. Namun, selama delapan tahun berseragam The Blues, Christensen ternyata tak pernah mengangkat sekalipun mengangkat trofi Premier League.

Chelsea sebenarnya sukses menjuarai Premier League 2014/2015. Sayangnya, kala itu Christensen hanya bermain sekali di liga sehingga tak layak ikut mendapat medali. Pada musim 2016/2017 pun The Blues jadi juara. Namun, lagi-lagi Christensen tak mengangkat trofi karena sedang dipinjamkan ke Borussia Monchengladbach.

Meski demikian, periode Christensen membela Chelsea tetap dihiasi lima trofi bergengsi. Satu yang paling bergengsi tentu trofi Liga Champions 2020/2021. Statistik Christensen selama membela Chelsea sendiri mencakup 161 penampilan di semua ajang dengan torehan 2 gol dan 2 assists.

2. Nathan Ake

5 Pemain Tanpa Trofi Premier League Bareng Chelsea meski Lama MengabdiNathan Ake (chelseafc.com)

Nathan Ake adalah bek asal Belanda jebolan akademi Chelsea. Ake pun sempat membela Chelsea selama lima tahun medio 2012–2017. Namun, ia minim kesempatan bermain bersama The Blues sehingga tidak turut meraih trofi Premier League 2014/2015 dan 2016/2017.

Pada musim 2014/2015, Ake hanya bermain sekali di Premier League. Sedangkan pada 2016/2017, ia hanya tampil dua kali saja.

Ake pun baru bisa mengangkat trofi Premier League ketika sudah pindah ke Manchester City pada 2020. Ia turut membantu City juara Premier League dalam dua musim terakhir.

Baca Juga: 5 Fakta Andreas Christensen, Bek Chelsea yang Direkrut Barcelona

3. Tammy Abraham

5 Pemain Tanpa Trofi Premier League Bareng Chelsea meski Lama MengabdiTammy Abraham (instagram.com/tammyabraham)

Tammy Abraham juga merupakan pemain lulusan akademi Chelsea. Striker Inggris ini mulai debut bersama tim senior The Blues pada musim 2015/2016. Namun, ia langsung dipinjamkan ke klub lain pada musim berikutnya sehingga tidak turut mengangkat trofi Premier League 2016/2017.

Tammy pun tak pernah meraih trofi Premier League bersama Chelsea hingga ia hengkang ke AS Roma pada 2021. Beruntung, ia sempat memenangi Liga Champions bareng The Blues sebelum pergi. Bersama Roma, Tammy pun sudah berhasil memenangi satu trofi, yaitu Europa Conference League 2021/2022.

4. Baba Rahman

5 Pemain Tanpa Trofi Premier League Bareng Chelsea meski Lama MengabdiBaba Rahman (instagram.com/baba_rahman_)

Ada pula dua pemain di daftar ini yang saat ini masih berstatus pemain Chelsea. Salah satunya Baba Rahman, bek kiri asal Ghana yang membela Chelsea sejak 2015. Musim pertamanya bareng The Blues langsung dihiasi 23 penampilan di semua ajang. Sayangnya, Chelsea tak meraih trofi apa pun saat itu.

Setelah itu, jumlah penampilan Rahman bersama Chelsea tak jua bertambah. Pasalnya, ia selalu dipinjamkan ke klub-klub lain. Saat ini, Rahman memang sudah kembali bergabung dengan skuad Chelsea di momen pramusim 2022/2023. Namun, bukan mustahil ia akan dipinjamkan lagi jelang musim kompetisi 2022/2023 dimulai.

5. Kenedy

5 Pemain Tanpa Trofi Premier League Bareng Chelsea meski Lama MengabdiKenedy (instagram.com/kenedy)

Kenedy juga mulai bergabung dengan Chelsea pada 2015. Winger asal Brasil ini pun tercatat sebagai pemain The Blues hingga sekarang.

Sayangnya, nasib Kenedy tak jauh berbeda dengan Baba Rahman. Ia baru mencatat 30 penampilan saja bersama Chelsea di semua ajang karena lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain.

Kenedy juga belum pernah mengangkat trofi Premier League bersama Chelsea. Pada 2016/2017, ia hanya sempat bermain sekali di liga. Saat ini, Kenedy sedang mengikuti tur pramusim 2022/2023 bersama Chelsea. Namun, tak ada jaminan bahwa ia tetap jadi bagian skuad Chelsea ketika musim baru mulai bergulir.

Jika dihitung, kelima pemain di atas punya masa bakti yang cukup lama selama berseragam Chelsea. Beruntung bagi Nathan Ake karena ia memilih hengkang ke Manchester City yang merajai Premier League beberapa musim terakhir sehingga koleksi trofi kasta tertinggi sepak bola Inggris itu bisa terpajang di kabinet kariernya. 

Baca Juga: 5 Pemain Inggris di Skuad Chelsea Musim 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya