Selain Messi dan Ronaldo, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor LaLiga

Ada yang berhasil menyela dominasi keduanya

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua pesepak bola terbaik selama lebih dari sedekade terakhir. Kedua pemain top itu pernah bermain di liga yang sama, yaitu LaLiga Spanyol. Karena kualitasnya, mereka pun sukses mendominasi LaLiga. Keduanya sempat silih berganti jadi pencetak gol terbanyak dalam semusim.

Ronaldo sudah meninggalkan LaLiga sejak 2018, sedangkan Messi baru saja hijrah pada bursa transfer kemarin. Dengan demikian, top skor LaLiga musim ini dipastikan bukan salah satu dari keduanya.

Menarik ditunggu siapa yang akhirnya akan mendapatkan predikat tersebut. Namun, siapa pun yang akan merebut gelar itu nantinya yang jelas ia akan menyamai capaian 5 pemain terakhir selain Messi dan Ronaldo yang jadi top skor LaLiga. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Diego Forlan

Selain Messi dan Ronaldo, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor LaLigaDiego Forlan (skyports.com)

Pertama ada Diego Forlan, striker asal Uruguay yang menjadi top skor LaLiga saat membela Villarreal di musim 2004/05. Ia mencetak 25 gol ketika itu, setara dengan koleksi Samuel Eto'o. Namun, Eto'o mencetak 4 gol di antaranya dari titik penalti, sedangkan Forlan hanya membuat 1 gol dari titik putih di musim tersebut.

Tak hanya sekali, Forlan kembali menjadi top skor LaLiga di musim 2008/09. Saat itu ia sudah pindah dari Villarreal dan bergabung dengan Atletico Madrid. Sayangnya, meski berhasil jadi top skor bersama dua klub berbeda, Forlan tak pernah merasakan mengangkat trofi LaLiga.

2. Samuel Eto'o

Selain Messi dan Ronaldo, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor LaLigaSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Tak meraih trofi El Pichichi alias top skor LaLiga musim 2004/05, Samuel Eto'o akhirnya memenanginya di musim berikutnya. Striker asal Kamerun ini jadi yang tertajam di musim tersebut dengan catatan 26 gol. Ia unggul tipis di atas David Villa yang mencetak 25 gol bagi Valencia.

Saat itu Eto'o sudah main bareng Lionel Messi di Barcelona, tapi Messi baru berusia 18 tahun dan belum jadi pemain inti Blaugrana. Eto'o sendiri lebih beruntung dari Forlan karena selain jadi top skor, ia juga mengangkat trofi LaLiga di musim tersebut. Plus, ia juga turut menjuarai LaLiga di musim 2004/05 dan 2008/09.

Baca Juga: Kisah Samuel Eto'o, Ditemukan Real Madrid namun Melegenda di Barcelona

3. Ruud van Nistelrooy

Selain Messi dan Ronaldo, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor LaLigaRuud van Nistelrooy (therealchamps.com)

Pada musim berikutnya, musim 2006/07, giliran Real Madrid yang berhasil merengkuh gelar LaLiga dan pemain mereka, Ruud van Nistelrooy, keluar sebagai top skor. Hebatnya, itu adalah musim pertama Nistelrooy main di LaLiga. Ia baru saja didatangkan dari Manchester United, tapi langsung tampil tajam dan mencetak 25 gol.

Striker asal Belanda ini juga tetap tajam di musim berikutnya dan lagi-lagi sukses membawa Madrid memenangi liga. Sayangnya, dua musim terakhirnya di Madrid terganggu cedera menahun. Setelah itu ia pindah dari Madrid dan hanya sempat bermain dua musim lagi bersama Hamburg SV dan Malaga sebelum pensiun di tahun 2012.

4. Dani Guiza

Selain Messi dan Ronaldo, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor LaLigaDani Guiza (diariodemallorca.es)

Dani Guiza adalah pemain Spanyol terakhir yang sukses menjadi top skor di LaLiga hingga saat ini. Nama Guiza memang tak terlalu populer karena ia hanya pernah membela klub-klub semenjana Spanyol, seperti Real Mallorca, Getafe, dan Cadiz. Namun, di musim 2007/08, Guiza menunjukkan sinarnya dengan merebut trofi Pichichi.

Ia sukses mencetak 27 gol bersama Mallorca di musim tersebut sehingga unggul dari nama-nama top macam Luiz Fabiano, Sergio Aguero, serta Raul Gonzalez. Guiza pun masuk ke dalam skuad Timnas Spanyol yang menjuarai Piala Eropa 2008. Sayangnya, ketajaman Guiza kemudian menurun di musim-musim selanjutnya sehingga namanya tak terdengar lagi.

5. Luis Suarez

Selain Messi dan Ronaldo, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor LaLigaLuis Suarez (as.com)

Inilah satu-satunya pemain yang sanggup merebut gelar top skor LaLiga saat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sedang berkarier di Spanyol. Luis Suarez menggila di musim 2015/16 dengan mencetak 40 gol sehingga unggul dari Ronaldo yang membuat 35 gol serta Messi yang mengoleksi 26 gol.

Setelah pindah ke Atletico Madrid pun ketajaman Suarez masih terjaga. Sejauh ini ia sudah mencetak total 169 gol di LaLiga bersama Barca dan Atletico. Kini setelah Ronaldo dan Messi tak lagi bermain di Spanyol, Suarez pun punya peluang merebut trofi Pichichi keduanya musim ini.

 

Itulah 5 pemain terakhir selain Messi dan Ronaldo yang sukses menjadi top skor LaLiga Spanyol. Musim ini, siapa yang akan merebut gelar top skor untuk pertama kalinya setelah Messi dan Ronaldo tak lagi bermain di LaLiga?

Baca Juga: 6 Raksasa Premier League Monitor Penerus Luis Suarez dan Cavani

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya