5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!

Bisakah bersinar lagi di Piala Dunia 2022?

Piala Dunia 2022 akan digelar tidak lama lagi. Salah satu negara yang pantas jadi unggulan juara adalah Prancis, sang juara bertahan. Empat tahun lalu, Prancis merajai Piala Dunia di Rusia berkat deretan pemain hebat yang mereka miliki.

Dari 23 pemain yang masuk skuad Timnas Prancis saat itu, lima nama berikut pantas disebut sebagai yang terbaik. Kontribusi mereka sangat menonjol dalam keberhasilan Les Blues meraih trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya sepanjang sejarah.

1. Kylian Mbappe

5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!Kylian Mbappe menjadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018. (twitter.com/FrenchTeam)

Siapa sangka bahwa pemain Prancis yang paling menonjol di Piala Dunia adalah seorang remaja. Kylian Mbappe baru berusia 19 tahun di Piala Dunia 2018 dan belum pernah tampil di turnamen mayor bersama Prancis sebelumnya. Ia bahkan baru debut bersama timnas pada Maret 2017.

Namun, pada akhirnya Prancis jadi juara Piala Dunia 2018 berkat kebintangan Mbappe. Ia tampil tujuh kali di sepanjang turnamen dan mencetak 4 gol serta 1 assist. Laga perempat final melawan Argentina khususnya jadi panggung Mbappe dengan torehan 2 gol dan 1 assist.

Salah satu gol Mbappe bahkan tercipta di partai final melawan Kroasia. Ia pun menjadi pemain remaja kedua yang membuat gol di final Piala Dunia setelah Pele pada 1958. Karena capaian hebatnya, Mbappe pun dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018.

2. Antoine Griezmann

5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!Antoine Griezmann (twitter.com/FrenchTeam)

Sejajar dengan Mbappe, pemain yang menjadi top skor Prancis di Piala Dunia 2018 adalah Antoine Griezmann. Griezmann juga membuat 4 gol dalam 7 penampilan sepanjang turnamen, plus torehan 3 assists. Sebanyak 3 gol dan 3 assists Griezmann bahkan terjadi di babak knockout.

Penampilan apik Griezmann saat itu seolah meneruskan performanya di Piala Eropa 2016. Saat itu Griezmann juga tampil tajam dan membawa Prancis ke final meski gagal juara. Sejauh ini catatan Griezmann bersama Timnas Prancis pun cukup memukau, yaitu 110 caps dengan 42 gol dan 32 assists.

Baca Juga: 5 Klub Favorit Antoine Griezmann untuk Mencetak Gol, Ada Real Madrid

3. Paul Pogba

5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!Paul Pogba (skysports.com)

Para gelandang tentu juga berperan penting dalam keberhasilan Prancis juara Piala Dunia 2018. Paul Pogba adalah salah satu yang paling menonjol. Gelandang yang saat itu membela Manchester United ini sukses menjalankan perannya di lini tengah, baik dalam menyerang maupun bertahan.

Selain itu, Pogba juga sempat membuat satu gol indah di partai final melawan Kroasia. Pogba sebenarnya sering dikritik sebelum turnamen karena gagal tampil maksimal bersama Manchester United. Namun, Pogba membuktikan bahwa jika diberi peran yang tepat, ia bisa tampil luar biasa.

4. N'Golo Kante

5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!N'Golo Kante berpose dengan trofi Piala Dunia. (instagram.com/nglkante)

Salah satu faktor yang membuat Pogba bisa meledak di Piala Dunia 2018 adalah rekan duetnya di lini tengah, yaitu N'Golo Kante. Kante bahkan seolah bukan pemain tengah karena ia menjelajah seluruh jengkal lapangan tanpa lelah. Pemain lawan tak bisa santai menguasai bola karena Kante selalu mengancam.

Alhasil, Pogba pun bisa menjalankan perannya sebagai pembagi bola dengan nyaman. Uniknya, meski berperan krusial, Kante sempat ragu berpose dengan trofi Piala Dunia karena sifatnya yang pemalu. Namun, pada akhirnya Kante mau memegang trofi paling bergengsi tersebut setelah didesak rekan-rekannya.

5. Raphae Varane

5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!Raphael Varane merayakan gol ke gawang Uruguay di perempat final Piala Dunia 2018. (twitter.com/FrenchTeam)

Prancis mencatat 4 clean sheets dalam 7 pertandingan di Piala Dunia 2018. Para pemain belakang Les Blues pantas dipuji atas keberhasilan tersebut. Salah satu yang paling menonjol adalah Raphael Varane. Varane tampil penuh dalam seluruh laga Prancis, bahkan sempat menjadi kapten saat melawan Denmark.

Tak hanya solid bertahan, Varane juga sempat membuat gol ke gawang Uruguay di babak perempat final. Penampilan apik Varane akhirnya membuat dirinya masuk tim terbaik Piala Dunia 2018. Tahun 2018 sendiri jadi tahun yang luar biasa bagi Varane karena ia juga memenangi Liga Champions 2017/2018 bersama Real Madrid.

 

Lima pemain di atas saat ini masih aktif dan masih sering dipanggil membela Timnas Prancis. Dengan demikian, ada kemungkinan mereka bakal kembali berlaga di Piala Dunia 2022. Jika nanti tampil, bisakah mereka membawa Prancis mempertahankan gelar juara dunia?

Baca Juga: Keyakinan Raphael Varane Akan Hadirnya Casemiro di MU

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya