5 Pemain yang Terlama Membela Juventus di Era Modern, Ada Buffon

Hanya satu pemain yang masih membela Juve sampai sekarang

Juventus adalah klub tersukses di Serie A Italia. Soal koleksi trofi, mereka tak tertandingi oleh klub-klub Italia lainnya. Salah satu kunci kesuksesan Juve dari musim ke musim adalah para pemain top yang membela klub berjulukan Si Nyonya Tua ini.

Selain berkualitas, cukup banyak pemain Juventus yang punya loyalitas tinggi sehingga setia berseragam Juve hingga bertahun-tahun. Di era modern alias terhitung sejak 1990-an, ada 5 nama pemain yang tercatat paling lama membela Juventus. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

5. Claudio Marchisio (13 musim)

5 Pemain yang Terlama Membela Juventus di Era Modern, Ada BuffonClaudio Marchisio (juvefc.com)

Dari urutan kelima, ada Claudio Marchisio, gelandang asal Italia yang merupakan produk asli akademi Juventus. Marchisio masuk ke tim senior pada 2005 dan ia terus membela Juve hingga akhirnya hengkang ke Zenit Saint Petersburg pada 2018. Dengan demikian, Marchisio menghabiskan 13 musim kariernya membela Juventus.

Selama berseragam Juve, Marchisio bermain 389 kali di semua ajang dan mencetak 37 gol serta 40 assist. Ia juga turut membawa Juve meraih 14 trofi, termasuk 7 Scudetto dan 4 Coppa Italia. Marchisio juga tetap setia membela Juve kala klubnya itu harus bermain Serie B pada musim 2006/07 gara-gara kasus Calciopoli.

4. Antonio Conte (13 musim)

5 Pemain yang Terlama Membela Juventus di Era Modern, Ada BuffonAntonio Conte (playmakerstats.com)

Antonio Conte juga membela Juventus selama 13 musim. Conte awalnya memulai karier dengan membela Lecce selama 6 musim. Lalu pada 1991 ia pindah ke Juve dan terus membela Bianconeri hingga pensiun pada 2004. Berposisi gelandang, Conte mencatat total 420 pertandingan bagi Juve di semua ajang dan mencetak 44 gol serta 5 assist.

Conte juga turut membawa Juve meraih 14 trofi, termasuk Liga Champions 1995/96 alias trofi Liga Champions terakhir mereka hingga kini. Enam trofi di antaranya diraih saat dirinya menjabat sebagai kapten Juve dari 1996 hingga 2001. Setelah pensiun dan menjadi pelatih, Conte juga pernah menukangi Juve selama 3 musim dan meraih 5 trofi.

Baca Juga: Bos Inter Milan Ungkap Alasan Pecat Conte

3. Giorgio Chiellini (16 musim sejauh ini)

5 Pemain yang Terlama Membela Juventus di Era Modern, Ada BuffonGiorgio Chiellini (beinsports.com)

Satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif membela Juventus. Giorgio Chiellini membela Juventus sejak 2005 sehingga hingga akhir musim 2020/21, ia sudah 16 musim mengabdi kepada Juve. Sejauh ini, bek 36 tahun itu sudah memainkan 535 laga bersama Juve di semua ajang.

Dengan demikian, Chiellini menjadi pemain dengan penampilan terbanyak keempat Juve sepanjang masa, sekaligus pemain aktif Juve yang paling sering tampil. Chiellini juga sudah mempersembahkan 19 trofi, termasuk 7 Scudetto dan 5 Coppa Italia. Saat ini, Chiellini adalah kapten Juve, jabatan yang sudah ia emban sejak 2018.

2. Gianluigi Buffon (19 musim)

5 Pemain yang Terlama Membela Juventus di Era Modern, Ada BuffonGianluigi Buffon (marca.com)

Posisi kedua ditempati Gianluigi Buffon yang pernah membela Juventus selama 19 musim. Kiper 43 tahun ini mengawali kariernya pada 1995 bersama Parma. Namun, pada 2001, Buffon dibeli Juventus dan ia dengan setia membela Juve selama 17 musim alias hingga 2018. Jabatan kapten pun sempat ia emban selama 6 musim sejak 2012 hingga 2018.

Setelah itu Buffon sempat meninggalkan Juve dan bergabung dengan Paris Saint-Germain selama semusim. Namun, akhirnya Buffon kembali dan membela Juve selama dua musim lagi. Kini Buffon hengkang lagi setelah kontraknya habis dan musim depan ia akan bermain bersama klub pertamanya, yaitu Parma.

Selama 19 musim membela Juventus, Buffon mencatat total 685 penampilan di semua ajang sehingga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak kedua bagi Juve. Jumlah trofi yang ia raih bersama Juve pun luar biasa, yaitu 21 trofi, termasuk 10 Scudetto. Sayangnya, ada satu trofi yang tak pernah berhasil ia dapatkan, yaitu trofi Liga Champions.

1. Alessandro Del Piero (19 musim)

5 Pemain yang Terlama Membela Juventus di Era Modern, Ada BuffonAlessandro Del Piero (juventus.com)

Inilah pemain yang pantas disebut paling setia membela Juventus. Alessandro Del Piero mengabdi kepada Juve selama 19 musim, sama dengan Buffon. Namun, Del Piero mencatat jumlah penampilan yang lebih banyak, yaitu 705 laga di semua ajang. Ia pun tercatat sebagai pemain Juve dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang masa.

Selain itu, Del Piero juga menjadi top skor Juventus sepanjang masa dengan total 290 gol di semua ajang. Del Piero juga adalah pemain yang paling lama menjabat sebagai kapten Juventus, yaitu selama 13 tahun sejak 2001 hingga 2012.

Del Piero meraih total 15 trofi selama membela Juventus. Meski jumlah itu masih kalah dari raihan Buffon, namun koleksi trofi Del Piero lebih lengkap. Selain meraih 6 Scudetto, Del Piero juga memenangi 1 trofi Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Interkontinental. Benar-benar legenda Juventus sejati!

 

Itulah 5 pemain di era modern yang paling lama membela Juventus. Kalau kamu adalah fans Juve, siapa yang paling kamu favoritkan di antara mereka?

Baca Juga: Isunya Cabut, Ronaldo Malah Minta Perpanjangan Kontrak di Juventus

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya