6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada Henderson

Ada yang menghabiskan seluruh kariernya membela Liverpool

Liverpool adalah salah satu klub terbesar di Inggris, bahkan di dunia. Soal prestasi, The Reds tak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan kualitas pemain. Sejak dulu Liverpool senantiasa dibela pemain-pemain top dan banyak di antaranya yang cukup lama membela Liverpool sehingga pantas mendapat status legenda.

Kalau kamu fans Liverpool, kamu pasti kenal pemain-pemain legendaris Liverpool di masa lampau seperti Ian Rush, Kenny Dalglish, hingga kiper Bruce Grobbelaar. Namun, bagaimana dengan di era modern? Dihitung sejak era 1990-an, inilah 6 pemain yang paling lama mengabdi kepada Liverpool.

6. Sami Hyypia (10 musim)

6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada HendersonSami Hyypia (liverpoolfc.com)

Sami Hyypia adalah salah satu pesepak bola asal Finlandia tersukses sepanjang masa. Ia pernah 10 kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Finlandia dan 9 di antaranya saat membela Liverpool. Hyypia membela Liverpool selama 10 musim sejak 1999 hingga 2009.

Bek jangkung ini menjadi bagian penting skuad The Reds selama periode tersebut. Ia dipercaya membela Liverpool sebanyak 464 kali di semua ajang dan menyumbang 35 gol serta 11 assist. Hyypia juga sempat menjadi kapten Liverpool selama dua tahun sejak 2001 hingga 2003. Selama membela Liverpool, Hyypia meraih 13 trofi, termasuk 1 Liga Champions dan 2 Piala FA.

5. Lucas Leiva (10 musim)

6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada HendersonLucas Leiva (liverpoolecho.co.uk)

Lucas Leiva adalah gelandang asal Brasil yang saat ini bermain untuk Lazio di Serie A. Nama Lucas Leiva memang kalah populer dibanding gelandang lain yang pernah bermain untuk Liverpool. Namun, sebenarnya ia punya loyalitas tinggi untuk The Reds. Terbukti dari 10 musim yang ia habiskan untuk klub Merseyside merah itu sejak 2007 hingga 2017.

Selama periode tersebut, Lucas bermain 346 kali di semua ajang dan mencetak 7 gol serta 21 assist. Namun, sayangnya ia hanya meraih satu trofi bersama The Reds, yaitu Piala Liga 2011/2012.

4. Jordan Henderson (10 musim)

6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada HendersonJordan Henderson (theanfieldwrap.com)

Jordan Henderson adalah satu-satunya nama di daftar ini yang masih bermain untuk Liverpool. Henderson membela The Reds sejak 2011 dan musim 2020/2021 adalah musim ke-10 baginya berseragam Liverpool. Karena masih memiliki kontrak hingga 2023, kemungkinan besar angka itu akan terus bertambah.

Hingga akhir musim 2020/2021, Henderson sudah bermain total 392 kali bagi Liverpool di semua ajang dan mencetak 30 gol serta 51 assist. Henderson juga sudah meraih 5 trofi bersama Liverpool dan 4 di antaranya ia raih sejak menjabat sebagai kapten pada 2015.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Ini Mempunyai Nama Henderson, Siapa Favoritmu?

3. Jamie Redknapp (11 musim) 

6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada HendersonJamie Redknapp (liverpoolfc.com)

Berikutnya ada Jamie Redknapp, gelandang yang menghabiskan 11 musim bersama Liverpool sejak 1991 hingga 2002. Pemain yang merupakan sepupu Frank Lampard ini bermain 308 kali di semua ajang bagi Liverpool dengan sumbangan 42 gol dan 27 assist.

Jumlah 308 laga sebenarnya terbilang minim bagi pemain yang membela sebuah klub selama 11 musim. Penyebabnya tak lain adalah cedera yang beberapa kali menimpanya, terutama dalam dua musim terakhirnya di Liverpool. Redknapp bahkan sama sekali tak bermain pada musim 2000/2001, musim Liverpool meraih 3 gelar. Akibatnya, Redknapp hanya berhak mengangkat 3 trofi bersama Liverpool meski The Reds meraih 6 trofi selama dibela Redknapp.

2. Jamie Carragher (17 musim)

6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada HendersonJamie Carragher (liverpoolecho.co.uk)

Ada pula Jamie Carragher, bek legendaris Liverpool yang kini menjadi salah satu pundit ternama di Inggris. Carragher adalah one-club man alias pemain yang hanya membela satu klub sepanjang kariernya. Ia membela Liverpool sejak 1996 hingga 2013 alias selama 17 musim.

Bahkan, jika kita juga menghitung masa di akademi, Carragher sebenarnya bergabung dengan Liverpool selama 25 tahun! Secara total, Carragher bermain sebanyak 737 kali di semua ajang sehingga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak kedua bagi Liverpool sepanjang masa. Ia juga sukses meraih 11 trofi bersama The Reds.

1. Steven Gerrard (17 musim)

6 Pemain Era Modern yang Terlama Membela Liverpool, Ada HendersonSteven Gerrard (liverpoolecho.co.uk)

Posisi pertama tentu ditempati oleh Steven Gerrard, salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Liverpool sepanjang masa. Sama seperti Carragher, Gerrard pun membela Liverpool selama 17 musim, tepatnya sejak 1998 hingga 2015. Ditambah 9 musim di akademi, Gerrard secara total mengabdi bagi Liverpool selama 26 tahun.

Pemain yang kerap disebut Stevie G ini bermain 710 kali bagi Liverpool sehingga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak ketiga bagi The Reds. Ia mencetak 186 gol dan 143 assist serta menjadi kapten Liverpool dengan masa jabatan terlama, yaitu 12 tahun. Itu semua membuktikan betapa besarnya kontribusi Gerrard bagi Liverpool.

 

Itulah 6 pemain di era modern yang paling lama membela Liverpool. Kalau kamu fans Liverpool, siapa di antara mereka yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 5 Pemain asal Norwegia yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya