Comscore Tracker

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era Modern

Deretan pemain legenda City

Manchester City tak diragukan lagi adalah salah satu klub terkuat di Inggris saat ini. Di kancah Eropa pun mereka perlahan tapi pasti mulai menjelma jadi klub yang disegani.

Maka lupakan sindiran para fans rival bahwa Manchester City "tak punya sejarah", karena mereka saat ini sedang membangun sejarahnya. Tak hanya dalam hal koleksi trofi, Manchester City juga kini sudah mulai memiliki barisan pemain legendaris yang membela klub dalam waktu lama.

Siapa saja pemain yang terlama membela City di era modern sehingga pantas disebut legenda City? Ini dia 7 nama teratas.

7. Pablo Zabaleta (9 musim) 

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernPablo Zabaleta (goal.com)

Mulai dari urutan ke-7, ada Pablo Zabaleta, bek asal Argentina yang mengabdi kepada Manchester City selama 9 musim. Tepatnya Zabaleta bermain untuk City sejak musim 2008/09 hingga 2016/17. Selama periode tersebut, Zabaleta hampir selalu dijadikan pilihan utama di pos bek kanan City.

Total, 333 pertandingan dimainkan Zabaleta bersama City di semua ajang. Ia juga sukses mencetak 12 gol dan 27 assists. Dengan demikian Zabaleta memiliki peran yang cukup signifikan dalam kesuksesan City meraih 6 trofi, termasuk 2 Premier League dan 2 Piala FA.

6. Richard Dunne (9 musim) 

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernRichard Dunne (90min.com)

Richard Dunne juga menghabiskan 9 musim bersama Manchester City. Namun sebagian besar masa yang ia habiskan di City adalah ketika City belum menjadi klub kaya seperti sekarang. Dunne membela City dari 2000 hingga 2009, dan penampilannya yang konsisten membuat bek asal Irlandia ini jadi pilihan utama di lini belakang City.

Sebanyak 349 laga yang dijalani Dunne bersama City, dengan sumbangan 7 gol dan 2 assists. Dunne juga pantas disebut legenda City karena ia pernah menjadi kapten selama 3 musim, dan pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik City selama 4 tahun beruntun dari 2005 hingga 2008. Jelas, Dunne punya peran penting dalam sejarah City.

5. Micah Richards (10 musim) 

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernMicah Richards (eurosport.com)

Berikutnya ada Micah Richards, yang juga berposisi bek. Richards membela City dari 2005 hingga 2015, maka ia turut menjadi bagian perubahan City dari klub semenjana menjadi klub penantang juara. Dari 10 musim membela City, Richards sempat menghabiskan semusim terakhirnya di Fiorentina sebagai pemain pinjaman.

Total 246 laga ia mainkan bersama City di semua ajang, dengan sumbangan 9 gol dan 14 assists. Ia juga turut andil membawa City memenangi 4 trofi, termasuk 2 Premier League dan 1 Piala FA. Richards pensiun pada 2019 dan kini ia bekerja sebagai pundit sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!

4. David Silva (10 musim) 

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernDavid Silva (planetfootball.com)

Pemain yang satu ini baru saja hengkang dari City di akhir musim lalu, setelah membela City sejak 2010. David Silva memegang peran yang sangat vital dalam kesuksesan City. Gelandang asal Spanyol ini bermain total 436 kali, sehingga menjadi salah satu pemain City dengan penampilan terbanyak sepanjang masa.

Kontribusinya berupa 77 gol dan 141 assists juga sangat membantu City meraih total 14 trofi, yang mencakup 4 Premier League, 2 Piala FA, 5 Piala Liga, dan 3 Community Shield. Kini Silva bermain untuk Real Sociedad, dan ia sudah langsung meraih 1 trofi yaitu Copa del Rey di musim pertamanya bagi Sociedad.

3. Sergio Aguero (10 musim) 

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernSergio Aguero (goal.com)

Salah satu striker terbaik dalam sejarah Manchester City. Bahkan dalam hal jumlah gol, Aguero adalah pemain City tertajam sepanjang masa. Per 15 Mei 2021, koleksi golnya bersama City berjumlah 258 gol dalam 388 laga. Jumlah itu sendiri masih bisa bertambah karena City masih memiliki beberapa laga sisa di penghujung musim ini.

Musim ini sendiri sudah dipastikan adalah musim terakhir Aguero di City. Maka, striker Argentina ini total membela City selama 10 musim, karena mulai bergabung pada 2011. Koleksi 15 trofi plus satu gelar top skor Premier League menghiasi karier Aguero di City yang begitu luar biasa.

2. Vincent Kompany (11 musim)  

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernVincent Kompany (theguardian.com)

Di urutan kedua ada Vincent Kompany, bek asal Belgia yang setia membela City selama 11 musim dari 2008 hingga 2019. Kompany adalah bek tangguh yang sangat berperan dalam kokohnya lini belakang City.

Selama 11 musim ia dipercaya bermain 360 kali di semua ajang. Karena kerap maju membantu serangan, Kompany juga sukses mencetak 20 gol dan 11 assists. Tak hanya dalam membantu pertahanan, peran vital Kompany juga nyata dalam kepemimpinannya di lapangan. Kompany adalah kapten City selama 8 musim dari 2011 hingga 2019.

Karena kontribusinya yang begitu besar, Manchester City bahkan berencana membuat patung Kompany bersama David Silva dan Aguero, sehingga menegaskan status mereka sebagai legenda City.

1. Joe Hart (12 musim) 

7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era ModernJoe Hart (talksport.com)

Pemain yang paling lama membela City di era modern ternyata adalah seorang kiper, yaitu Joe Hart. Ia menjadi pemain City selama 12 musim dari 2006 hingga 2018. Meski ia pernah dipinjamkan ke lima klub selama membela City, Hart tetap setia membela The Cityzens hingga akhirnya hengkang ke Burnley pada 2018.

Pencapaian Hart selama membela City tak main-main. Ia bermain total 348 kali bagi City dan mencatat 137 clean sheet. Ia juga memegang rekor sebagai peraih golden glove Premier League terbanyak yaitu 4 kali, bersanding dengan Petr Cech. Dan tentu jangan lupakan jasanya membawa City meraih 5 trofi, termasuk 2 Premier League dan 1 Piala FA.


Itulah 7 pemain yang paling lama membela Manchester City di era modern. Kalau kamu fans City, siapa dari antara mereka yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 6 Pemain Kunci Manchester City Juarai Premier League 2020/2021

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya