7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? 

Gak hanya membeli, City juga kerap menjual pemain mahal

Manchester City adalah salah satu klub terkuat di Eropa saat ini. Mereka sudah meraih berbagai gelar juara di Inggris, serta sering jadi penantang serius di Eropa meski belum pernah juara. Salah satu kunci kesuksesan besar mereka tentu adalah kekayaan finansial yang membuat mereka bisa membeli banyak pemain bintang.

Maka gak heran jika kita sangat sering mendengar berita City membeli pemain dengan harga super mahal ke Etihad Stadium. Tapi bagaimana dengan pemain-pemain mahal yang pernah mereka jual? Ternyata ada juga lho, meski mungkin jarang terdengar. Inilah 7 pemain termahal yang pernah dijual oleh Manchester City.

7. Mario Balotelli (20 juta euro)  

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? independent.co.uk

Salah satu striker paling ikonik sekaligus kontroversial yang pernah dimiliki City. Balotelli didatangkan dari Inter Milan pada 2010 dan langsung jadi salah satu andalan di lini depan City. Terutama pada 2 musim pertamanya, kebintangan Balotelli membuat tabiatnya yang kontroversial sedikit termaafkan.

Setelah 2,5 membela City, Balotelli dilego ke AC Milan pada Januari 2013 dengan harga 20 juta euro. Total penampilannya bagi City adalah 80 laga dengan sumbangan 30 gol dan 7 assist. Salah satu aksi terhebat Balotelli adalah mencetak 2 gol saat City membantai rival sekota Manchester United 6-1 pada 2011, dan itu pasti tak akan dilupakan fans City sampai kapanpun.

6. Robinho (21 juta euro) 

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? skysports.com

Sementara Robinho didatangkan City dari Real Madrid pada 2008 dengan harga 43 juta euro, sehingga tercatat sebagai transfer termahal dunia pada musim tersebut. Itu terjadi pada hari yang sama dengan dibelinya City oleh Abu Dhabi United Group, sehingga Robinho pun tercatat sebagai pemain pertama City di era kepemilikan grup tersebut.

Namun petualangan Robinho di City tak berjalan cukup baik. Di musim keduanya ia sudah diganggu cedera sehingga langsung dipinjamkan ke Santos pada Januari 2010. Pada Agustus 2010, ia dibeli AC Milan dengan harga 21 juta euro, jauh lebih murah dibanding nilai kedatangannya ke City. Secara total Robinho hanya memainkan 53 laga untuk City dengan catatan 16 gol.

5. Kelechi Iheanacho (27,7 juta euro) 

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? manchestereveningnews.co.uk

Digadang-gadang sebagai salah satu striker muda paling potensial, Iheanacho ternyata tidak bisa bertahan cukup lama di City. Ia adalah produk asli akademi City, dan dikontrak profesional pada 2015. Sempat mencuri perhatian dengan mencetak 14 gol di musim perdananya, striker asal Nigeria itu kemudian menurun di musim kedua.

Kesempatan bermain Iheanacho pun berkurang, dan pada akhirnya ia hanya sempat membela City selama 2 musim karena langsung dijual ke Leicester City pada 2017 dengan harga 27,7 juta euro. Sejauh ini Iheanacho sudah bermain 89 kali untuk Leicester dengan sumbangan 20 gol dan 12 assist.

4. Alvaro Negredo (28 juta euro) 

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? bleacherreport.net

Berikutnya ada Alvaro Negredo, striker asal Spanyol yang didatangkan City dari Sevilla pada 2013. Catatan 85 gol dalam 4 musim membela Sevilla membuat City kepincut, dan uang sebesar 25 juta euro pun digelontorkan untuk mendapat jasanya. Jumlah itu terbukti layak, karena Negredo berhasil mempertahankan ketajamannya bersama City.

Namun pada 2014, performa Negredo mulai menurun, sehingga ia dipinjamkan ke Valencia. Cukup bersinar di Valencia, Negredo pun dipermanenkan dengan mahar 28 juta euro pada Juli 2015. Secara total, Negredo bermain 49 kali untuk City dan mencetak 23 gol serta 8 assist.

Baca Juga: 8 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di Premier League Hingga Kini

3. Shaun Wright-Phillips (31,5 juta euro)  

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? mancity.com

Satu-satunya pemain di daftar ini yang dijual oleh City sebelum era kepemilikan City oleh Abu Dhabi United Group. Wright-Phillips adalah pemain sayap yang terkenal dengan kecepatannya. Aksinya di lapangan membuat Chelsea tertarik mendatangkannya awal musim 2005-06. Kala itu, Chelsea sudah mulai menggeliat jadi klub besar berkat kedatangan Roman Abramovich.

Wright-Phillips dibeli dengan harga 31,5 juta euro, jumlah yang luar biasa kala itu, bahkan jadi rekor transfer termahal kedua dunia di musim tersebut. Namun Wright-Phillips cukup kesulitan mengamankan tempat di tim inti Chelsea, dan setelah 3 musim ia kembali ke Manchester City dengan harga yang jauh lebih murah.

2. Danilo (37 juta euro) 

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? manchestereveningnews.co.uk

Di posisi kedua ada Danilo, full back asal Brasil yang didatangkan City dari Real Madrid pada 2017. Dikontrak selama 5 musim, Danilo hanya bertahan di City 2 musim karena ia dijual ke Juventus pada awal musim 2019-20 dengan harga 37 juta euro, seperti dilansir Transfermarkt.

Selama di City, Danilo memang tidak selalub berhasil menancapkan kukunya di tim inti. Selama 2 musim, ia bermain 60 kali di semua ajang dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist. Tapi petualangannya selama di Etihad terbilang cukup sukses karena ia berhasil mengangkat 5 trofi dalam 2 musim tersebut.

1. Leroy Sane (45 juta euro) 

7 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Manchester City, Siapa Teratas? talksport.com

Leroy Sane adalah pemain termahal yang pernah dijual Manchester City sepanjang masa. Terkenal sebagai sayap lincah nan cerdik, pemain berusia 24 tahun ini baru saja resmi dibeli oleh Bayern Munchen pada Juli 2020 lalu dengan nilai transfer 45 juta euro.

Sane sebenarnya sudah lama diberitakan akan hijrah ke Munchen, tapi cedera yang menimpanya di awal musim 2019-20 membuat kepindahannya tertunda. Selama 4 musim membela City, Sane cukup bersinar dengan tampil 135 kali serta membuat 39 gol dan 45 assist. Menarik ditunggu bagaimana kiprah Sane bersama Munchen yang baru saja meraih treble musim kemarin.

Itulah 7 pemain termahal yang pernah dijual oleh Manchester City. Ternyata selain mendatangkan pemain mahal, City pun kerap menjual pemain-pemain mahal juga ya!

Baca Juga: Sergio Aguero Beri Kode Messi akan ke Manchester City?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya