Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Jadi Kapten Klub Serie A 2022/2023

Beberapa baru mulai menjabat musim ini

Dalam beberapa musim terakhir, Serie A Italia memiliki reputasi sebagai liganya pemain tua. Sebutan itu bukan tanpa alasan, klub-klub Serie A memang makin sering mendatangkan pemain berusia 30 tahun ke atas. Bahkan, beberapa pemain yang mendekati usia kepala empat pun masih jadi andalan di Serie A.

Meski begitu, Serie A juga diramaikan sejumlah pemain muda berkualitas. Beberapa dari mereka bahkan dipercaya menjadi kapten tim, memimpin rekan-rekannya yang kebanyakan berusia lebih tua.

Siapa saja pemain termuda yang jadi kapten klub Serie A 2022/2023?

1. Morten Hjulmand (23 tahun)

5 Pemain Termuda yang Jadi Kapten Klub Serie A 2022/2023Morten Hjulmand (twitter.com/OfficialUSLecce)

Kapten termuda di Serie A musim ini adalah Morten Hjulmand. Ia merupakan gelandang bertahan asal Denmark yang baru berusia 23 tahun. Meski masih muda, Hjulmand sudah dipercaya mengapteni Lecce, klub yang promosi ke Serie A 2022/2023 sebagai juara Serie B musim lalu.

Hjulmand baru menjabat sebagai kapten Lecce musim ini. Ia menggantikan posisi Fabio Lucioni, kapten Lecce musim lalu yang saat ini sedang dipinjamkan ke Frosinone. Sebagai kapten, Hjulmand sudah memimpin rekan-rekannya dalam tujuh laga Serie A musim ini, tetapi baru sekali menang.

2. Matteo Pessina (25 tahun)

5 Pemain Termuda yang Jadi Kapten Klub Serie A 2022/2023Matteo Pessina (instagram.com/pessinamatteo)

Berikutnya, ada Matteo Pessina, gelandang Italia berusia 25 tahun yang namanya mencuat bersama Atalanta. Pessina dipercaya menjadi kapten AC Monza untuk 2022/2023. Hal itu terbilang unik, karena Pessina hanya berstatus pemain pinjaman di Monza.

Meski demikian, Pessina cukup pantas ditunjuk menjadi kapten. Ia sudah pernah membela Monza pada awal kariernya.

Selain itu, Pessina juga berpengalaman menjadi bagian Timnas Italia yang juara Piala Eropa 2020. Sejauh ini, ia baru membawa Monza meraih 1 kemenangan dari 7 laga Serie A 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Serikat yang Bermain di Serie A Italia Sebelum Dest

3. Davide Calabria (25 tahun)

5 Pemain Termuda yang Jadi Kapten Klub Serie A 2022/2023Davide Calabria (instagram.com/davidecalabria2)

Davide Calabria juga memegang jabatan kapten pada usia 25 tahun. Bukan sembarang klub, Calabria dipercaya menjadi kapten bagi sang juara bertahan Serie A, AC Milan.

Calabria menggantikan posisi kapten Milan musim lalu, Alessio Romagnoli, yang pindah ke Lazio pada musim panas 2022. Ia cocok menjadi kapten Milan karena ia adalah jebolan akademi Rossoneri.

Calabria juga loyal membela Milan sejak 2015 hingga sekarang. Sejauh ini, hasil yang diraih Milan di bawah kepemipinan Calabria pun cukup apik. Mereka baru sekali kalah dari sembilan laga yang sudah dijalani di semua ajang.

4. Lorenzo Pellegrini (26 tahun)

5 Pemain Termuda yang Jadi Kapten Klub Serie A 2022/2023Lorenzo Pellegrini (instagram.com/lorepelle7)

AS Roma pun memercayakan jabatan kapten kepada pemain yang relatif masih muda, yaitu Lorenzo Pellegrini. Pellegrini adalah gelandang Italia yang saat ini berusia 26 tahun. Ia membela Roma sejak 2017 dan mulai menjadi kapten pada 2020 saat masih berusia 24 tahun.

Pellegrini sejauh ini sudah menunjukkan kapasitasnya sebagai kapten Roma. Ia menjadi pemain terbaik Roma pada 2020/2021 dan membawa Giallorossi juara Europa Conference League musim lalu. Jumlah penampilan Pellegrini sendiri sudah mencapai 202 laga bersama AS Roma dengan 36 gol dan 47 assist.

5. Filippo Bandinelli (27 tahun)

5 Pemain Termuda yang Jadi Kapten Klub Serie A 2022/2023Filippo Bandinelli (instagram.com/pippobanda)

Satu lagi kapten klub Serie A 2022/2023 yang berusia cukup muda. Ia adalah Filippo Bandinelli.

Bandinelli menjadi kapten Empoli yang saat ini berusia 27 tahun. Ia baru menjadi kapten mulai musim ini, menggantikan Simone Romagnoli yang hengkang dari Empoli ke Parma.

Bandinelli sendiri berseragam Empoli sejak 2019. Sejauh ini, ia selalu jadi andalan di lini tengah. Pada 2022/2023 ini, Bandinelli sudah bermain dalam 8 pertandingan dan membuat 2 gol. Namun, Empoli masih terpuruk di peringkat ke-16 Serie A setelah melakoni tujuh laga.

Usia muda tak menghalangi para pemain di atas menjadi kapten klub Serie A pada 2022/2023. Menarik dinantikan apakah mereka bisa bersaing dengan para kapten lain yang usianya lebih senior untuk membawa klubnya berprestasi musim ini.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie B

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya