5 Pemain Top Aktif yang Negaranya Belum Pernah Ikut Piala Eropa

Mereka pemain hebat, tapi negaranya kurang berprestasi

Piala Eropa adalah turnamen yang mempertemukan negara-negara terbaik Eropa. Maka, sebuah negara harus punya timnas yang berkualitas untuk bisa lolos ke Piala Eropa. Satu atau dua pemain bintang saja tidak cukup, karena sepak bola adalah permainan yang membutuhkan kerjasama tim.

Hal itu terbukti dengan adanya beberapa negara Eropa yang belum pernah lolos ke Piala Eropa sepanjang sejarah. Padahal, mereka punya pemain top yang saat ini bermain di liga-liga top Eropa. Inilah dia 5 pemain top yang negaranya belum pernah ikut Piala Eropa.

1. Henrikh Mkhitaryan (Armenia)

5 Pemain Top Aktif yang Negaranya Belum Pernah Ikut Piala EropaHenrikh Mkhitaryan (fifa.com)

Henrikh Mkhitaryan adalah pemain yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Pemain berposisi gelandang ini pernah membela klub-klub besar Eropa, mulai dari Borussia Dortmund, Manchester United, Arsenal, dan kini AS Roma.

Ia juga sudah pernah meraih sejumlah trofi bergengsi, seperti Piala Liga dan Europa League bersama Manchester United. Tapi, negara kelahiran Mkhitaryan yaitu Armenia bukanlah negara dengan tradisi sepak bola yang kuat.

Setelah terpecah dari Uni Soviet, Armenia belum pernah lolos ke Piala Eropa maupun Piala Dunia. Maka, meskipun memiliki nama besar di dunia sepak bola, Mkhitaryan sepertinya tidak akan bisa berlaga di turnamen mayor bersama negaranya.

2. Edin Dzeko (Bosnia Herzegovina)

5 Pemain Top Aktif yang Negaranya Belum Pernah Ikut Piala EropaEdin Dzeko (asroma.com)

Rekan Mkhitaryan di AS Roma, Edin Dzeko, pun belum pernah merasakan tampil di Piala Eropa karena negaranya yaitu Bosnia Herzegovina memang belum pernah lolos. Padahal Dzeko terkenal sebagai striker top Eropa dengan ketajaman yang tak perlu diragukan. Sebelum ke AS Roma, ia pernah membela VfL Wolfsburg di Bundesliga dan Manchester City di Premier League.

Dzeko bahkan pernah juara liga bersama Wolfsburg dan Manchester City, serta pernah jadi top skor Bundesliga dan Serie A. Tapi, semua itu seolah tak ada artinya di timnas karena ia belum bisa membawa Bosnia Herzegovina berlaga di Piala Eropa. Uniknya, ia justru sudah pernah tampil di Piala Dunia, yaitu pada Piala Dunia 2014.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Jadi Kapten Negaranya di Piala Eropa 2020

3. Nemanja Matic (Serbia)

5 Pemain Top Aktif yang Negaranya Belum Pernah Ikut Piala EropaNemanja Matic (skysports.com)

Berikutnya ada Nemanja Matic, gelandang Manchester United yang juga pernah membela Chelsea. Matic punya karier yang cukup gemilang di level klub. Ia pernah memenangi 2 Premier League dan 1 Piala FA bersama Chelsea.

Namun, ia tak pernah tampil di Piala Eropa karena negaranya memang belum pernah lolos ke putaran final. Padahal, Serbia sudah pernah 3 kali lolos di Piala Dunia, termasuk ke Piala Dunia 2018 di mana Matic turut ikut serta.

Matic sendiri sudah pensiun dari timnas sejak 2020, maka ia dipastikan sudah tak bisa tampil di Piala Eropa. Total, pemain berusia 32 tahun ini mencatat 48 caps bersama timnas dan mencetak 2 gol.

4. Stefan Savic (Montenegro)

5 Pemain Top Aktif yang Negaranya Belum Pernah Ikut Piala EropaStefan Savic (goal.com)

Sementara Stefan Savic adalah bek tengah asal Montenegro yang bermain di Atletico Madrid sejak 2015. Sebelum itu, Savic juga pernah membela Manchester City selama semusim.

Ia sukses meraih trofi Premier League bersama City, dan musim lalu ia baru saja membawa Atletico Madrid menjuarai LaLiga Spanyol. Maka jelas bahwa kualitas Savic tak perlu diragukan. Namun negara yang ia bela yaitu Montenegro sejauh ini belum pernah lolos ke Piala Eropa.

Dulu, Montenegro pernah bergabung dengan Serbia, dan mereka lolos ke Piala Dunia 2006 dengan nama Serbia Montenegro. Namun sejak berpisah pada 2007, mereka belum bisa lolos ke turnamen mayor.

5. Ragnar Klavan (Estonia)

5 Pemain Top Aktif yang Negaranya Belum Pernah Ikut Piala EropaRagnar Klavan (premierleague.com)

Terakhir, ada Ragnar Klavan, bek tengah yang dulu pernah membela Liverpool dan kini bermain di Cagliari. Klavan merupakan bagian dari skuad Liverpool yang lolos ke final Liga Champions 2017/18. Selama berkarier, trofi paling bergengsi yang pernah ia raih adalah trofi Eredivisie Belanda bersama AZ Alkmaar pada 2008/09.

Klavan sendiri berasal dari Estonia, negara kecil Eropa yang sejauh ini belum pernah lolos ke Piala Eropa maupun Piala Dunia. Klavan pun seolah jadi menonjol sendirian di negaranya, dan ia bahkan pernah 7 kali dinobatkan jadi pemain terbaik Estonia. Klavan masih aktif bermain namun sudah pensiun dari timnas dengan catatan total 125 caps dan 3 gol.

 

Itulah 5 pemain top aktif yang negaranya belum pernah tampil di Piala Eropa sejauh ini. Mungkinkah suatu saat nanti negara mereka bisa lolos ke Piala Eropa?

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Poulsen!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya