Comscore Tracker

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!

Mereka memang pantas dipercaya menjadi kapten

Jabatan kapten dalam sebuah tim sepak bola adalah jabatan yang sangat penting. Tak sembarangan pemain bisa menjadi kapten karena seorang pemain harus punya kualitas serta mental kuat untuk bisa mendapat kepercayaan tersebut.

Jika seorang pemain sampai dipercaya menjadi kapten bagi klub sekaligus timnas negaranya, tentu itu adalah kepercayaan yang luar biasa. Saat ini ada setidaknya 6 pemain top yang dipercaya menjadi kapten klub sekaligus timnas. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Lionel Messi (kapten Barcelona dan Timnas Argentina)

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!Messi adalah kapten Barcelona sejak 2018 (fcbarcelonanoticias.com)

Pertama ada Lionel Messi yang merupakan kapten Barcelona dan Timnas Argentina. Messi mulai menjabat kapten Barca pada 2018 setelah kepergian Andres Iniesta. Sebagai pemain yang sudah membela Barca sejak 2004, Messi memang sangat pantas menjadi kapten. Apalagi, ia juga merupakan pemain dengan penampilan dan gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona.

Sementara bersama timnas, Messi sudah menjadi kapten sejak 2011. Sama seperti di Barca, Messi juga merupakan pemain dengan caps dan gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Argentina. Jelas bahwa Messi memang sangat pantas diberikan kepercayaan sebagai kapten Barcelona dan Argentina.

2. Giorgio Chiellini (kapten Juventus dan Timnas Italia)

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!Giorgio Chiellini kapten Italia di Piala Eropa 2020 (90min.com)

Ada pula Giorgio Chiellini, bek yang saat ini sedang membela Italia di Piala Eropa 2020. Chiellini adalah kapten bagi klubnya, Juventus dan Timnas Italia. Bek berusia 36 tahun ini sudah membela timnas sejak 2004 dan mulai dipercaya menjadi kapten pada 2018. Chiellini juga adalah pemain aktif dengan caps terbanyak bagi Italia saat ini.

Chiellini sudah jadi kapten bagi Juventus sejak 2018, menggantikan Gianluigi Buffon yang waktu itu hijrah ke PSG. Selama menjabat kapten, Chiellini sudah mengantarkan Si Nyonya Tua memenangi 5 trofi, termasuk 2 Scudetto dan 1 Coppa Italia. Hal itu membuktikan bahwa Chiellini bisa menjalankan perannya sebagai kapten dengan apik.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Bisa Menggantikan Giorgio Chiellini di Juventus

3. Manuel Neuer (kapten Bayern Munchen dan Timnas Jerman)

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!Manuel Neuer menjabat sebagai kapten Bayern Munchen (fcbayern.com)

Manuel Neuer juga mendapat kepercayaan menjadi kapten klub dan negaranya. Kiper berusia 35 tahun ini menjabat kapten Bayern Munchen sejak 2017. Neuer memang pantas menerima tanggung jawab tersebut karena ia adalah salah satu pemain paling senior di skuad Munchen saat ini. Ia mulai menetap sejak 2011 alias sudah satu dekade berseragam Munchen.

Sementara di Timnas Jerman, Neuer sudah dipercaya jadi kapten sejak 2014, tepatnya sejak Piala Dunia 2014 usai. Neuer pun menjabat kapten Jerman di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 dan saat ini ia sedang memimpin rekan-rekannya di Piala Eropa 2020.

4. Hugo Lloris (kapten Tottenham Hotspur dan Timnas Prancis)

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!Hugo Lloris menjuarai Piala Dunia 2018 sebagai kapten Prancis (90min.com)

Kiper top lain yang juga menjabat kapten klub dan timnas adalah Hugo Lloris. Lloris sudah cukup lama menjadi kapten Tottenham, tepatnya sejak 2015. Ia pun kini adalah salah satu pemain paling senior di Tottenham dan sudah mengoleksi 373 penampilan di semua ajang sejak bergabung tahun 2012.

Timnas Prancis pun memberi kepercayaan pada Lloris menjadi kapten. Bahkan, ban kapten Prancis sudah Lloris kenakan sejak 2011 alias sudah satu dekade sejauh ini. Kiper berusia 34 tahun ini sudah membayar kepercayaan tersebut dengan membawa Prancis menjadi runner-up Piala Eropa 2016 dan juara Piala Dunia 2018. Luar biasa!

5. Dusan Tadic (kapten Ajax Amsterdam dan Timnas Serbia)

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!Dusan Tadic adalah kapten Ajax Amsterdam (theguardian.com)

Dusan Tadic adalah pemain Serbia yang membela Ajax Amsterdam sejak 2018. Sebelum di Ajax, Tadic juga pernah bermain untuk Southampton selama 4 musim. Tadic menjabat kapten Ajax sejak 2019, alias baru sekitar dua musim. Namun, ia sudah sukses membawa Ajax meraih 3 trofi sejak ditetapkan sebagai kapten.

Dusan Tadic saat ini menjabat kapten timnas negaranya itu. Namun, jabatan itu pun belum lama diembannya, tepatnya sejak September 2020. Sayangnya, Tadic gagal memimpin rekan-rekannya di timnas untuk lolos ke Piala Eropa 2020.

6. Pierre-Emerick Aubameyang (kapten Arsenal dan Timnas Gabon)

6 Pemain Top yang Jadi Kapten Timnas dan Klub, Berjiwa Pemimpin!Aubameyang jadi kapten Timnas Gabon (eurosport.com)

Terakhir ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon yang mulai dipercaya menjadi kapten Arsenal sejak November 2019. Aubameyang mendapat kepercayaan itu meski baru bergabung dengan Arsenal pada 2018. Hasilnya cukup baik karena Auba berhasil membawa Arsenal meraih Piala FA dan Community Shield setelah ditunjuk sebagai kapten.

Sementara di timnas Gabon, Aubameyang seolah jadi superstar karena memang tak ada pemain Gabon yang menonjol selain dirinya. Tak heran jika jabatan kapten timnas pun diberikan kepadanya sejak 2014. Aubameyang saat ini juga berstatus top skor sepanjang masa Timnas Gabon dengan 27 gol dalam 66 caps.

 

Itulah 6 pemain top yang saat ini menjabat kapten klub dan juga timnas negaranya. Mereka memang pantas mendapat kepercayaan itu karena prestasi dan jiwa pemimpin yang mereka miliki. Siapa kapten terbaik di antara mereka menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Arsenal pada Musim 2020/2021, Tidak Ada Aubameyang!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya