7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos Terbaru

Beberapa di antaranya sukses di kedua tim

Real Madrid dan Paris Saint-Germain adalah dua klub besar di liganya masing-masing. Real Madrid masih jadi klub tersukses di Liga Spanyol, sementara PSG sedang sangat dominan dalam sedekade terakhir. Tak heran jika kedua klub senantiasa dibela pemain-pemain top, khususnya di era modern ini.

Beberapa pemain top bahkan ternyata pernah membela Real Madrid dan PSG dan kebanyakan dari mereka terbilang cukup sukses. Pada bursa transfer musim panas ini pun ada satu yang menyusul, yaitu Sergio Ramos yang baru saja resmi menjadi pemain PSG. Termasuk Ramos, inilah 7 pemain top yang pernah membela Real Madrid dan PSG di era modern.

1. Nicolas Anelka

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruNicolas Anelka saat membela Real Madrid (9sportpro.com)

Nicolas Anelka adalah striker top Prancis yang terkenal sering pindah-pindah klub semasa bermain. Paris Saint-Germain adalah klub pertamanya, sekaligus klub tempatnya menimba ilmu di akademi. Anelka membela PSG pada dua periode, yaitu musim 1996/97 serta sejak tahun 2000 hingga 2002. Ia total bermain 69 kali di PSG dan mencetak 19 gol serta 2 assist.

Di antara kedua periode tersebut, Anelka juga sempat membela Real Madrid di musim 1999/00. Ia bermain 33 kali di semua ajang pada musim tersebut dengan catatan 7 gol dan 6 assist. Bahkan, ia turut berlaga di final Liga Champions musim tersebut dan berhasil membawa Madrid jadi juara. Itu adalah satu-satunya trofi Liga Champions yang pernah ia menangkan.

2. Claude Makelele

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruClaude Makelele saat membela PSG (sportmob.com)

Nicolas Anelka bukan satu-satunya pemain top Prancis yang pernah berseragam PSG dan Real Madrid. Claude Makelele pun pernah membela kedua klub masing-masing selama 3 musim. Ia lebih dulu membela Madrid sejak 2000 hingga 2003, lalu membela PSG sebagai klub terakhirnya pada 2008 hingga 2011.

Makelele bermain 145 kali bagi Madrid dan ia sangat sukses di Madrid karena berhasil meraih 7 trofi, termasuk 2 trofi LaLiga dan 1 Liga Champions. Sementara di PSG ia tampil 118 kali dan hanya meraih 1 trofi, yaitu Coupe de France. Setelah pensiun, Makelele pun sempat menjadi asisten pelatih selama 2 tahun.

3. Lassana Diarra

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruLassana Diarra saat membela Real Madrid (goal.com)

Seperti Makelele, Lassana Diarra juga merupakan gelandang bertahan asal Prancis yang menjadikan PSG sebagai klub terakhirnya sebelum pensiun. Ia membela PSG selama 1,5 musim sejak Januari 2018 dan mencatat 19 penampilan di semua ajang. Meski singkat, pengabdian Diarra di PSG berbuah 4 trofi domestik.

Jauh sebelum itu, Diarra juga pernah berbaju Real Madrid, tepatnya selama 3 musim sejak 2009 hingga 2012. Saat itu Diarra masih jauh lebih muda dan ia bermain 116 kali bagi Los Blancos di semua ajang. Ia juga cukup sukses di Madrid karena berhasil meraih 3 trofi yang mencakup LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Selatan dengan Catatan Gol Terbanyak di Real Madrid

4. David Beckham

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruDavid Beckham saat membela PSG (dailymail.co.uk)

Ada pula David Beckham, pemain legendaris Manchester United, yang bergabung dengan Real Madrid pada 2003 setelah meninggalkan MU. Beckham adalah satu dari sedikit pemain Inggris yang pernah sukses bermain di Spanyol. Ia membela Madrid selama 4 musim, bermain 159 kali di semua ajang, serta mengoleksi 20 gol dan 51 assist.

Soal trofi, Beckham juga sukses meraih 2 trofi di Madrid, termasuk trofi LaLiga. Setelah berkelana ke LA Galaxy dan AC Milan, Beckham menjadikan PSG sebagai pelabuhan terakhirnya pada tahun 2013. Meski hanya setengah musim, ia sempat bermain 14 kali, mencatat 2 assist, serta turut meraih trofi Ligue 1.

5. Gabriel Heinze

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruGabriel Heinze saat membela Real Madrid (sportmob.com)

Gabriel Heinze adalah pemain yang pernah bermain untuk MU, PSG, dan Real Madrid. Yang pertama ia bela adalah PSG, yaitu pada tahun 2001 hingga 2004. Saat itu PSG belum menjadi klub sebesar sekarang sehingga ia gagal meraih trofi. Namun, ia dapat kesempatan tampil 132 kali di semua ajang dan mencetak 8 gol serta 4 assist.

Performa apik Heinze kemudian membuatnya dibeli MU pada 2004. Setelah itu, ia pindah lagi ke Real Madrid pada 2007. Ia dikontrak 4 tahun, namun akhirnya hanya bertahan hingga 2009. Heinze bermain 60 kali dalam 2 musim di Madrid dan berhasil meraih 2 trofi, yaitu 1 trofi LaLiga dan 1 trofi Piala Super Spanyol.

6. Angel Di Maria

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruAngel Di Maria masih membela PSG saat ini (planetfootball.com)

Satu lagi pemain yang pernah membela MU, PSG, serta Real Madrid adalah Angel Di Maria. Winger lincah asal Argentina ini juga saat ini masih aktif membela PSG. PSG sendiri adalah klub yang paling lama dibela Di Maria karena sejauh ini ia sudah bermain selama 6 musim. Statistiknya pun luar biasa, yaitu 264 laga dengan 88 gol dan 110 assist.

Di Maria juga meraih banyak trofi di PSG karena PSG memang sedang sangat dominan. Tak tanggung-tanggung, Di Maria sudah memenangkan 17 trofi bersama PSG! Namun, sejauh ini ia masih belum bisa membantu Les Parisiens meraih trofi yang sangat mereka idam-idamkan, yaitu Liga Champions.

Sementara di Real Madrid, Di Maria juga tak kalah sukses. Ia membela Los Blancos pada 2010 hingga 2014 dan berhasil mencatat 36 gol serta 85 assist dalam 190 laga. Plus, Di Maria juga sukses meraih 6 trofi, termasuk trofi LaLiga dan Liga Champions. Jelas bahwa Di Maria adalah salah satu pemain tersukses yang pernah membela PSG dan Real Madrid.

7. Sergio Ramos

7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos TerbaruSergio Ramos saat membela Real Madrid (tellerreport.com)

Inilah nama terbaru pemain top yang pernah membela Real Madrid dan PSG. Setelah mengabdi kepada Real Madrid sejak 2005, Ramos akhirnya meninggalkan klub ibu kota Spanyol tersebut karena kontraknya tak diperpanjang. Selama membela Madrid, Ramos sudah meraih banyak prestasi luar biasa.

Dalam 16 musim berseragam Madrid, Ramos bermain sebanyak 671 kali di semua ajang sehingga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak keempat bagi Real Madrid sepanjang masa. Meski berposisi bek tengah, ia juga sukses mencetak 101 gol dan 4 assist. Tentunya ia meraih banyak trofi, tepatnya 22 trofi, termasuk 5 LaLiga dan 4 Liga Champions.

Meski sudah berusia 35 tahun, Ramos masih bisa tampil solid di lini belakang. PSG sangat beruntung bisa mendapat amunisi baru sekelas Ramos, apalagi dengan status free transfer. Laman Goal mengabarkan bahwa Ramos mendapat kontrak 2 tahun di PSG alias hingga 2023. Kemungkinan besar, ia akan langsung diplot sebagai bek inti mulai musim depan.

 

Itulah 7 pemain top yang pernah membela Real Madrid dan Paris Saint-Germain di era modern. Kalau menurutmu, apakah Sergio Ramos bisa tampil hebat dan sukses di PSG sebagaimana di Real Madrid?

Baca Juga: Gabung PSG, Sergio Ramos Pakai Nomor Kesayangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya