Comscore Tracker

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22

Mereka tak memperpanjang kontrak dengan klub lamanya

Bursa transfer musim panas Eropa sedang berlangsung. Di tengah hiruk-pikuk Piala Eropa 2020 dan Copa America 2021, klub-klub Eropa sedang bergeliat mengincar pemain-pemain baru untuk menyongsong musim depan. Beberapa klub bahkan sudah berhasil mendatangkan sejumlah pemain baru.

Ada klub-klub yang harus merogoh kocek demi mendatangkan pemain baru, namun ada juga yang cukup beruntung bisa mendapatkan pemain top dengan gratis. Itu karena para pemain tersebut memang sudah habis kontrak dengan klub lama mereka. Inilah 8 pemain top yang sudah hengkang dari klub lama mereka dengan status bebas transfer.

1. Sergio Aguero

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Sergio Aguero berpose dengan jersey Barcelona (everythingbarca.com)

Sergio Aguero jadi salah satu nama paling hits di bursa transfer musim panas ini. Striker Argentina tersebut memang tak perlu diragukan lagi kualitasnya, maka kepindahannya tentu menarik perhatian para penggemar sepak bola. Setelah habis kontrak dengan Manchester City, Aguero pun memutuskan untuk bergabung dengan klub yang tak kalah top, yaitu Barcelona.

LaLiga Spanyol sendiri bukan merupakan tempat asing bagi Aguero, karena sebelum bergabung dengan City pun ia sudah bermain di LaLiga bersama Atletico Madrid selama 5 musim. Dilansir Marca, Aguero diikat oleh Barca hingga akhir musim 2022/23, dengan buyout clause di angka 100 juta euro. Sanggupkah Aguero meraih sukses di Barcelona seperti di City?

2. Memphis Depay

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Memphis Depay saat berseragam Lyon (forzaitalianfootball.com)

Selain Aguero, Barcelona sudah mendapat satu lagi pemain top dengan status bebas transfer. Ia adalah Memphis Depay, striker Belanda yang saat ini sedang berlaga di Piala Eropa 2020. Depay memang sudah jadi incaran Barca, khususnya sejak memastikan diri tidak memperpanjang kontrak dengan klub lamanya yaitu Lyon.

Situs resmi Barcelona sendiri sudah memastikan bahwa Depay akan bergabung mulai musim depan. Uniknya, durasi kontrak yang akan ditandatangani Depay terbilang singkat, yaitu hanya dua tahun alias hingga akhir musim 2022/23. Namun demikian, tentu saja kontrak tersebut bisa diperpanjang jika Depay sanggup menunjukkan performa hebat bersama Barca.

Baca Juga: 5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfer

3. David Alaba

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22David Alaba saat berseragam Bayern Munchen (bayernstrikes.com)

Real Madrid sang rival abadi Barcelona pun tak mau kalah dari seterunya itu dengan mendatangkan David Alaba secara gratis. Alaba memang berstatus free agent setelah kontraknya habis bersama Bayern Munchen di akhir musim lalu. Madrid pun bergerak cepat dan mengikat bek Austria itu dengan kontrak selama 5 tahun, seperti dilansir Sky Sports.

Karena saat ini masih membela negaranya di Piala Eropa 2020, Alaba belum diperkenalkan secara resmi oleh Real Madrid. Kedatangan Alaba sendiri akan jadi tambahan kekuatan yang luar biasa bagi Madrid. Selama membela Munchen, Alaba sudah menunjukkan kualitasnya dengan tampil 431 kali di semua ajang, mencetak 33 gol dan 55 assist, serta meraih 27 trofi.

4. Javi Martinez

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Javi Martinez saat berseragam Bayern Munchen (goal.com)

Tak hanya Alaba, Bayern Munchen juga kehilangan gelandang top mereka yaitu Javi Hernandez karena sudah habis kontrak. Martinez memastikan diri hengkang setelah membela Munchen selama 9 musim alias sejak 2012. Gelandang Spanyol berusia 32 tahun ini pun dikabarkan jadi incaran beberapa klub, salah satunya Athletic Bilbao.

Namun laman Bavarian Football Works menyebut bahwa tawaran Bilbao masih terlalu rendah sehingga Martinez belum ingin menerimanya. Laman yang sama juga menyebut bahwa Martinez pun menerima tawaran dari Timur Tengah, tepatnya dari Uni Emirat Arab dan Qatar. Kemana Martinez akan berlabuh nanti?

5. Sergio Ramos

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Sergio Ramos saat berseragam Real Madrid (beinsports.com)

Meski sukses mendapatkan David Alaba, Real Madrid juga harus kehilangan salah satu bek andalan mereka yaitu Sergio Ramos. Dilansir ESPN, Ramos sebenarnya mengaku ingin memperpanjang kontraknya dengan Madrid yang sudah habis. Namun perundingan antara dirinya dan Madrid mentok sehingga akhirnya bek berusia 35 tahun itu pun hengkang.

Meski sudah tak muda lagi, Ramos masih merupakan salah satu bek terbaik di Eropa. Tak heran jika banyak klub besar yang dikabarkan tertarik mendatangkannya, misalnya PSG dan Manchester City. Laman Goal bahkan menyebut kemungkinan bahwa Ramos akan hijrah ke Amerika Serikat dan bermain di MLS. Menarik ditunggu bagaimana masa depan legenda Real Madrid ini.

6. Georginio Wijnaldum

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Georginio Wijnaldum saat berseragam Liverpool (thisisanfield.com)

Berikutnya ada Georginio Wijnaldum, gelandang Belanda yang akhirnya meninggalkan Liverpool setelah mengabdi sejak 2016. Merupakan salah satu pemain vital Liverpool, banyak klub kemudian berlomba-lomba mendapatkan tanda tangan Wijnaldum, salah satunya Barcelona. Namun, yang akhirnya sukses merekrutnya adalah Paris Saint-Germain.

Dilansir Sky Sports, klub raksasa Prancis itu mengikat Wijnaldum dengan durasi kontrak 3 tahun. Punya pengalaman juara Eropa bersama Liverpool, Wijnaldum akan jadi tambahan amunisi PSG, khususnya dalam usaha mereka memenangi Liga Champions untuk pertama kali.

7. Gianluigi Donnarumma

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Gianluigi Donnarumma saat berseragam AC Milan (cbssports.com)

Tak hanya Wijnaldum, PSG juga sudah mendapatkan Gianluigi Donnarumma dengan status bebas transfer. Kiper 22 tahun itu akhirnya meninggalkan AC Milan setelah tak memperpanjang kontraknya yang sudah habis. Dilansir The Guardian, Donnarumma sudah menandatangani kontrak 5 tahun dengan PSG, yang artinya ia akan membela klub Paris tersebut hingga 2026.

Suka cita bagi PSG, kehilangan besar bagi AC Milan. Rossoneri mesti berpisah dengan kiper muda berbakat mereka yang sudah mengabdi sejak usia 16 tahun. Namun Milan pun sudah bergerak cepat dengan mendatangkan Mike Maignan, kiper asal Prancis yang musim lalu naik daun bersama Lille di Ligue 1.

8. Gianluigi Buffon

8 Pemain Top yang Pindah dengan Status Bebas Transfer di Musim 2021/22Gianluigi Buffon saat berseragam Juventus (goal.com)

Terakhir, ada Gianluigi Buffon, kiper gaek yang kontraknya baru saja habis bersama Juventus. Buffon pun memutuskan untuk pulang ke klub masa kecilnya, Parma. Itu berarti kiper 43 tahun itu akan bermain di Serie B musim depan karena Parma baru saja terdegradasi. Dilansir Goal, Buffon menandatangani kontrak 2 tahun bersama Parma.

 

Itulah 8 pemain top yang meninggalkan klub lamanya dengan status bebas transfer karena kontraknya sudah habis. Kira-kira, siapa dari antara mereka yang bakal sukses bersama klub barunya musim depan?

Baca Juga: 5 Rekrutan Bebas Transfer yang Tampil Gacor di Klub Barunya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya