Comscore Tracker

Dulu Berjaya, 5 Pemain Top yang kini Main di Divisi Kedua Liga Eropa

Performa mereka sudah jauh menurun

Seorang pemain top pasti ingin membela klub besar yang berpeluang untuk meraih gelar juara. Namun, seraya kariernya menurun karena usia, wajar jika banyak yang akhirnya memutuskan untuk membela klub yang lebih kecil. Bahkan, di pengujung kariernya, ada beberapa pemain yang rela bermain di divisi kedua liga-liga Eropa.

Hal itu dialami oleh beberapa pemain top musim ini. Mereka punya nama besar karena pernah meraih sukses di masa jayanya dulu. Namun, karena kariernya sudah menurun, sekarang mereka bermain di klub-klub kecil penghuni divisi kedua. Inilah 5 pemain top tersebut.

1. Gianluigi Buffon

Dulu Berjaya, 5 Pemain Top yang kini Main di Divisi Kedua Liga EropaGianluigi Buffon (fanpage.it)

Gianluigi Buffon adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Italia. Pencinta sepak bola pasti masih ingat betapa dulu ia sukses di level klub dan timnas. Buffon pernah membela Parma, Juventus, dan Paris Saint-Germain, serta sukses meraih trofi bersama ketiganya. Trofi Piala Dunia pun pernah ia raih bersama Italia pada 2006.

Kini, Buffon sudah berusia 43 tahun sehingga tentu performanya sudah tak sehebat dulu. Namun, seolah menolak tua, Buffon masih aktif bermain. Mulai musim ini ia kembali membela Parma, klub pertamanya dulu, yang kini bermain di Serie B. Karena kualitasnya, Buffon diplot jadi kiper utama Parma meski usianya sudah sama sekali tidak muda.

2. Rodrigo Palacio

Dulu Berjaya, 5 Pemain Top yang kini Main di Divisi Kedua Liga EropaRodrigo Palacio (bsnews.it)

Buffon adalah pemain tertua yang bermain di Serie B musim ini, sementara pemain paling uzur kedua adalah Rodrigo Palacio. Palacio adalah striker asal Argentina yang dulu pernah membela Boca Juniors dan Inter Milan. Palacio tak meraih trofi bersama Inter, tapi ia sukses memenangi 8 trofi bersama Boca.

Di level timnas, Palacio pernah turut membawa Argentina mencapai final Copa America 2007 dan Piala Dunia 2014. Dalam 4 musim terakhir, Palacio membela Bologna di Serie A, namun mulai musim ini ia berseragam Brescia yang main di Serie B. Sudah berusia 39 tahun, bisa jadi ini akan jadi musim terakhir Palacio di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Striker Tertua yang Pernah Diboyong Inter Milan, Ada Edin Dzeko!

3. Gary Cahill

Dulu Berjaya, 5 Pemain Top yang kini Main di Divisi Kedua Liga EropaGary Cahill (afcb.co.uk)

Gary Cahill adalah bek Inggris yang dulu populer kala membela Chelsea. Cahill berseragam The Blues pada 2012 hingga 2019 dan ia mencatat 290 penampilan di semua ajang. Cahill juga turut membawa Chelsea meraih 8 trofi, termasuk 2 trofi Premier League, 1 Liga Champions, dan 1 Europa League.

Setelah hengkang dari Chelsea, Cahill sempat membela Crystal Palace selama 2 musim. Namun, kini Cahill sudah tak lagi main di Premier League, melainkan di divisi Championship bersama Bournemouth. Sejauh ini, bek berusia 35 tahun ini belum sekali pun tampil bersama klub barunya.

4. Shinji Okazaki

Dulu Berjaya, 5 Pemain Top yang kini Main di Divisi Kedua Liga EropaShinji Okazaki saat membela Huesca (thesun.co.uk)

Shinji Okazaki adalah penyerang asal Jepang yang dulu sempat terangkat namanya selama membela Leicester City. Okazaki berseragam Leicester pada 2015 hingga 2019 dan ia mencatat 137 penampilan di semua ajang dengan torehan 19 gol dan 8 assist. Pencapaian terhebatnya tentu adalah turut membawa Leicester juara Premier League 2015/16.

Setelah hengkang dari Leicester, Okazaki sempat membela Huesca yang main di divisi Segunda Liga Spanyol dan membawa klub tersebut promosi ke LaLiga. Namun, kini ia kembali bermain di klub Segunda, yaitu Cartagena. Sejauh ini, Okazaki pun belum mencatat penampilan resmi bersama Cartagena.

5. Jese Rodriguez

Dulu Berjaya, 5 Pemain Top yang kini Main di Divisi Kedua Liga EropaJese Rodriguez (as.com)

Terakhir, ada Jese Rodriguez yang lebih akrab dipanggil Jese. Jese adalah penyerang asal Spanyol yang merupakan lulusan akademi Real Madrid. Ia membela Los Blancos pada 2011 hingga 2016 dan turut membawa Madrid meraih 6 trofi, termasuk 2 Liga Champions. Setelah itu, ia pindah ke PSG dan dari situ kariernya mulai merosot.

Jese jarang mendapat kesempatan tampil dengan PSG dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Ia akhirnya terbuang pada akhir 2020 dan mulai awal 2021 Jese membela Las Palmas yang main di divisi Segunda. Baru berusia 28 tahun, bisakah Jese membangkitkan kembali kariernya hingga bisa bermain di divisi utama lagi?

 

Penurunan karier wajar dialami seorang pemain, termasuk 5 pemain di atas yang dulu pernah mengalami kejayaan dalam kariernya. Siapa di antara mereka yang paling kamu kagumi saat masih berjaya dulu?

Baca Juga: 5 Tragedi Kelam yang Terjadi di Stadion Sepak Bola, Mengerikan!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya