Comscore Tracker

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!

Masih ingat nama-nama top ini?

India bukanlah negara yang terkenal berprestasi di dunia sepak bola. Timnas India belum pernah tampil di Piala Dunia. Sementara di Piala Asia, mereka memang pernah jadi runner-up, tapi itu terjadi sudah sangat lama sekali yaitu di tahun 1964. Meski begitu, India tetap memiliki liga sepak bola yang rutin berjalan.

Uniknya, India memiliki dua liga terpisah, salah satunya Indian Super League yang baru dimulai sejak 2014. Popularitas Liga India memang tak sehebat liga lain di Asia, tapi ternyata pernah ada banyak pemain top Eropa yang pernah bermain di Indian Super League. Inilah 10 pemain di antaranya.

1. Alessandro Nesta

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Alessandro Nesta (goal.com)

Alessandro Nesta adalah bek legendaris Italia yang pernah sukses bersama Lazio dan AC Milan. Di penghujung kariernya, Nesta sempat membela Montreal Impact di MLS, lalu menutup kariernya di India dengan membela Chennaiyin FC pada 2014. Sudah berusia 38 tahun, Nesta hanya sempat bermain 3 kali bagi Chennaiyin sebelum akhirnya pensiun.

2. Marco Materazzi

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Marco Materazzi (dtnext.in)

Marco Materazzi juga adalah bek ternama Italia semasa aktif bermain, dan ia pun menutup kariernya bersama Chennaiyin FC di India. Awalnya ia berperan sebagai player-manager bagi Chennaiyin FC, sebelum pensiun pada 2014 dan berfokus sebagai pelatih. Materazzi mencatat 7 laga bersama Chennaiyin.

3. Alessandro Del Piero

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Alessandro Del Piero (sportskeeda.com)

Legenda Italia lain yang memutuskan pensiun di India adalah Alessandro Del Piero. Itu terjadi pada 2014, dimana Del Piero bergabung dengan klub Delhi Dynamos, yang kini sudah berubah nama menjadi Odisha FC. Del Piero sempat mencatat 10 penampilan di India dan mencetak 1 gol serta 1 assist.

4. David Trezeguet

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!David Trezeguet (goal.com)

Tak hanya pemain-pemain top Italia yang merapat ke India pada 2014, tapi juga Prancis. Salah satunya David Trezeguet, striker Prancis yang lama membela Juventus. Trezeguet membela Pune City, klub India yang kini sudah bubar sejak 2019. Trezeguet sempat bermain 9 kali bersama Pune City dan mencetak 2 gol.

5. Robert Pires

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Robert Pires (sportskeeda.com)

Sementara Robert Pires adalah mantan gelandang Prancis yang terkenal sebagai legenda Arsenal. Pires sebenarnya sudah selesai berkarier pada 2011, tapi ia comeback pada 2014 dan bergabung dengan FC Goa untuk turut mempromosikan Indian Super League. Pires bermain 8 kali bagi FC Goa dan mencetak 1 gol.

Baca Juga: 5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim Ini

6. Nicolas Anelka

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Nicolas Anelka (deccanchronicle.com)

Ada pula Nicolas Anelka, striker top Prancis yang pernah membela banyak klub besar Eropa. Di akhir kariernya, Anelka bergabung dengan Mumbai City di Indian Super League pada 2014 hingga 2015. Ia bermain sebanyak 13 kali dan mencetak 2 gol, termasuk sempat menjadi player-manager.

7. Freddie Ljungberg

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Freddie Ljungberg (thehindu.com)

Pemain top yang membela Mumbai City pada 2014 tak hanya Anelka, tapi juga Freddie Ljungberg. Seperti Pires, winger asal Swedia ini juga sebenarnya sudah pensiun saat itu, tapi setuju untuk melakukan comeback. Sayangnya Pires kerap diganggu cedera selama di India sehingga hanya sempat tampil 4 kali saja.

8. David James

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!David James (indiatimes.com)

David James adalah kiper legendaris Inggris yang pernah membela banyak klub Premier League, termasuk Liverpool dan Manchester City. Seperti para pemain di atas, James menutup karier di Indian Super League, dengan membela klub Kerala Blasters. Ia mencatat 12 penampilan dengan 5 clean sheet selama di India.

9. Dimitar Berbatov

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Dimitar Berbatov (mirror.co.uk)

Dimitar Berbatov juga ternyata pernah membela Kerala Blasters, tapi di era yang berbeda yaitu pada musim 2017/18. Saat itu Kerala Blasters sendiri sedang dilatih David James, dan uniknya James lebih sering dipasang sebagai gelandang bertahan oleh James. Mantan striker Manchester United ini pun hanya mencetak 1 gol dalam 9 laga di India.

10. Robbie Keane

10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga India, Deretan Bintang!Robbie Keane (goal.com)

Robbie Keane yang pernah jadi tandem Berbatov juga bermain di Indian Super League pada musim 2017/18. Bedanya, Keane membela Atletico de Kolkata atau biasa disebut ATK. Keane tampil cukup tajam bersama ATK, dengan catatan 8 gol dalam 11 laga.

Meski tak terlalu populer, Liga India ternyata pernah dihuni cukup banyak pemain top Eropa, termasuk 10 pemain di atas. Kapan ya kira-kira Liga Indonesia bisa seperti itu?

Baca Juga: 5 Striker Liga Rusia yang Layak Pindah ke Klub Liga Top Eropa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya