6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada Gattuso

Ternyata ada pemain-pemain bintang yang pernah main di Swiss

Apakah kamu tahu Liga Super Swiss? Liga ini memang kalah populer dibanding liga-liga top lain di Eropa. Ada beberapa klub penghuninya yang kerap tampil di kancah Eropa, seperti Basel, Young Boys, Zurich, serta Grasshopper. Namun, mereka memang tak pernah mencatat prestasi mumpuni sehingga nama liganya pun kurang terangkat.

Meski begitu, Liga Super Swiss ternyata pernah diisi sejumlah pemain top. Tentu itu termasuk para pemain asal Swiss, seperti Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri. Selain pemain lokal, pemain asing bernama besar pun pernah main di liga ini. Inilah 6 pemain di antaranya.

1. Gennaro Gattuso

6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada GattusoGennaro Gattuso (footballtop.ru)

Pencinta sepak bola, khususnya fans AC Milan, pasti masih kenal Gennaro Gattuso. Mantan gelandang agresif yang kini jadi pelatih ini pernah membela AC Milan selama 13 musim dan meraih sukses luar biasa. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Gattuso tidak pensiun bersama Milan, tetapi di Liga Super Swiss bersama klub bernama Sion.

Gattuso membela Sion di musim 2012/13 yang adalah musim terakhirnya sebagai pemain. Ia bahkan sempat jadi player-manager bagi Sion selama setengah musim. Selama di Swiss, Gattuso bermain 32 kali di semua ajang dan membawa Sion finis di posisi 6 klasemen di akhir musim.

2. Walter Samuel

6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada GattusoWalter Samuel (sportmob.com)

Walter Samuel juga adalah pemain top yang terkenal selama bermain di Serie A Italia. Bek asal Argentina ini pernah membela AS Roma dan Inter Milan dan ia sukses meraih Scudetto bersama kedua klub tersebut. Di penghujung kariernya, Samuel berlabuh ke Liga Super Swiss dan membela FC Basel pada 2014 hingga 2016.

Selama berseragam Basel, Samuel tampil 45 kali dalam 2 musim dan sukses membawa klubnya juara liga dua kali beruntun. Samuel pun menutup kariernya di usia 38 tahun dengan manis karena memenangi trofi Liga Super Swiss. Kini, Samuel menjabat sebagai asisten pelatih di Timnas Argentina.

3. Mohamed Salah

6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada GattusoMohamed Salah (bleacherreport.net)

FC Basel juga pernah dibela Mohamed Salah, striker Mesir yang kini bersinar bersama Liverpool. Salah berseragam Basel pada 2012 hingga 2014 sebelum ia bergabung dengan Chelsea di Premier League. Selama membela Basel, Salah mencetak 20 gol dan 17 assist dalam 79 pertandingan.

Selain itu, Salah juga turut membawa Basel menjuarai liga dua kali beruntun. Setelah itu barulah Salah direkrut Chelsea meski ia tak terlalu sukses bersama The Blues. Bisa dibilang Basel adalah klub pertama yang berjasa mengangkat nama Salah hingga bisa sebesar sekarang.

Baca Juga: Mohamed Salah Sudah Tebar Pesona ke PSG, Liverpool Waspada

4. Ivan Rakitic

6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada GattusoIvan Rakitic (eurosport.com)

Ivan Rakitic juga ternyata pernah membela FC Basel. Bahkan, gelandang Kroasia ini adalah lulusan dari akademi Basel sendiri. Ia berseragam Basel pada 2005 hingga 2007 dan mencatat 50 laga di semua ajang dengan 11 gol dan 1 assist. Setelah itu, barulah Rakitic memulai petualangan di liga top Eropa.

Selama bermain di Swiss, Rakitic hanya sempat meraih 1 trofi Piala Swiss. Setelah membela Sevilla dan Barcelona, barulah Rakitic meraih lebih banyak trofi yang juga lebih bergengsi. Saat ini, pemain yang sudah berusia 33 tahun ini sudah kembali dari Barcelona ke Sevilla sejak awal musim lalu.

5. Alex Song

6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada GattusoAlex Song (sportscentralngr.com)

Ada pula Alex Song, gelandang asal Kamerun yang terkenal pernah membela Arsenal dan Barcelona. Song bersinar selama membela Arsenal dan kala berseragam Barca kariernya justru mulai menurun. Setelah itu, Song sempat bertualang ke Liga Rusia, kemudian membela Sion di Liga Swiss pada 2018 hingga 2020.

Song membela Sion selama 2 musim, namun hanya sempat bermain 22 kali dengan sumbangan 1 gol. Ia juga gagal meraih trofi selama bermain di Swiss. Saat ini, Song sudah berusia 33 tahun dan masih aktif bermain di Liga Djibouti.

6. Demba Ba

6 Pemain Asing Top yang Pernah Main di Liga Swiss, Ada GattusoDemba Ba (new.in-24.com)

Terakhir, ada Demba Ba, striker asal Senegal yang pernah bermain di Premier League bersama Newcastle United dan Chelsea. Ba memang tak berhasil meraih trofi di Inggris, tapi ia cukup tajam dengan catatan 43 gol dalam 99 laga Premier League. Setelah meninggalkan Chelsea pada 2014, Ba sempat berkelana ke berbagai klub.

Di awal musim ini, Ba merapat ke Liga Super Swiss dan bergabung dengan FC Lugano. Striker 36 tahun ini dikontrak Lugano selama setahun. Tragisnya, setelah baru tampil 48 menit dalam 3 laga, Ba memilih untuk meninggalkan Lugano. Dikabarkan bahwa ia memilih cabut karena Lugano berganti kepemilikan.

 

Liga Super Swiss bukanlah liga top yang populer di Eropa. Namun, ternyata ada beberapa pemain top yang pernah bermain di liga ini, termasuk 6 pemain di atas. Siapa dari antara mereka yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 6 Tempat Menarik di Basel, Swiss yang Sayang Banget Jika Kamu Lewatkan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya