8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top Eropa

Termasuk 3 pemain Lille musim ini

LOSC Lille akhirnya berhasil menjuarai Ligue 1 musim 2020-21. Mereka sukses mengungguli Paris-Saint Germain yang harus puas finis di peringkat kedua. Padahal, PSG punya skuad yang jauh lebih mentereng dibanding skuad Lille yang berisi pemain-pemain kurang ternama.

Nah, tahukah kamu bahwa ada 3 pemain di skuad Lille musim ini yang berasal dari Turki? Sukses Lille pun membuat ketiga pemain itu bergabung ke dalam daftar pemain Turki yang pernah menjadi juara di liga top Eropa. Inilah dia 8 pemain tersebut, termasuk ketiga pemain Lille musim ini.

1. Burak Yilmaz

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaBurak Yilmaz (ligue1.com)

Pertama ada Burak Yilmaz, striker yang baru bergabung dengan Lille di awal musim ini tapi langsung berperan besar dalam kesuksesan Lille jadi juara Ligue 1. Yilmaz adalah pemain yang terhitung gaek karena akan segera genap 36 tahun. Namun ia sukses membuktikan bahwa usia bukan penghalang baginya untuk tetap berprestasi.

Sepanjang musim ini, Yilmaz bermain 33 kali di semua ajang dan mencetak 18 gol. Khusus di Ligue 1, statistiknya adalah 16 gol dalam 28 laga. Ia pun menjadi top skor Lille musim ini, baik di liga maupun di semua ajang. Benar-benar pencapaian luar biasa mengingat ini adalah pertama kalinya Yilmaz bermain di liga top Eropa!

 2. Yusuf Yazici

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaYusuf Yazici (ligue1.com)

Berikutnya ada Yusuf Yazici, gelandang serang yang juga sukses menjuarai Ligue 1 bersama Lille musim ini. Yazici mulai membela Lille pada musim lalu, namun di musim ini performanya jauh meningkat. Ia bermain total 42 kali di semua ajang serta mencetak 7 gol dan 7 assist. Masih terikat kontrak hingga 2024, Yazici masih bisa meraih lebih banyak hal bersama Lille.

3. Zeki Celik

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaZeki Celik (teamtalk.com)

Satu lagi pemain Lille pada musim ini yang berasal dari Turki adalah Zeki Celik. Bek kanan berusia 24 tahun ini sudah membela Lille sejak 2018, dan sejauh ini ia sudah bermain 103 kali untuk Lille. Khusus musim ini, statistiknya adalah 35 laga dengan 4 gol dan 3 assist. Celik juga masih bisa terus mengabdi pada Lille karena memiliki kontrak hingga 2023.

4. Metehan Guclu

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaMetehan Guclu (goal.com)

Pada musim 2018-19 pun ada seorang pemain Turki yang berhasil menjuarai Ligue 1. Ia adalah Metehan Guclu, striker muda Paris Saint-Germain yang kala itu baru berusia 20 tahun. Guclu memang hanya bermain sekali di liga saat itu, namun ia tetap berhak mendapat medali juara. Saat ini, Guclu membela Rennes namun tengah dipinjamkan ke Valenciennes di Ligue 2.

Baca Juga: 5 Catatan Apik LOSC Lille Usai Juara Ligue 1 Musim 2020/2021

5. Arda Turan

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaArda Turan (bbc.co.uk)

Beralih ke LaLiga Spanyol, ada Arda Turan, yang kemungkinan besar masih kamu ingat. Turan adalah salah satu pemain terbaik Turki dalam sedekade terakhir, terbukti dari nama-nama klub yang pernah ia bela. Turan pernah membela Atletico Madrid dan Barcelona, dan ia sukses meraih trofi LaLiga bersama kedua klub tersebut!

Turan membela Atletico pada 2011 hingga 2015, dan ia turut memenangi LaLiga 2013-14. Setelah itu ia hijrah ke Barcelona hingga 2020, dan ia juga sukses menjuarai LaLiga 2015-16. Pemain berposisi gelandang ini total bermain 163 kali di LaLiga dan mencetak 18 gol serta 26 assist. Kini, ia tengah membela Galatasaray sejak awal musim ini.

6. Hamit Altintop 

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaHamit Altintop (thesportsrush.com)

Sementara Hamit Altintop lebih hebat lagi karena selain pernah menjuarai LaLiga, ia juga pernah dua kali mengangkat trofi Bundesliga Jerman. Altintop adalah gelandang Turki yang membela Bayern Munchen pada 2007 hingga 2011. Selama periode itu, Altintop bermain 109 kali bagi Munchen dan meraih 6 trofi, termasuk 2 trofi Bundesliga.

Setelah itu, Altintop membela Real Madrid selama semusim yaitu musim 2011-12. Ia memang hanya bermain 12 kali bagi Los Blancos, termasuk 5 kali di liga. Namun ia turut mengangkat trofi LaLiga yang diraih Madrid di akhir musim. Altintop menutup kariernya bersama klub Jerman Darmstadt 98 pada tahun 2018.

7. Nuri Sahin

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaNuri Sahin (bvbbuzz.com)

Pada musim 2011-12 itu, Real Madrid sebenarnya tak hanya memiliki satu pemain Turki, tapi dua. Nuri Sahin juga termasuk ke dalam skuad Madrid, dan ia bermain 10 kali di musim tersebut. Maka di akhir musim ia berhak atas gelar juara LaLiga yang dimenangkan Real Madrid.

Di musim sebelumnya pun Nuri Sahin berhasil meraih trofi liga top Eropa, tepatnya Bundesliga. Ia memenanginya bersama Borussia Dortmund, yang ia bela selama total 10 musim. Selain trofi Bundesliga, Nuri Sahin juga meraih 3 trofi lain bersama Dortmund.

8. Merih Demiral 

8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top EropaMerih Demiral (sportmob.com)

Satu lagi pemain Turki yang pernah jadi juara di liga top Eropa adalah Merih Demiral. Pemain berposisi bek tengah ini meraihnya pada musim lalu bersama Juventus di Serie A. Demiral bermain 8 kali musim lalu, 6 di antaranya di Serie A. Musim ini pun Demiral berhasil meraih dua trofi bersama Juve, yaitu Coppa Italia dan Piala Super Italia.

Itulah 8 pemain Turki yang pernah menjadi juara di liga top Eropa. Kalau menurutmu, siapa di antara mereka yang terhebat?

Baca Juga: 5 Pemain LOSC Lille dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Musim Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya