6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League Inggris

Bisakah Darwin Nunez menyusul?

Darwin Nunez adalah salah satu pemain muda yang namanya sedang naik daun. Setelah tampil luar biasa pada musim 2021/2022 bersama Benfica, Nunez menerima pinangan Liverpool. Masih muda dan punya potensi besar, Nunez diperkirakan bisa tampil apik bersama Liverpool, bahkan mungkin meraih trofi.

Jika nantinya berhasil, Nunez bisa menyusul capaian enam pemain Uruguay berikut ini. Ada cukup banyak pemain Uruguay yang pernah membela klub Premier League, tetapi hanya nama-nama berikut ini yang sukses meraih trofi selama berkarier di Inggris.

1. Diego Forlan

6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisDiego Forlan (manutd.com)

Dari sekian banyak pemain Uruguay yang pernah membela klub Inggris, sejauh ini baru satu nama yang sukses meraih trofi Premier League. Ia adalah Diego Forlan, striker Uruguay yang pernah membela Manchester United. Bersama United, Forlan turut memenangi Premier League 2002/2003.

Forlan juga mengangkat trofi Piala FA dan Community Shield selama 2,5 musim berseragam United. Namun, catatan gol Forlan bersama United sebenarnya tak terlalu impresif, yaitu 17 gol dalam 97 laga. Ketajamannya baru terbukti setelah ia pindah ke Spanyol dan membela Villarreal serta Atletico Madrid.

2. Gustavo Poyet

6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisGustavo Poyet (chelseafc.com)

Gustavo Poyet memang tak pernah memenangi trofi English Premier League. Namun, pemain berposisi gelandang ini meraih lebih banyak trofi dibanding Forlan. Poyet membela Chelsea pada 1997–2001 dan sukses meraih empat gelar bareng The Blues.

Itu termasuk trofi Piala Winners dan 1997/1998 dan Piala Super UEFA 1998. Poyet pun menjadi satu-satunya pemain Uruguay yang pernah memenangi trofi Eropa bersama klub Inggris. Setelah membela Chelsea, Poyet sempat menyeberang ke Tottenham Hotspur, tetapi gagal meraih trofi bersama The Lilywhites.

3. Luis Suarez

6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisLuis Suarez (liverpoolfc.com)

Luis Suarez adalah pemain tertajam sepanjang sejarah Timnas Uruguay. Ketajaman Suarez juga sangat nyata di level klub dengan torehan lebih dari 400 gol sejauh ini. Itu termasuk 82 gol dalam 133 penampilan di semua ajang selama membela Liverpool.

Meski tajam, Suarez hanya sempat meraih satu trofi bersama Liverpool, yaitu Piala Liga 2011/2012. Ia sebenarnya nyaris membawa Liverpool juara Premier League pada 2013/2014. Sayangnya, meski saat itu Suarez menjadi top skor dengan 31 gol, The Reds hanya finis sebagai runner-up dengan selisih poin tipis.

Baca Juga: 6 Klub Tempat Luis Suarez Pernah Berkarier, Ke Mana Selanjutnya?

4. Sebastian Coates

6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisSebastian Coates (skysports.com)

Tak hanya Suarez, Liverpool juga memiliki pemain lain asal Uruguay saat juara Piala Liga 2011/2012. Ia adalah Sebastian Coates, pemain berposisi bek tengah. Musim 2011/2012 sendiri adalah musim pertama Coates di Eropa. Coates yang saat itu berusia 21 tahun diboyong The Reds dari klub Uruguay, Nacional.

Coates menjadi penggawa Liverpool hingga 2015. Namun, ia hanya mencatat 24 penampilan bersama The Reds dan sempat dua kali dipinjamkan ke klub lain. Saat ini, Coates masih aktif bermain bersama Sporting Lisbon sejak 2017.

5. Guillermo Varela

6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisGuillermo Varela (instagram.com/guillermovarela4)

Berikutnya, ada Guillermo Varela, bek kanan yang membela Manchester United pada 2013–2017. Nasib Varela tak jauh berbeda dengan Coates. Ia diboyong ke Inggris pada usia muda, tetapi akhirnya minim kesempatan bermain. Varela hanya tampil sebelas kali bersama United dan sempat dipinjamkan ke dua klub.

Meski demikian, Varela sempat meraih trofi Piala FA 2015/2016 bersama United. Ia turut berperan dalam kesuksesan tersebut karena sempat tampil tiga kali dalam perjalanan United ke final. Saat ini, Varela tengah membela Dynamo Moskow di Premier League Rusia.

6. Lucas Toreira

6 Pemain Uruguay yang Meraih Trofi bersama Klub Premier League InggrisLucas Toreira (instagram.com/ltorreira34)

Satu lagi pemain Uruguay yang sukses meraih trofi bersama klub Premier League Inggris adalah Lucas Toreira. Toreira adalah gelandang bertahan yang membela Arsenal sejak 2018. Ia sempat mencatat banyak penampilan dalam dua musim pertamanya serta turut memenangi Piala FA 2019/2020.

Namun, setelah itu Toreira dipinjamkan ke klub lain, termasuk ke Fiorentina pada musim 2021/2022 kemarin. Ia kini sudah kembali bergabung dengan skuad Arsenal. Namun, Toreira belum tampil sekali pun pada laga pramusim 2022/2023. Bisa jadi, ia memang tak masuk dalam rencana pelatih Mikel Arteta.

 

Para pemain Uruguay di atas pernah membela klub Premier League Inggris dan meraih trofi bersama mereka. Darwin Nunez punya peluang menyusul prestasi mereka bersama Liverpool. Bahkan, bukan mustahil Nunez bisa menjadi pemain Uruguay kedua yang sukses meraih trofi Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Caps Terbanyak bersama Timnas Uruguay, Jadi Andalan!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya