Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier League

Ada mantan pemain Liverpool dan Arsenal

Villarreal baru saja menjadi juara Europa League 2020-21. Mereka sukses mengalahkan Manchester United di final melalui adu penalti yang dramatis. Selain berhasil mempermalukan MU, Villarreal juga sukses meraih trofi bergengsi untuk pertama kalinya sejak berdiri pada tahun 1923 alias 98 tahun lalu.

Nah, tahukah kamu bahwa 5 pemain yang berada di skuad Villarreal pernah bermain di Premier League? Beberapa di antaranya bahkan bermain di final dan turut berkontribusi menumbangkan MU. Siapa saja 5 pemain tersebut dan klub Premier League mana yang pernah mereka bela? Ini dia ulasannya.

1. Etienne Capoue

Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier LeagueEtienne Capoue jadi man of the match final Europa League (uefa.com)

Pertama ada Etienne Capoue, gelandang Villarreal yang dinobatkan sebagai man of the match pada partai final melawan MU. Capoue memang tampil luar biasa selama 120 menit lebih, sebelum akhirnya ia ditarik keluar tepat sebelum babak adu penalti.

Kinerjanya di lini tengah Villarreal benar-benar membuat MU kesulitan mengembangkan permainan. Capoue sendiri ternyata pernah bermain di Premier League selama 7 musim. Ia membela Tottenham Hotspur dari 2013 hingga 2015, lalu bermain di Watford hingga Januari 2021.

Selama di Premier League, Capoue bermain total 180 kali dan mencetak 10 gol. Kedatangan pemain asal Prancis ini ternyata langsung bertuah manis bagi Villarreal!

2. Juan Foyth 

Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier LeagueJuan Foyth mengalami pendarahan di final Europa League (thesun.co.uk)

Sementara Juan Foyth malah masih berstatus pemain klub Premier League saat ini. Tepatnya Foyth adalah pemain Tottenham Hotspur yang tengah dipinjamkan ke Villarreal sejak awal musim.

Foyth sendiri adalah bek kanan yang jadi starter pada laga melawan MU. Ia bermain penuh determinasi, bahkan sampai mengalami pendarahan karena benturan. Masih berusia 23 tahun, Foyth memang belum dapat banyak kesempatan bermain bagi Tottenham.

Ia dikontrak sejak 2017 namun sejauh ini baru bermain 16 kali di Premier League dengan sumbangan 1 gol. Namun melihat permainan hebat bek asal Argentina ini bersama Villarreal, bisa jadi Spurs akan memulangkannya ke Inggris musim depan.

Baca Juga: Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21

3. Alberto Moreno

Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier LeagueAlberto Moreno mengangkat trofi Europa League (tbrfootball.com)

Alberto Moreno adalah salah satu pemain Villarreal yang paling bersuka cita berkat kemenangan lawan MU. selain berhasil meraih trofi, Moreno juga sukses membuat MU nirgelar musim ini, dan itu adalah pencapaian membanggakan bagi Moreno yang merupakan mantan pemain Liverpool.

Ya, bek kiri asal Spanyol ini masih memiliki ikatan batin dengan Liverpool karena pernah membela The Reds pada 2014 hingga 2019. Ia bermain 141 bagi Liverpool, 90 di antaranya di Premier League. Moreno sendiri bermain sejak menit ke-88 pada laga melawan MU, dan ia turut mencetak gol pada babak adu penalti.

4. Francis Coquelin 

Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier LeagueFrancis Coquelin (leparisien.fr)

Ada pula Francis Coquelin, gelandang bertahan asal Prancis yang juga pernah cukup lama bermain di Premier League. Coquelin adalah mantan penggawa Arsenal, sama seperti pelatih Unai Emery.

Bahkan, Coquelin adalah produk asli akademi Arsenal dan membela The Gunners selama 10 musim dari 2008 hingga 2018, serta pernah meraih 3 trofi. Selama membela Arsenal, Coquelin bermain 160 kali di semua ajang, dengan 105 laga di antaranya di Premier League.

Pada laga final melawan MU, Coquelin dimasukkan pada menit 60 menggantikan Carlos Bacca. Ia juga berkontribusi membuat lini tengah Villarreal makin solid dan sulit ditembus pasukan Ole Gunnar Solskjaer.

5. Ramiro Funes Mori

Juara Eropa, 5 Pemain Villarreal Ini Pernah Bermain di Premier LeagueRamiro Funes Mori (mendovoz.com)

Terakhir, ada Ramiro Funes Mori, bek tengah yang tidak turut bermain di final melawan MU. Meski begitu, Funes Mori juga punya kontribusi bagi sukses Villarreal karena ia bermain 6 kali di Europa League musim ini.

MU sendiri bukan lawan yang asing bagi Funes Mori, karena ia pernah berkarier di Premier League selama 3 musim bersama Everton dari 2015 hingga 2018. Funes Mori bermain 55 kali di Premier League dan mencetak 4 gol. Tak meraih trofi selama di Inggris, kepindahan ke Villarreal terbukti membawa berkah baginya karena berbuah gelar juara di musim ketiganya.

 

Itulah 5 pemain Villarreal yang ternyata pernah bermain di Premier League. Adakah dari antara mereka yang pernah membela klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Disangka Pernah Berseragam Villarreal, Ada Pato!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya