5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggs

Ada pemain MU dan Liverpool

Pemain Wales memiliki sejarah yang sangat panjang di Premier League Inggris. Sebagai salah satu negara anggota Britania Raya, Wales memiliki banyak pemain yang pernah berkarier di Liga Inggris, bahkan sejak sebelum era Premier League.

Namun, ternyata sejauh ini baru ada lima pemain asal Wales yang pernah menjuarai Premier League, salah satunya tentu Ryan Giggs, winger legendaris Wales yang menghabiskan seluruh kariernya di Manchester United. Termasuk Giggs, ini dia lima pemain asal Wales yang pernah menjadi juara Premier League.

1. Ryan Giggs 

5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggspotret Ryan Giggs berseragam Manchester United (twitter.com/manutd)

Ryan Giggs adalah pemain tersukses yang pernah bermain di Premier League, tak hanya di kalangan pemain asal Wales, tapi juga di antara seluruh pemain. Giggs menghabiskan 24 tahun kariernya membela Manchester United sejak 1990 hingga 2014 dan ia memenangi 13 trofi Premier League bersama MU.

Jumlah itu tak bisa ditandingi pemain mana pun, termasuk oleh para pemain di era sebelum Premier League. Kemungkinan besar, rekor itu juga akan terus bertahan untuk waktu yang sangat lama. Selain itu, Giggs juga punya sejumlah rekor individu di Premier League, seperti jumlah penampilan terbanyak kedua dan jumlah assist terbanyak.

2. Mark Hughes 

5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggspotret Mark Hughes berseragam Manchester United (manutd.com)

Pemain yang satu ini juga merupakan legenda Manchester United. Mark Hughes adalah mantan striker yang juga bisa berposisi gelandang dan ia membela MU selama total 13 musim. Hughes adalah lulusan akademi MU dan mulanya ia berseragam MU sejak 1980 hingga 1986, tapi tak meraih gelar juara liga.

Setelah itu, Hughes sempat hengkang dan membela Barcelona, lalu kembali membela MU pada 1988 hingga 1995. Periode keduanya jauh lebih sukses karena Setan Merah berhasil merebut 9 trofi, termasuk 2 Premier League. Setelah pensiun, Hughes sempat melatih beberapa klub Premier League, tapi sudah tak melatih lagi sejak 2018.

Baca Juga: Nomor Favoritnya Tersedia, Haaland Siap Gabung Manchester United?

3. Clayton Blackmore 

5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggspotret Clayton Blackmore berseragam Manchester United (manutd.com)

Satu lagi pemain asal Wales yang menjuarai Premier League bersama MU adalah Clayton Blackmore. Nama pemain berposisi gelandang atau fullback ini memang tak terlalu populer. Namun, sebenarnya ia cukup lama membela MU, yaitu sejak 1982 hingga 1994 alias selama 12 tahun.

Selama periode tersebut, Blackmore sukses membawa MU meraih 5 trofi, termasuk trofi Premier League 1992/93. MU juga memenangi Premier League 1993/94, tapi Blackmore tak mendapat medali karena ia tak sekali pun main di liga pada musim tersebut.

4. Andy King 

5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggspotret Andy King berseragam Leicester City (lcfc.com)

Pada musim 2015/16, Leicester City membuat kejutan besar di dunia sepak bola dengan menjuarai Premier League meski sama sekali tak diunggulkan. Salah seorang pemain The Foxes saat itu ternyata berasal dari Wales, yaitu Andy King. King punya peran penting dalam sukses tersebut karena ia tampil 25 kali di Premier League saat itu.

King sendiri adalah pemain yang sangat setia bagi Leicester. Ia membela Leicester sejak 2006 hingga 2020 alias selama 14 musim. Kini King sudah hengkang dan sedang membela Bristol City yang bermain di divisi Championship.

5. Neco Williams  

5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggspotret Neco Williams (thisisanfield.com)

Pemain Wales teranyar yang sukses mengangkat trofi Premier League adalah Neco Williams. Williams adalah pemain berusia 20 tahun yang membela Liverpool sejak 2019. Ia turut meraih trofi Premier League 2019/20 yang diraih The Reds karena ia bermain 6 kali di Premier League saat itu.

Williams sendiri sejauh ini sudah mencatat 31 penampilan di semua ajang bersama Liverpool. Itu termasuk 6 penampilan di musim ini, 3 di antaranya di Liga Champions. Pemain berposisi bek kanan ini berpotensi jadi salah satu pemain yang diandalkan Liverpool di masa depan.

 

Meski ada banyak pemain asal Wales yang pernah bermain di Premier League, ternyata hanya lima pemain di atas yang pernah meraih trofi juara. Adakah pemain lain yang bisa menyusul jejak mereka?

Baca Juga: Kematian Pecandu di Inggris dan Wales Capai Rekor Tertinggi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya